Kick Off ‘Indonesia Road Safety Award 2015’

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) kembali menggelar acara Kick Off ‘Indonesia Road Safety Award 2015’ dengan tema ‘Kembali ke Kampung Halaman dan Pentingnya Berkendara yang Aman Saat Mudik’ yang di laksanakan di Glass House Level 8, Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jalan Jendral Sudirman Kav 52-53, SCBD, Jakarta. Acara ini merupakan Apresiasi bagi Pemerintah Daerah untuk Penerapan Tata Kelola Keselamatan di Jalan (Road Safety) Terbaik serta Penanggulangan Kecelakaan Pada Saat Mudik Lebaran.

20150709_155611
Penganugerahan IRSA 2015 yang mendapat dukungan Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas POLRI, Kementerian Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BPPN, WHO, Global Road Safety Partnership, Road Safety Association, Masyarakat Transportasi Indonesia, dan berbagai pihak pemerintahan, swasta dan lembaga sosial masyarakat lainnya ini adalah sebagai motivasi dalam upaya membangun kesadaran pengendara untuk mengutamakan keselamatan di jalan (road safety) selama berkendara masih terlihat rendah.

Seperti kondisi yang dapat kita lihat saat ini data kecelakaan setiap tahunnya masih terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data dari Korlantas POLRI, diketahui bahwa jumlah kecelakaan di Indonesia selama tahun 2014 lalu mencapai 91.688 kecelakaan dimana angka tersebut menurun dari angka kecelakaan pada tahun 2013 yang mencapai sebesar 93.578 kecelakaan.

Terlebih memasuki musim mudik lebaran yang telah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia untuk merayakan moment spesial lebaran di kampung halaman bersama keluarga sehingga traffic berkendara keluar kota besar meningkat tajam. Tingginya pengendara yang melakukan perjalanan mudik lebaran tersebut terkadang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan terutama di titik-titik rawan di beberapa tempat di Indonesia.

IMG_5045
Melihat fenomena tersebut, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), melalui kampanye “I Wanna Get Home Safely!” (IWGHS) yang dimulai sejak tahun 2009, tergerak untuk berusaha meminimalisir tingkat kecelakaan di Indonesia dengan menjadi salah satu pelopor dalam mengampanyekan gerakan keselamatan di jalan. Dengan mendapat dukungan dari beberapa kementerian yang ada di Indonesia, kepolisian, LSM, dan pihak swasta; IWGHS senantiasa mengajak masyarakat agar dapat mengimplementasikan tata cara berperilaku yang baik saat berada di jalan sehingga dapat selamat sampai dengan tujuan.

Penilaian Award IRSA 2015 yang kali ini di ikuti 76 Kota dan Kabupaten di kelompokkan menjadi beberapa kategori, antara lain :
1. Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa
2. Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa
3. Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa
4. Kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa

Dari total peserta tersebut, kemudian di lakukan shortlisting dan proses seleksi sehingga terpilih 16 Kota atau Kabupaten terbaik yang menjadi finalis “IRSA 2015”. Peserta terbaik adalah yang berhasil memenuhi 5 pilar road safety, yaitu :

a. Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Manajemen)
b. Jalan yang berkeselamatan (Safer Road)
c. Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
d. Perilaku Pengguna Yang Berkeselamatan ( Safer User)
e. Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)

IMG_5041
Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance menambahkan “Kami sangat gembira program IRSA yang masih berusia dini telah semakin dikenal di Indonesia. Dengan adanya peningkatan jumlah peserta yang sangat tajam, kami berharap agar ajang ini dapat menjadi acuan bagi pemerintah kota dan kabupaten untuk mengevaluasi penerapan road safety yang dimiliki Kota atau Kabupatennya”.

Foto-foto IRSA 2015 :

Advertisements

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: