Adira Insurance Gelar Indonesia Road Safety Award (IRSA)

Kecelakaan yang terjadi di Indonesia tidak bisa dianggap sepele. Keselamatan masyarakat tetap harus dijadikan prioritas yang ditanamkan di seluruh lapisan masyarakat. Banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalan merupakan masalah yang sangat serius. Kesadaran masyarakat dalam menjaga keselamatan di jalan harus selalu ditingkatkan guna meminimalisir kecelakaan di jalan.

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) melalui kegiatan sosialnya yang diberi nama “I Wanna Get Home Safely” (IWGHS) yang dimulai sejak tahun 2009 secara kontinyu mengkampanyekan kegiatan yang berkaitan dengan safety di jalan raya ini. Dengan dukungan dari beberapa Kementerian yang ada di Indonesia, Kepolisian, lembaga sosial masyarakat, dan pihak swast, IWGHS berusaha menekan angka kecelakaan di Indonesia yang frekwensinya masih cukup tinggi.

pemotor dan resiko
Namun, untuk menekan angka kecelakaan di jalan, pemerintah juga memiliki peranan yang sangat penting, terutama dalam pengelolaan tata keselamatan jalan. Sejak tahun 2013 lalu, IWGHS mulai menyelenggarakan penganugerahaan ‘Indonesia Road Safety Award (IRSA)’ sebagai wujud apresiasi terhadap kota atau kabupaten yang telah menerapkan tata kelola keselamatan di jalan terbaik. Pada tahun 2016 ini, melihat kerja keras dan antusiasme yang ditunjukkan oleh pemerintah kota dan kabupaten selama penyelenggaraan IRSA 2013 sampai dengan 2015, IRSA 2016 kembali diselenggarakan.

safety1

Peserta IRSA 2016 yang terdaftar adalah sebanyak 92 kota dan kabupaten melalui mekanisme pendaftaran serta 18 kota dan kabupaten yang direkomendasikan oleh pakar road safety. Sehingga, total kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2016 adalah sebanyak 110 kota dan kabupaten. Jumlah pendaftar tersebut mengalami kenaikan 51% dari total peserta IRSA tahun 2015. Saat ini, telah terpilih 17 finalis yang telah memasuki tahap penjurian untuk menentukan pemenang IRSA 2016.

Untuk mewujudkan penerapan tata kelola keselamatan jalan yang semakin baik, IRSA 2016 juga menyelenggarakan Sharing Session sebagai wadah diskusi dan bertukar pikiran antara pemerintah kota dan kabupaten IRSA 2016 mengenai strategi-strategi penerapan tata kelola keselamatan jalan yang baik di daerahnya masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: