Lampaui Target, Penjualan All New Honda CBR150R Melonjak 96,2%

Jakarta – Kehadiran All New Honda CBR150R mendapatkan sambutan positif dari para pecinta sepeda motor sport nasional menyusul penjualannya pada bulan lalu yang mencapai 5.231 unit atau melonjak 96,2% dibandingkan dengan data penjualan bulan sebelumnya Februari 2016. Hasil ini melampaui target yang ditetapkan saat pengenalan pertama model ini ke publik yaitu 1.000 unit.

All New Honda CBR150R pertama kali diluncurkan pada 14 Februari 2016 pebalap MotoGP tim Repsol Honda, Marc Marquez yang juga merupakan brand ambassador model ini. Produk ini berhasil menarik perhatian konsumen pecinta motor sport di Tanah Air. Pada awal kehadirannya diharapkan dapat memperkuat penetrasi Honda di segmen sport nasional dengan memberikan kontribusi sebesar 20%. Dengan realisasi penjualan 5.231 unit pada bulan lalu, All New Honda CBR150R mampu memberikan kontribusi yang lebih besar, yaitu 26% terhadap total penjualan sepeda motor sport Honda.

Pebalap MotoGP Marc Marquez mencoba sepeda motor terbaru All New Honda CBR150R di Sirkuit Sentul, Bogor saat peluncuran perdana produk tersebut (14/02). Kehadiran All New Honda CBR150R mendapatkan sambutan positif dari para pecinta sepeda motor sport nasional menyusul penjualannya pada bulan lalu yang mencapai 5.231 unit atau melonjak 96,2% dibandingkan dengan data penjualan bulan sebelumnya Februari 2016.

Pebalap MotoGP Marc Marquez mencoba sepeda motor terbaru All New Honda CBR150R di Sirkuit Sentul, Bogor saat peluncuran perdana produk tersebut (14/02). Kehadiran All New Honda CBR150R mendapatkan sambutan positif dari para pecinta sepeda motor sport nasional menyusul penjualannya pada bulan lalu yang mencapai 5.231 unit atau melonjak 96,2% dibandingkan dengan data penjualan bulan sebelumnya Februari 2016.


General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyatakan besarnya animo masyarakat terhadap All New Honda CBR150R tak dapat dipisahkan dari penyempurnaan dari sisi desain dan performa motor yang mengimplementasikan konsep Total Kontrol yang menjadikan motor sport ini semakin mudah dikendalikan di segala lintasan jalan. All New Honda CBR150R hadir dengan evolusi performa dan desain agresif yang berorientasi pada kecepatan dengan garis aerodinamis tegas dan tajam. Motor ini kini dilengkapi dengan generasi terbaru mesin DOHC-6 dan teknologi minim gesekan untuk efisiensi bahan bakar.

“All New Honda CBR150R ini memang berbeda dengan generasi sebelumnya. Terima kasih atas kepercayaan yang semakin positif terhadap produk sepeda motor Honda, terutama model ini yang memang diproduksi anak bangsa di pabrik AHM. Kami yakin model ini akan memberikan kebanggaan dan kepuasan berkendara bagi pemiliknya.”

Pebalap MotoGP tim Repsol Honda, Marc Marquez yang sempat mencoba All New CBR150R di sirkuit Sentul saat peluncuran perdana produk ini (14/02) sempat memberikan testimoninya terhadap motor ini. “Saya pikir motor ini sangat bagus. Momen paling menyenangkan adalah saat adrenalin kita terpacu.”

Secara keseluruhan, model motor sport Honda pada bulan lalu mencatatkan penjualan sebesar 20.498 unit dengan perolehan pangsa pasar 41,2% di segmen sport nasional. Selain All New Honda CBR150R penjualan motor sport Honda juga ditopang oleh model sport lainnya seperti All New Honda CB150R StreetFire yang terjual 8.653 unit, disusul oleh Honda Verza 6.199 unit, dan Honda MegaPro 391 unit. Big Bike Honda model sport memberikan kontribusi penjualan sebanyak 24 unit.

Pangsa Pasar 78,1%

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), secara keseluruhan penjualan motor nasional pada Maret 2016 mencapai 563.341 unit atau mengalami pertumbuhan 7,3%. Sepeda motor Honda mencatatkan pertumbuhan yang jauh lebih tinggi dari pasar yaitu 21,4% dibandingkan bulan sebelumnya dengan total penjualan 440.171 unit. Angka ini semakin memperkokoh posisi AHM di pasar domestik dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 78,1%. Pangsa pasar ini meningkat signifikan karena pada bulan sebelumnya hanya 69,1%.

Lonjakan pangsa pasar ini tercipta dari pertumbuhan signifikan model skutik yang bulan lalu terjual 377.274 unit atau 82,7% pangsa pasar di segmen skutik nasional. Di segmen ini Honda BeAT eSP series menyumbangkan penjualan terbanyak yaitu 193.147 unit, diikuti oleh Honda Vario eSP series 140.054 unit, Honda Scoopy eSP sebanyak 42.778 unit, Honda Spacy 686 unit, dan Honda PCX 608 unit. Pada segmen ini sepeda motor Big Bike Honda NM4 Vultus terjual satu unit.

Sementara itu sepeda motor bebek Honda bulan lalu mencatatkan penjualan sebesar 42.399 unit dengan pangsa pasar 73,6% di segmen bebek nasional. Pada segmen ini Honda Revo series memberikan kontribusi terbanyak yaitu 19.331 unit, Honda Supra series 16.359 unit, Honda Sonic 150R 3.899 unit dan Honda Blade 2.810 unit.

“Ditengah kondisi pasar yang belum begitu stabil, Honda mampu bertahan dengan mencatatkan penjualan positif dibandingkan bulan sebelumnya. Kami berharap peningkatan ini menjadi awal dari rebound-nya pasar motor nasional.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: