Family Blogger Gathering bersama PT. Astra Honda Motor, Ajak Cintai Budaya Bangsa

PT. AHM kemarin (16-17/4) mengadakan acara Family Blogger Gathering yang dilaksanakan di Kota Sejarah Cirebon, acara silaturahmi bersama keluarga blogger kali ini sekaligus untuk mengenalkan budaya lokal yang memiliki nilai sejarah serta ciri khas dari kota-kota di Indonesia, dan kali ini PT. AHM mengajak sahabat blogger menuju kota Cirebon. Perjalanan menuju lokasi dari Jakarta menuju Kota Cirebon ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan jasa transportasi Kereta Api yang saat ini kenyamanannya memang sudah cukup bagus.

Blogger Gathering

Blogger Gathering


Kota Cirebon memiliki kontribusi besar bagi Indonesia khususnya dalam perkembangan Islam, karena di Cirebon SUnan Gunung Jati salah satu dari Wali Songgo menyebarkan Islam di lingkungan Keraton dan masyarakat Jawa Barat.

Pada awalnya Cirebon berasal dari kata sarumban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa. Lama-kelamaan Cirebon berkembang menjadi sebuah desa yang ramai yang kemudian diberi nama Caruban (carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberi nama demikian karena di sana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya Sunda, Jawa, Tionghoa, dan unsur-unsur budaya bangsa Arab), agama, bahasa, dan adat istiadat. kemudian pelafalan kata caruban berubah lagi menjadi carbon dan kemudian cerbon.

20160417_132019
Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon menawarkan banyak pesona mulai dari wisata sejarah tentang kejayaan kerajaan Islam, kisah para wali, Komplek Makam Sunan Gunung Jati di Gunung Sembung sekitar 15 km ke arah barat pusat kota, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid At Taqwa, kelenteng kuno, dan bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda. Kota ini juga menyediakan bermacam kuliner khas Cirebon, dan terdapat sentra kerajinan rotan serta batik.

Cirebon terdapat keraton sekaligus di dalam kota, yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Semuanya memiliki arsitektur gabungan dari elemen kebudayaan Islam, Cina, dan Belanda. Ciri khas bangunan keraton selalu menghadap ke utara dan ada sebuah masjid didekatnya. Setiap keraton mempunyai alun-alun sebagai tempat berkumpul, pasar dan patung macan di taman atau halaman depan sebagai perlambang dari Prabu Siliwangi, tokoh sentral terbentuknya kerajaan Cirebon. Ciri lain adalah piring porselen asli Tiongkok yang jadi penghias dinding. Beberapa piring konon diperoleh dari Eropa saat Cirebon jadi pelabuhan pusat perdagangan Pulau Jawa.

Kota Cirebon memiliki beberapa kawasan taman di antaranya Taman Air Sunyaragi dan Taman Ade Irma Suryani. Taman Air Sunyaragi memiliki teknologi pengaliran air yang canggih pada masanya, air mengalir di antara teras-teras tempat para putri raja bersolek, halaman rumput hijau tempat para ksatria berlatih, ditambah menara dan kamar istimewa yang pintunya terbuat dari tirai air. Sementara beberapa masakan khas kota ini sebagai bagian dari wisata kuliner antara lain: Sega Jamblang, Sega lengko, Empal gentong, Docang, Tahu gejrot, Kerupuk Melarat, Mendoan, Sate beber, Mi koclok, Empal asem, Nasi goreng Cirebon, Ketoprak Cirebon, Bubur ayam Cirebon, Kerupuk Udang dan sebagainya.

Sebagai kota bahari Cirebon hingga saat ini terus berkembang, infra struktur seperti ruas jalan tol, jalur kereta api dan pelabuhan laut semakin mendukung laju ekonomi di kota sejarah ini. Beberapa Mall besar mulai bermunculan, objek wisata juga mulai di tata walaupun dampaknya kemacetan di dalam kota Cirebon mulai terasa apalagi pada saat jam-jam sibuk.

Tentu saja ini dapat menjadi catatan untuk para pemangku pemerintahan kota Cirebon, bagaimana agar pembangunan kota Cirebon menjadi lebih baik namun peninggalan sejarah yang ada tetap terjaga, di samping membangun citra lalu lintas yang lebih bermartabat.

Galeri Foto Family Blogger Gathering Bersama PT. Astra Honda Motor :::

Advertisements

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: