Kabel Speedometer Xeon putus, Indikator Overheat Langsung On

Bulan ini Xeon RC istri menemui masalah lagi setelah dua minggu yang lalu di terpa lepasnya baut pully CVT karena kurangnya kontrol pada waktu service, kemarin mendadak speedometer tiba-tiba diam di tempat, ini pasti kabel speedometer mengalami masalah alias putus, padahal jarak tempuh baru masuk 28.000 KM.

Yang membuat heran otoride justru setelah kabel speedometer putus panel indikator mesin panas langsung menyala tanpa berkedip. Sempat kaget juga dan timbul pertanyaan besar, jangan-jangan ada masalah di kelistrikan atau mesin benar-benar kekurangan oli, padahal belum genap sebulan oli mesin baru di ganti. Akhirnya dari pada menemui masalah yang lebih berat otoride mampir ke bengkel terdekat dan mengganti oli mesin. Kapasitas oli terlihat normal, dan setelah pergantian oli ternyata indikator overheat tetap saja menyala.
419729_10200504886852692_2072560487_n
Sepanjang perjalanan masalah lampu indikator overheat melotot ini jadi pikiran, apa sebenarnya yang menjadi sumber masalah sehingga komputer mengartikan mesin panas. Dampak lain akibat lampu indikator overheat ini tetap menyala adalah konsumsi BBM langsung lebih boros 50%, dari sini kerja prosesor ECU mulai menghadapi banyak triger pilihan. Memang Otoride sendiri awalnya juga tidak yakin kalau lampu indikator overheat ini menyala hanya karena putusnya kabel speedometer, rasanya terlalu jauh jika dihubungkan dengan sensor ECU dan menjadi input mesin overheat. Masalah serupa yang dialami oleh teman-teman blogger yang menemukan problem seperti ini adalah akibat kendornya sensor bukaan gas atau lepasnya sensor cuk otomatis.

Setelah mampir ke bengkel resmi akhirnya mekanik yang menangani si Xeon RC menjelaskan memang indikator overheat ada hubungannya dengan putusnya kabel speedometer, dan ini terbukti setelah ganti kabel speedometer indikator overheat langsung mati dan kembali normal. Walaupun masalah ini terlihat sepele dan membingungkan tetapi memang begitulah yang terjadi, jujur saja baru tahu kalau pada Yamaha Xeon RC ada input ECU yang diambil dari putaran kabel speedometer.

Advertisements

9 responses to “Kabel Speedometer Xeon putus, Indikator Overheat Langsung On”

  1. Edogawa says :

    Kmren abis brpaan om benerin speedometer nya?

  2. rian says :

    Ganti di bengkel resmi apa di bengkel biasa om.? Saya juga sama kaya gt baru aja..r

  3. Hery Rahesta says :

    spidometer saya masih fungsi dan jalan seperti biasa, dan saya juga udah cek air radiator masih ada, kenapa lampu indikator itu tetap saja nyalah..???

  4. wafa says :

    trimakasih bro atas pengalamanya motor xeon saya udah normal lagi

  5. Nudi says :

    Nanya bang..kenapa lampu merah daerah xeon GT ku sering nyala..pdahal oli baru ganti.

    • otoride says :

      beberapa penyebabnya sih umumnyanya karena sensor baca di throtle gas tidak presisi bacanya atau ada bagian socket sensor yang kendor bro … coba saja di bawa ke bengkel resmi/flagship yang ada laptop chek-upnya bro nanti ketahuan semua di situ ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: