Tampil bedanya Blogger di Exclusive Lunch With Honda

Hari Minggu kemarin (26/4) beberapa teman Blogger mendapatkan undangan spesial makan siang bersama PT. AHM di Hotel Sultan Jakarta, acara tersebut merupakan rangkaian sesi Table Manners yang di pandu oleh Mrs. Biki Wotulo dari John Robert Powers HUman Resource. Jika biasanya setiap kali teman-teman Bloggers berkumpul untuk makan bersama memang selalu ramai dan tidak pernah formal ala pejabat, tetapi kali ini bloggers harus belajar duduk manis layaknya acara jamuan formal internasional dengan didampingi sang istri.

IMG_3071
Tentu saja bagi blogger otomotif yang setiap hari menulis dan mengikuti perkembangan otomotif perlu juga memahami etika jamuan seperti ini, karena memang tidak menutup kemungkinan harus memenuhi undangan press rilis di beberapa event nasional dan internasional yang mengharuskan blogger masuk di table manners mengikuti aturan yang berlaku.

Pada kesempatan ini Mrs. Biki dari John Robert Powers dengan sabar membimbing blogger bagaimana menampilkan karakter yang elegan pada sebuah jamuan makan. Ada ungkapan lama yang mengatakan bahwa karakter atau kepribadian seseorang dapat terlihat dari bagaimana cara ia menikmati makanannya, atau dikenal dengan istilah Table Manners. Secara umum, table manners dapat diartikan sebagai tata cara makan yang baik dan sopan, atau secara pemahamannya, Table Manners merupakan etika atau aturan yang digunakan ketika menyantap makanan – Yang juga termasuk di dalamnya tentang tata cara penggunaan peralatan makan.

IMG_3069
Setiap lingkungan memiliki table manners yang berbeda-beda – Tergantung bagaimana kebudayaan yang berlaku di dalam lingkungan tersebut. Table Manners diperkenalkan oleh bangsa Eropa sekitar abad ke 14. Konsep table manners atau etika makan ini didasari oleh prinsip, nilai, serta norma kesopanan yang berlaku dalam lingkungan bangsawan pada abad itu, yaitu dimana seseorang yang dianggap professional atau terpandang harus bisa bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkup kebangsawanan.

Seiring perkembangan zaman, konsep table manners pun mengalami banyak perubahan yang bertujuan untuk menyesuaikannya dengan perkembangan budaya dan sosial yang ada. Namun ada beberapa etika mendasar yang masih berlaku sampai dengan saat ini, misalnya :

  • Ketika menyantap makanan, mulut harus mengunyah makanan dalam keadaan tertutup.
  • Selalu berbicara dengan volume yang pelan ketika sedang menyantap makanan.
  • Jangan menatap orang lain saat menikmati makanan.
  • Jangan menimbulkan suara saat mengunyah makanan.
  • Meminta ijin kepada tuan rumah / si empunya acara apabila ingin meninggalkan meja makan
  • Apabila Anda sudah selesai menikmati hidangan, letakkan garpu di sebelah kiri dan garpu disebelah kanan bersama-sama di arah jam 11 di atas piring dengan bagian pisau yang tajam menghadap ke dalam.
  • Selalu menggunakan tusuk gigi ketika ingin membersihkan sisa makanan yang ada di dalam mulut (gigi).
  • Usahakan mencicipi semua makanan yang dihidangkan. Untuk itu, ambilah porsi makanan secukupnya.
  • Ketika mengambil minum untuk mengisi gelas Anda, tawarkan juga kepada orang yang ada di sebelah kiri dan kanan Anda.
  • Menambahkan bumbu setelah mencicipi makanan dianggap kasar dan menghina koki.
  • Jangan meminta menyingkirkan sisa makanan anda kecuali acara makan sudah selesai dan jangan pernah melakukan bila diundang ke acara formal, kecuali Anda berada di restoran.
  • Jangan lupakan satu hal yang umum, jangan lupa untuk selalu mengatakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ setiap kali anda meminta bantuan.

Hal-hal di atas memang terlihat sepele, tetapi pada saat kita memenuhi undangan dengan suasana yang sangat formal kesalahan yang terjadi dapat saja mempermalukan kita. Inilah salah satu alasan mengapa seorang blogger otomotif-pun perlu memahami table manners. Yang pasti acara hari Minggu kemarin menjadi tambahan wawasan untuk saya dan teman-teman blogger, walaupun disisi lain acara khas blogger tetap saja tidak bisa disembunyikan.

Foto-foto Exclusive Lunch Blogger with Honda :

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: