Hati-hati dengan Lampu Senja Xeon RC

Parkir di tempat umum seperti di mall memang penuh resiko, khususnya untuk pengunjung yang membawa roda dua. Bahkan beberapa mall terkesan menganak tirikan motor, sehingga parkir motor seringkali menyusahkan pengunjungnya. Pemandangan di tempat parkir motor yang jalan masuknya sempit hingga barisan motor yang saling berhimpitan adalah hal umum yang terjadi di tempat-tempat umum tersebut. Jadi jika pembaca merasakan sendiri pulang dari mall kemudian motor baret-baret karena ada yang nyenggol di parkiran atau yang lebih apes mungkin lampunya pecah atau retak, resiko ini adalah hal yang harus di tanggung sendiri oleh pemilik motor.

Hal ini juga saya alami ketika suatu sore saya mengajak jalan-jalan istri di salah satu mall di Depok, karena dari rumah ke mall ini memang dekat saya lebih suka menggunakan motor kecil si Xeon RC. Celakanya waktu mau pulang saya melihat ada yang aneh pada si-Xeon, sepertinya ada yang kebablasan mundur hingga membentur lampu senja si-Xeon dan pecah. Tadinya saya berpikir ah … hanya kaca mika lampu senja paling juga sekitar 20-25 ribu.

Besoknya ketika pulang kantor sengaja saya mampir di salah satu bengkel resmi Yamaha untuk membeli kaca mika lampu senja ini, ternyata semua bengkel resmi memberikan jawaban sama …. tidak ada pak karena ini motor baru …, bahkan di bengkel accessories pun sama, waduh … masak motor keren lampunya di biarin pecah begini sih …

Hari berikutnya saya mampir di bengkel Resmi di jalan Margasatwa, ngobrol dengan mas yang menangani bagian part Yamaha dan menceritakan kerusakan yang saya anggap sepele tersebut. Asumsi pertama kaca mika tersebut ada, tetapi setelah di cek ternyata kosong, lebih KONYOL nya ternyata part number kaca mika lampu senja tidak ada, yang ada adalah part number untuk satu blok lampu depan, sein dan lampu senja. Tadinya bagian mekanik masih kurang percaya, akhirnya menghampiri si-Xeon dan setelah memeriksa langsung ternyata baru tahu kalau lampu depan itu memang jadi satu blok bagian dan tidak bisa di pisah-pisah, Wah … tidak ada pilihan lain lagi, hanya karena kerusakan sepele tadi yang taksiran harganya 20 ribuan harus saya tebus dengan membeli satu blok lampu baru yang harganya 310 ribu.

Apa boleh buat dari pada merusak pemandangan akhirnya saya harus membeli lampu tersebut. Karena rasa penasaran saya sengaja memasangnya sendiri di rumah. Proses pemasangan relatif mudah hanya dengan melepas baut-baut di belakang dashboard, kesulitannya justru pada saat melepas pin pengunci di pojok lampu senja, pin bulat tersebut sulit di cabut hingga bagian pada pin tersebut sedikit rusak ketika di lepaskan. Setelah itu proses penggantiannya relatif lebih mudah hingga pemasangan seperti sediakala. Kini si-Xeon sudah pulih lagi … mudah-mudahan jangan sampai pecah lagi lampu senjanya, karena posisi lampunya sendiri memang sedikit rawan pecah jika bersentuhan, posisi di sudut depan dengan ketinggian sejajar dengan knalpot motor-motor batangan maka kemungkinan besar akan mudah bersenggolan dengan ujung knalpot jika si pengendara parkir mundur tanpa melihat si-Xeon dibelakangnya …

01xeonc

02xeonc

03xeonc

04xeonc

05xeonc

06xeonc

07xeonc

08xeonc

09xeonc

10xeonc

11xeonc

12xeonc

13xeonc

29 responses to “Hati-hati dengan Lampu Senja Xeon RC”

  1. Bonsai Biker says :

    izin share ya pak

  2. otoride says :

    monggo mas bro …

  3. ipanase says :

    wah segitu ya, eits, 2 senior atas ane, ihhir :D

  4. sejutaumat says :

    wew.. no.plat mirip ama MX Strada B 3232 EG :D

  5. Borghjhoe says :

    sama tuh vario125 saya juga harus ganti 1 set cuma gara pecah lampu senja…buahahaha..mahal banget 280ribu..

  6. wiryawan says :

    punya vario 125 juga setara harganya, sama-sama mahal juga

    tapi kalo pecahannya ketemu mendingan dilem superglue saja, lalu dibungkus stiker hitam transparan, lumayan sangat menyamarkan dan saya juga terapkan ilmu pasang stiker hitam transparan di lampu motor saya, buat jaga-jaga.

  7. GrandV says :

    Xeon karbu lampu senjanya ada di batok kepala, nggak seperti ini, dijual di pasar senthir laku lumayan tuh :)

  8. hadeh says :

    yg lama ane bayarin sini

  9. panji islami says :

    mas boleh saya tanya kode part-nya berapa? karena saya lihat harga resminya gk sampai 300 ribu.. kalau kodenya 1LB-F5872-00 itu harganya CUMA 95ribu.. tapi kalau kodenya 1LB-H430A-00 itu harganya 250ribu.. itu semua harga HET… (Harga Eceran Tertinggi).. mas bisa komplain via email atau via telepon.. lalu kirimkan bukti pembeliannya (kwitansi).. jika harga tidak sesuai dengan HET maka uang mas sisanya akan kembali..
    lebih jelasnya melihat harga semua Spare part Yamaha bisa kunjungi..
    http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts/ygp/part-catalogue/
    lalu pilih “part catalogue – click here” dan harus didukung dgn aplikasi adobe flash player..
    itu semua daftar harga lengkap dari mulai harga baut sampai dengan bodi motor yamaha dari tahun 2000 sd. 2013 dan selalu update,,
    dulu saya pengalaman coba iseng2 beli roller Xeon 6 pcs,, dikasih harga 10ribu per pcs.. padahal HET-nya hanya 7ribu.. kan lumayan 3 ribu x 6 = 18 ribu.. setelah dikomplain mereka mengembalikan 18ribu sisanya dengan permohonan maaf + wajah cemberut.. hihi

    • otoride says :

      Kode untuknya untuk Xeon RC 1LB-H4300-00 bro … iya kemarin ada dua pilihan, yang kode 1LB-H430A-00 harga 250 ribu itu cuma paket blok lampu depannya saja (kaca, reflektor, rumah lampu), jadi nggak dapat bohlam sama kabel-kabelnya. Kalo yang 1LB-H4300-00 itu sudah satu paket keseluruhan, bohlam baru dan kabel-kabel baru. Pokoknya tinggal pasang, waktu itu ane juga di suruh ngecek sendiri di bagian komputer part stock. Makanya waktu tau harganya segitu jadi galau juga hehehe …. pecah sepele eh .. gantinya semua ….

      Iya kadang-kadang ada saja yang nakal … pake tipu-tipu konsumen, kayaknya emang harus jeli mas bro … kalo perlu kita minta lihat sendiri daftar partnya, selama ini bengkel langganan yang di jalan Margasatwa – Ragunan cukup informatif, di bagian komputer stock part kita boleh liat data terbarunya, jadi sebelum ada yang mau diganti bisa tahu harga partnya. Kalau toh harus beli di tempat lain, mereka ngasih tahu kode dan harganya… Tk bro sharenya ..

  10. panji islami says :

    ouh begitu mas,, baguslah,, berarti BERES-nya gak bermasalah… :-)

  11. aben says :

    bisa liat2 lampu hid xenon, sapa tau tertarik

  12. zaenalabidin says :

    waaacch, ngeri jg ya, klu g2 mnding pretelin aja lmpu senja yg satunya biar kya xeon yg biasa, drpda mhal” g2, . .

  13. Yanuar says :

    Nyabut PIN-buletnya pake apa Pakde….? Lampu ane juga pecah yg besar mikanya.. kirain dibawah 50rb eh ternyata harus beli satu blok… harus pesen + bayar DP dulu… di Bengkel resmi ga ada stok….. terpaksa ditambel dulu pake Stiker transparan…..

    • otoride says :

      Pake tang lancip bro …. jepit pinnya terus tarik sambil di putar2 dikit … iya musti indent seminggu, wah … emang kenapa sampe bisa pecah gitu bro … haduhh jatah 350 rb dah .. ;)

  14. lolypoppictures says :

    mas headlamp nya bisa diturunin/naikkin gak? biar langsung menghadap jalanan, maklum banyak jebakan batman kan sekarang..thanks

    • otoride says :

      bisa tapi cuma dikit banget, saya nurunin dikit biar nggak bikin silau orang saya, ada setelan di bagian belakangnya

      • lolypoppictures says :

        langsung bisa di setel gak perlu buka2 macem2 kan mas? kok berasanya lampunya kurang terang ya?

      • otoride says :

        Iya langsung di setel … bohlam standarnya memang nggak gitu terang … paling 3 bulan cahaya sudah redup … jadi bisa pake merek lain, di accessories motor banyak kok bohlam untuk xeon

  15. randi says :

    cara nyetelnya gimana ya kang? lampu ane nyorot ke pohon. mau di stel biar kebawah tapi ga tau bautnya kang.

Trackbacks / Pingbacks

  1. Otoride : Hati-hati Dengan Lampu Senja Xeon RC | Bonsai Biker - June 26, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,766 other followers

%d bloggers like this: