Tips Memperpanjang Umur Aki pada Yamaha Nmax

Sebagian alasan konsumen tertarik dan memilih motor Yamaha Nmax adalah karena tampilannya yang bongsor dan memiliki kesan premium di tambah dengan harga yang relatif terjangkau untuk type non ABS, kemudian alasan lain adalah kenyamanan handling type “slonjoran” yang membuat sensasi riding menjadi lebih nyaman. Untuk yang suka dengan tehnologi baru tentu saja sensasi VVA yang di sematkan pada motor ini menjadi tampil beda sendiri, power di atas 6000 RPM nya terasa “ngisi” dan enak di ajak lari.

nmax
Dengan beberapa alasan tersebut bukan berarti Yamaha Nmax tidak ada celah untuk di customize, karena beberapa modif ringan justru memberikan dampak “ganteng” dan menambah ringan beban pada sektor kelistrikan. Seperti kita ketahui Yamaha Nmax menggunakan Headlamp dan Break Lamp model LED, tetapi masih ada kombinasi bulb lamp pada lampu senja dan lampu belakang (di atas plat nomor). Pada Kondisi standar saat kunci kontak On, maka lampu senja (2 x 5 = 10 watt) + lampu belakang ( 1 x 10 = 10 watt ) + lampu LCD indikator ( + 3 watt) akan menyala semuanya. Jadi sebelum mesin hidup aki sudah disedot beban sekitar 23 watt, kemudian ketika tombol elektronik starter di tekan bebannya akan bertambah lagi sehingga jika kita perhatikan semua lampu langsung akan meredup. Kondisi seperti ini akan semakin berat pada situasi dingin misalnya pada pagi hari, karena electrik starter kadang bekerja tidak semulus yang kita harapkan, beberapa kali tekan tombol elektrik starter baru bisa hidup.

LED

LED


Dampaknya tentu saja dalam jangka panjang akan merembet ke umur aki, karena model motor seperti ini nyaris menggantungkan hidup pada suplay aki, aki dapat berumur menjadi lebih pendek dari umur seharusnya, dampak lain adalah merembetnya ke beban Fuse, beberapa owner mengalami electric loss yang mengakibatkan motor tidak bisa hidup gara-gara fuse putus. Untunglah pada Yamaha Nmax yang menggunakan Aki 12V 6.0 Ampere ini kelistrikan di bagi menjadi 4 saluran untuk memudahkan penanganan jika terjadi trouble kelistrikan. Jalur kelistrikan Utama 1 di pisahkan dengan fuse 15 A (warna biru), Jalur Utama 2 di pisahkan dengan fuse 7.5 A (merah), Jalur Lampu Belakang dengan Fuse 7.5 A (merah) dan Jalur sein di pisahkan dengan fuse 7.5 A (merah).

Fuse Nmax

Fuse Nmax


Inilah yang menjadi alasan (saya) kemudian melakukan custom pada sektor kelistrikan, khususnya mematikan AHO menjadi manual dan mengganti bulb lamp dengan LED yang berdaya rendah, supaya bisa mengontrol beban aki dan menambah umur aki. Trik ini sebelumnya juga saya aplikasikan pada Yamaha Xeon RC, karena dampaknya lampu menjadi lebih awet life timenya dan aki juga menjadi ringan bebannya dan bertambah masa penggunaannya.

Saya lebih suka meng-custom saklar pada Yamaha Nmax dengan menggunakan saklar Old Vixion, karena di saklar ini bisa mengfungsikan untuk mematikan lampu senja dan belakang serta headlamp, disamping pada saklar ini sudah menyatu saklar sein, klakson, lampu jauh-dekat dan passbeam. Paling tidak ketika mesin motor akan di hidupkan aki hanya menyuplai arus ke bagian rotor starter, sehingga beban aki menjadi lebih ringan dari kondisi standarnya.

Saklar Old Vixion pada Yamaha Nmax

Saklar Old Vixion pada Yamaha Nmax


Pilihan kedua jika anda lebih suka dengan sistim AHO, anda dapat mengganti bohlam lampu senja dan belakang dengan type LED sehingga watt yang di gunakan memiliki nilai yang lebih kecil (2 x 1.5 watt) + (1 x 1.5 watt). Type LED tidak kalah terang dengan type bulb, selain itu terkesan lebih keren tanpa mengurangi fungsi utamanya.

Catatan :
1. Mengganti sistem kelistrikan standar menggugurkan garansi kelistrikan.
2. Custom adalah sebuah pilihan pribadi
3. Nyalakan lampu untuk safety riding, dan matikan lampu untuk “Kulo Nuwun”.

Advertisements

Tags:

47 responses to “Tips Memperpanjang Umur Aki pada Yamaha Nmax”

  1. komatkamit89 says :

    Paling demen sama kata “KULO NUWUN”e om… 😀

  2. pratik says :

    Mas saya udh pasang led 14 titik (12 titik disisi, dan 2 titik di ats) untuk lampu belakangnya, tp kok lampu lednya hanya 2 titik ats saja yg mau nyala. Udah saya bolak balik pasangnya, tp tetap saja hanya 2 titik ats yg nyala. Apa pasang lampu belakang perlu juga pasang flasher khusus led?? Terimakasih.

  3. ricky says :

    mas, mau tanya saya mau ganti lampu stop belakang nmax yg masih bulb/halogen dengan LED biar lebih hemat. tipe/jenis lampunya apa ya ? bisa cari dimana ya ? di tokopedia ada ?
    apa bisa menggunakan lampu senja nmax juga (sy sdh ganti dengan LED) utk dipakai di lampu stop belakang nmax?
    soalnya lampu stop belakang nmax sy baru 10 pemakaian 10 bulan sudah putus. tks

    • otoride says :

      Saya pake LED yang biasa di pake buat lampu senja bro, selama ini aman aman saja atau lampu senja depan yg 5 watt juga bisa di pasang di stop lamp belakang buat gantiin yg 10 watt, cahaya yg 5 watt cukjup terang juga.

  4. fano says :

    Mas, boleh info yang dimaksud mengganti system kelistrikan standar bisa menggugurkan garansi kelistrikan.. Apa aja yang dimaksud ?, apakah ganti lampu senja depan dan belakang juga termasuk ?..
    Bohlam lampu senja belakang typenya sama ya dengan lampu senja yg depan (T10) ?

    Terimakasih infonya mas…

  5. fano says :

    Mas mohon infonya kelistrikan standar bisa menggugurkan garansi kelistrikan.. Apa aja yang dimaksud ?, apakah ganti lampu senja depan dan belakang juga termasuk ?..
    Bohlam lampu senja belakang typenya sama ya dengan lampu senja yg depan (T10) ?

    Terimakasih infonya mas…

    • otoride says :

      Mengganti sistem kelistrikan standar itu yg berhubungan langsung dg wiring pengkabelan bro misalnya AHO di modif jd manual, pasang alarm dsb.

      Kalau ganti bohlam aman. Iya lampu senja bisa buat lampu belakang, irit 5 watt

  6. Gie hanapi says :

    Mas saya mau tanya klu nmax saya di pasang lampu 1 LAMPU OFF ROAD 18WATT,ada masalah dgn pengapain nya tdk ya mas?.

  7. ivanantonia1 says :

    LED T10 nya itu kakinya yang model pemasangan dua kaki tancap atau yang diputar?
    Soalnya tipe kaki LED T10 banyak macamnya jg, mase.

  8. alex says :

    misi mo nanya mas.
    untuk lampu rem yg bulb / bohlam nmax itu tipe soket nya apa ya? terimakasih.

  9. Chekovskie™ says :

    Mas barusan saya kejadian pas mo nyalain motor nmax saya tb2 layar cm kedip putih sebentar trus mati trus saya coba mati idupin lg malah tmbah mati trus saya diemin sbtr kira2 5 mnt saya coba lg kali ini saya biarin nyala kontaknya trus saya goyang2in motor dikit eh nyala lg normal speedo nya

    Itu kenapa ya? pdhal umurnya br 4 bln loh

    Apa saya mati ganti aki lg yg br umur 4 buln itu ?

    Trus mksd mas yg ad garansi kelistrikan itu apa ya?

    Terima kasih mas sebelumnya.

    • otoride says :

      Ada bagian yang kendor bro di bagian kelistrikan, bisa di sambungan soket atau di fuse nya, coba di urut lagi kabel dari Aki, Fuse hingga ke soket kontak atau kalau ribet pas servis minta di cek sambungan kabelnya. Kalau umur aki awet kok, nmax saya sudah 10 bulan dan sudah jalan 13.000 KM tidak mengalami masalah di kelistrikan. Garansi kelistrikan hangus itu kalao kita merubah standar kelistrikan aslinya bro, misalnya nambah lampu strobo, sirine, charger atau ganti saklar yang bukan aslinya.

  10. faizal says :

    mas…..mohon arahannya gmn yaah cara matikan lampu belakang biar ngikut lampu senja

    • otoride says :

      waduh … agak rumit bro kalo ngomongin wiring kabel, mendingan sekalian minta di pasangin aja di bengkel resmi bisa kok, atau minta di pasang sama teman-teman Nmax rider, PIC nya banyak di FB tinggal cari lokasi yang terdekat saja bro

  11. Hendria says :

    Mas …..mau tanya apakah saklar old vision bisa pnp atau ngurut kabel lg tks

  12. Theo says :

    selamat siang mas didk

  13. Dean says :

    biasa nya umur aki yamaha n max brp lama ya mas?

  14. alan hallokance says :

    Om..nmax saya g bisa d starter.kontak posisi hidup…spido menyala,klakson mati,sein 22 nya mati,lampu rem mati…gimana ya om ???

  15. Tommy Fristanto says :

    malam mas, saya coba ganti led t10 untuk alis, kok tiba tiba kontak saya nyalahkan mati speedo nya dan juga alis semuanya, apa yg rusak yah mas? klo fuse yg nomer brapa yg harus di ganti mas?

  16. Ulul azmi says :

    Maaf mas mau tanya
    Nmax saya g bisa hidup
    Kondisi
    spedo hidup
    lampu senja hidup
    lampu sen hidup
    Klakson hidup
    Permasalahanya kira2 apa ya?

    Oh iya sya udh masang voltmeter kondisi aki di keadaan 12.4 apakah itu normal akinya?

    • otoride says :

      .. yang paling sering di alami teman-teman karena swict on off di standar samping kotor bro … coba di periksa dulu, penyebab kedua kemungkinan karena bendik starter bermasalah coba di bawa ke bengkel resmi minta di bersihin …

  17. wahyu wicaksono says :

    Mas …sy pake nmax putih km 600an…pengen ganti lampu sein kanan kiri depan belakang…pake led kuning..itu brp watt ya mas? Beli dimana rekomendasinya…

  18. Allandra says :

    om rencana saya mau pasang voltmeter itu kira2 masuk ke kabel mana ya? apa ke aki lgsg untuk + dan – nya?

  19. Adit says :

    Bro
    Pasang saklar old vixon nya di mana?

  20. fariz says :

    Bro
    Setelah pasang lampu cree 20 w x 2 kok lampu utamanya jd kurang terang ya bro, mohon pencerahannya bro

    • otoride says :

      lampu utamanya di ganti lampu cree 20w x 2 atau bagaimana bro ? modul pemasangannya harus presisi karena pengaruh reflektornya bisa mempengaruhi arah cahayanya, total 40w sebenarnya cukup besar bro untuk lanpu depan

  21. Indra Prabu says :

    om sy sklar nmax sudah pakai punya pulsar, saklar lampu tembak saya pakai buat lampu jarak jauh, kalo sy pasang lampu LED tambahan 18 watt jadi satu jalur sm lampu jarak jauh, gpp ? apakah perlu relay tambahan ? terimakasih

    • otoride says :

      gpp bro cuma lebih bagus di gunakan pada waktu mesin nyala saja supaya akinya nggak tekor, menggunakan tambahan relay bagus untuk koneksi arus listriknya, tetapi relay juga perlu suplay 12V. Kalau mau pake relay jangan yang amperenya terlalu tinggi, paling tidak di samakan dengan ampere aki sekitar 5-7A

  22. Marentha says :

    mohon petunjuknya om cara pasang 2 buah lampu tembak u1 yang aman pada motor nmax light power 15 Watt electricity power 9 – 12 Watt

    • otoride says :

      … lebih aman ambil jalur dari lampu senja senja saja bro, karena sudah melalui fuse, kalau mau bikin wiring atau jalur baru dari aki juga bisa, tinggal nambahin saklar on/off nya (model saklar on/off banyak di tokopedia cari yang waterproof lebih bagus). Jangan lupa diberi fuse/sekering tambahan biar aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: