Mungkinkah Bajaj Pulsar CS400 ke Indonesia ?

2 Hari yang lalu di event India Auto Expo 2014, Bajaj Auto membuat kejutan dengan melaunching Pulsar type terbaru yaitu Pulsar CS400 (Naked) dan Pulsar SS400 (fairing). Tentu saja berita ini cukup mengagetkan, karena selama ini tidak ada bocoran sebelumnya kalau Pulsar akan memiliki varian di kelas 400cc. Jika kita mulai berandai-andai apakah varian ini nanti akan masuk ke Indonesia ? Karena saat ini penjualan varian Pulsar 200NS sudah menjadi milik Kawasaki.

Mari kita coba komentari dulu Pulsar CS400 dan SS400, rumornya varian ini memang untuk menantang Honda CBR dan CB Series 500 di India. Desainnya terlihat fresh walaupun di sektor engine terlihat jelas gen dari Pulsar P200NS tapi perubahan body yang baru khususnya type naked bisa dikatakan sangat menggoda.

bajaj-pulsar-cs400_1


Kapasitas ruang bakarnya 375 cc dengan 4 klep SOHC dengan satu camshaft tapi memiliki rocker arm bercabang yang langsung menekan dua klep sekaligus mirip seperti Pulsar 200NS dan transmisinya 6 speed. Mesin nya juga dilengkapi radiator dan menggunakan teknologi tiga busi atau Triple Spark khas Bajaj.

Di bagian kaki-kaki, baik depan maupun belakang dilengkapi disk brake yang dilengkapi dengan antilock brake system (ABS).

ABS
Motor ini penampilannya sekilas mirip Ducati Diavel, tetapi jika diperhatikan frame dan mesinnya jadi mirip dengan Pulsar 200NS. Sokbraker depannya sudah pakai upside-down. Roda belakangnya menggunakan swing arm yang sekilas mirip alumunium berukuran besar. Ban dan peleknya juga lebar, tapi desain palang pelek casting wheelnya tampak berbeda dari Pulsar 200NS atau SS400.

Pihak Bajaj Auto sendiri belum merilis harga resmi dari varian Pulsar CS400 dan SS400 ini, ada rumor yang mengatakan bahwa Pulsar type CS400 akan dijual dengan harga 1.7 lakh atau kalau di rupiahkan sekitar Rp. 33.132.945. Jika ternyata nanti bakal masuk ke Indonesia, bisa dibayangkan pasar motor di kisaran 50 jutaan bakal terjadi gonjang ganjing, karena selama ini Varian Pulsar di kenal dengan jurus mautnya harga hemat kualitas hebat …

Apalagi kita tahu pihak Kawasaki Indonesia adalah salah satu ATPM yang paling lengkap menjual sepeda motor dari cc kecil hingga cc besar. Jadi tidak menutup kemungkinan jika kelak akan memasukkan varian Pulsar 400cc mendampingi Pulsar 200cc yang selama ini pangsa pasarnya cukup bagus.

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: