Baut Pulli CVT Xeon RC kendor, Servicenya Tidak Teliti

Pagi ini otoride harus terlambat tiba di kantor, akibat si Xeon mogok tepat di atas fly over mampang, alhasil harus meluncur turun pelan-pelan dan olahraga ringan dorong motor mencari bengkel terdekat. Yang paling tidak enak adalah di jalur Jl. Gatot Subroto ini tidak ada bengkel resmi Yamaha yang terdekat. Coba cek di GPS pilihan ada di jalan Saharjo, Kalibata atau balik lagi di jalan Tendean. Sempat bingung juga, kenapa motor matic ini mogok mendadak disertai bunyi berdesing seperti bunyi gerinda besi.

Untung menjelang gedung Bidakara ada bengkel kecil yang baru mulai buka, dan akhirnya otoride minta tolong pada mekanik untuk memperbaiki kerusakannya, setelah memberitahu kerusakan ada di CVT yang “ngelost”.

Bagian baut pully Xeon RC yang kendor dan mengalami masalah

Bagian baut pully Xeon RC yang kendor dan mengalami masalah

serbuk tembaga gesekan hingga masuk di area pulli belakang

serbuk tembaga gesekan hingga masuk di area pulli belakang

Benar saja begitu blok penutup CVT dibuka pulli CVT depan sudah kendor akibat baut pengikatnya lepas. Pada bagian Pulli CVT luar yang sekaligus sebagai kipas pendingin CVT nampak bergesekan dengan penutup blok sehingga terpangkas hingga beberapa 2-3 milimeter. Terlihat juga serbuk gesekan tersebut tersebar hingga di bagian kampas kopling belakang.

Otoride sendiri tidak habis pikir dengan kejadian ini padahal 2 minggu yang lalu baru di servis di bengkel resmi, semua bagian CVT seperti roller, V belt semuanya masih dalam kondisi layak pakai dan normal. Persoalannya justru timbul dari pemasangan baut pulli yang tidak kuat sehingga setelah dipergunakan selama 2 minggu berikutnya mulai kendor dan lepas.

Ada rasa kekecewaan dengan peristiwa ini, kenapa justru pada bengkel resmi hal ini dapat terjadi. Walaupun pagi ini akhirnya otoride bisa melanjutkan berangkat ke kantor tetapi dengan kejadian ini rasa was-was itu timbul dalam menggunakan motor matic. Kita sulit melihat kondisi CVT yang tertutup blok, manakala terjadi baut kendor seperti ini baru ketahuan setelah motor mengalami trouble. Semoga rider matic yang juga lebih waspada dan teliti dalam mengawasi kondisi bagian CVT motor matic-nya, sekalipun itu di servis di bengkel resmi.

Advertisements

One response to “Baut Pulli CVT Xeon RC kendor, Servicenya Tidak Teliti”

  1. ody says :

    Wah kang sama kaya sy dlu… Cmn sy waktu motor 8 blnan… Akhirnya klaim diganti org kesalahan mekaniknya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: