Trip #2 ke Kota Pacitan [edisi liburan]

20141228_102420_1
Belum puas rasanya menikmati suasana Dieng, kali ini otoride sudah melanjutkan Trip ke dua touring akhir tahun ini menuju kota Pacitan, Rute yang kita tempuh adalah melalui kota Magelang – Sleman – DIY – Wonosari – Pracimantoro – Pacitan dan akan finish di kota kecil Tulakan. Start dari Dieng pukul 10.30 dan harus berhenti sejenak di pinggir Kota Magelang karena turun hujan lebat, kesempatan itu kita manfaatkan untuk santap siang di pinggir kali Progo.

Screenshot from 2015-01-07 14:50:43
Menjelang sore otoride memasuki kota DIY, suasana macet akibat liburan akhir tahun mulai terasa hingga akhirnya menjelang magrib kita berhenti untuk santap malam di Kota Wonosari Gunung Kidul. Dan perjalanan kita lanjutkan menuju kota Pacitan melalui rute Pracimantoro Jawa tengah karena adanya beberapa perbaikan jalan yang menyebabkan kita finish di Kota Kecil Tulakan – Pacitan menjelang pukul 22.00 WIB.
20141227_171033_1
Di Kota Pacitan tempat bro Harry Wuryanto lahir ini kita stay dan menikmati suasana tenang ala kota Pacitan. Pacitan merupakan salah satu dari 38 Kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian Selatan barat daya. Kabupaten Pacitan terletak di antara 110º 55′ – 111º 25′ Bujur timur dan 7º 55′ – 8º 17′ Lintang Selatan, dengan luas wilayah 1.389,87 Km² atau 138.987,16 Ha. Wilayah bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Di Timur Kabupaten trenggalek, Di Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, dan di Barat berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri (Jateng). Kota yg terbagi menjadi 12 kecamatan ini memiliki pesona wisata yg sangat menakjubkan, belum begitu banyak orang tau memang mengenai keindahan wisata kabupaten Pacitan ini. Wisata Alam seperti Pantai dan Goa merupakan andalan kabupaten pacitan di sektor pariwisata. Kota yg juga dijuluki Kota 1001 Goa ini benar-benar memiliki keindahan yg tiada tara dalam hal wisata alam pantai.
318551_10200333983340211_515181322_n
Sayang memang, obyek wisata yg begitu mempesona ini masih belum bisa menjadi primadona di sektor wisata khususnya jawa timur. Padahal jika dibandingkan daerah lain, wisata alam pantai di Pacitan sangat jauh lebih menakjubkan dan membuat kita berdecak kagum. Bahkan, pantai disana sangat alami dengan pasir putih nan lembut berpadu air yg bening serta panorama keindahan batu yg nampak seperti mengapung di lautan.

Obyek-obyek wisata di Kabupaten Pacitan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa katagori antara lain:

  1. Obyek wisata yang sudah dibangun dan telah memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat dan daerah antara lain : Pantai Teleng Ria, Pantai Tamperan, Goa Gong, Goa Tabuhan, Pemandian air hangat dan Pantai Srau.
  2. Obyek wisata yang mempunyai prospek yang baik perlu pengangan dan pembangunan yang konseptual seperti Pantai Klayar, Pantai Watukarung, Pantai Srau, Pantai Sidomulyo, Luweng Jaran dan Luweng Ombo serta kegiatan atraksi wisata seperti Ceprotan, Tari Khetek Ogleng dan Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman.
  3. Obyek wisata lainnya yang menjadi wahana pelengkap kepariwisataan baik itu Goa dan Obyek wisata Sejarah dan sebagainya.

Kondisi cuaca pada musim penghujan bulan Desember ini memang menjadi penghalang kita dalam menikmati keindahan kota Pacitan, sehingga untuk mengambil beberapa spot yang menarik harus batal karena turunnya hujan yang nyaris mengguyur kota Pacitan sepanjang hari. Untunglah di beberapa sudut kota tempat kuliner yang nyaman masih dapat dengan mudah kita temukan, sehingga kuliner khas Pacitan masih bisa kita nikmati.

Yang wajib kita beli dari kota ini adalah tentu saja batu cincin dan batu alam kota Pacitan, kota ini memang sudah terkenal dengan keindahan batu alamnya. Batu Cincin Red Baron, Kalsedon, Krysopras, Anggur, batu fosil dapat dengan mudah kita temukan di kota ini, tentu saja harganya juga jauh lebih murah jika di bandingkan dengan yang di jual di Jakarta. Batu dengan warna-warna cantik tersebut memang sangat indah dan menggoda, kalau tidak dalam suasana riding jauh seperti ini otoride-pun pasti terbawa arus ikut teman-teman bawa-bawa batu yang gemerlap tersebut ;).

pacitanstone1

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: