Trip #3 Menikmati Pinggiran Yogjakarta – Wates dan Purworejo [edisi Liburan]

Menuju rute pulang selama turing akhir tahun akhirnya otoride memilih stay di Kota Purworejo sebelum kembali ke Jakarta. Kota Purworejo sebenarnya memiliki beberapa spot menarik, dan dari kota ini juga tidak terlalu jauh untuk mengeksplorasi tempat-tempat di sekitar Purworejo seperti di sekitar Wates dan Kulon Progo. Otoride selalu menyempatkan diri jika mampir di kota ini untuk blusukan di daerah yang banyak memberikan suasana tenang. Jalan yang berkelok-kelok menuju ke atas bukit, hutan-hutan yang masih menyisakan kehijauan, rumah-rumah penduduk yang masih memberikan warna kesederhanaan dan tentu saja keramahan penduduknya.

purworejo
Pilihan pertama adalah menikmati riding ke waduk Sermo, di Desa Hargowilis, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk, yang merupakan salah satu tempat wisata di Jogja ini berada sekitar 7 km di sebelah barat kota Wates atau sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta dan 34 Km dari Kota Purworejo.

20141230_090429_1
Untuk menuju kelokasi ini suguhan fantantis adalah hamparan sawah hijau dan pemandangan perbukitan menoreh di belakangnya sungguh membuat pemandangan alam di sini begitu istimewa. Bukit Menoreh cukup terkenal di komik-komik dunia persilatan, dan sepintas memang di perbukitan ini tersimpan misteri yang menyimpan kehidupan dimasa lalu.

Sebagai tempat wisata, Waduk Sermo yang diresmikan oleh Presiden Indonesia waktu itu Bp. Soeharto pada tanggal 20 November 1996 silam dibuat dengan membendung Kali Ngrancah, dengan biaya pembangunan mencapai Rp 22 miliar dan diselesaikan dalam waktu 2 tahun 8 bulan. Waduk ini memiliki beberapa keistimewaan, selain alam dan suasana khas hutannya yang masih sangat segar dan asri, waduk ini juga memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu berkelok-kelok menyerupai jari tangan dengan warna air yang biru dan jernih. Banyak hal yang bisa dilakukan disini, seperti bersepeda melewati jalan lingkar sepanjang 21 km dan menikmati pemandangan waduk sambil naik perahu bermotor atau sekedar bercengkerama bersama keluarga menikmati pemandangan Waduk Sermo yang sangat eksotis.

Tidak jauh dari Waduk Sermo kearah jalan raya Purworejo – Yogjakarta kita juga bisa mampir di pantai Glagah, pantai yang masih dalam taraf pembangunan infrastruktur ini memiliki pemandangan yang cukup bagus, sekalian bisa menikmati masakan seafood dan cemilan khas daerah setempat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: