Dahsyatnya Jurus Ninja N250RR Mono

Tidak bisa di pungkiri, hiruk pikuk di dunia blogspere tentang dirilisnya Kawasaki Ninja 250RR Mono membawa dampak yang luar biasa bagi pembaca on-line selama beberapa hari ini. Ini memang sudah tercium sejak beberapa spyshot part dan test ride muncul di beberapa blog. Tentu saja dampak new produk Kawasaki ini tidak akan berhenti sampai disini, justru akan berpengaruh melebar hingga ke kompetisi harga yang kian panas.

Jika sebelumnya penulis sempat menyinggung bahwa tahun ini adalah kompetisi yang sangat ketat untuk kelas 250cc, maka genderang perangnya telah di tabuh oleh Kawasaki. Kawasaki boleh dikatakan paling mapan untuk segmen sport, variannya paling lengkap dan cukup cepat updatenya. Ibarat mau bertempur amunisinya paling lengkap dari yang kecil hingga yang paling besar.

N250RR

Bagi kompetitor yang selama ini wait and see, atau sedang mencari-cari moment yang pas, membuat kemunculan Kawasaki 250RR Mono seperti halilintar di siang bolong, tidak terduga tetapi sangat mengagetkan. Selama ini kompetitor terfokus kepada produk Kawasaki N250FI dan Z250, bagaimana cara menjegal kedua motor premium yang menjadi favorit para sport lover. Target Price yang bermain di angka 50 jutaan tentu akan lebih mudah di rebut jika ada produk lawan yang bermain di bawahnya dengan spesifikasi yang berbeda tipis. Kemudian demand pada produk 2 Cylinder yang selama ini di dambakan oleh para konsumen sebagai tehnologi baru pada motor harian juga cukup tinggi, sudah membuat rumor pada kompetitor untuk segera memunculkan produk andalannya dengan tehnologi yang sebanding.

250r4

Inilah yang penulis sebut sebagai jurus Ninja dahsyat, Kawasaki dengan gesit mampu mengunci lawan dari sisi yang lain, sisi price yang terjangkau dan sisi tehnologi baru yang ternyata disambut dengan antusias oleh para pencinta motor sport. Tentu saja dengan N250FI dan Z250 yang bermain di angka 50 jutaan dan N250RR Mono yang bermain di angka 30 jutaan akan sanggup mempertahankan tahta sport yang selama ini mulai menjadi incaran kompetitornya. Perlu di ingat juga Kawasaki masih memiliki jurus pamungkas dengan Z250 versi mono yang bisa saja dikeluarkan dalam waktu dekat jika salah satu kompetitor mulai memunculkan produk barunya di kelas 250cc.

Sebenarnya dengan kondisi yang sulit saat ini karena naiknya Pajak PPnBM serta fluktuasi mata uang IDR yang tidak menentu di tambah dengan suasana politik yang mulai menghangat menjelang Pemilu, harga motor premium untuk produk massal menurut penulis idealnya bermain di angka 50 jutaan. Kondisi ini mengingat sebagian besar masyarakat kita masih menjadikan motor sebagai kendaraan harian. Apalagi dengan keadaan jalan raya dan lalulintas yang cukup padat. Tentu operasional cost untuk motor premium akan menjadi lebih besar. Wajar jika motor premium dengan harga di bawah 50 juta selalu dinantikan oleh konsumen.

CBR300
Moment inilah yang saat ini berhasil di raih oleh Kawasaki, melangkah di barisan paling depan dengan produk dan price yang realistis sehingga konsumen langsung menyambut produk terbaru tersebut dengan beragam pujian. Untuk strategi market hal ini menjadi point terpenting, karena kualitas produk sebelumnya telah menjadi referensi untuk kelahiran produk selanjutnya.

Saat ini tinggal menunggu reaksi kompetitor, apakah mundur perlahan menunggu titik jenuh, atau-kah ikut bertarung dengan andalan produk baru yang akan bersaing dari segi fitur dan tehnologi, serta paling penting adalah berapa angka yang ditetapkan untuk harga produk baru tersebut, karena disinilah kunci yang mematikan untuk menghadapi serangan Ninja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: