Lakukan Konservasi Keanekaragaman Hayati, AHM Raih Penghargaan Mitra Pembangunan Jabar

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memberikan penghargaan kepada PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai Mitra Pembangunan Jabar melalui kegiatan konservasi keanekaragaman hayati di wilayah Jabar. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Hotel Intercontinental, Dago Pakar, Bandung (14/3).

Pemerintah Jabar mengapresiasi konservasi keanekaragaman hayati AHM yang dipusatkan di kawasan wisata Guha Pawon dan Stone Garden, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan konservasi ini merupakan bentuk dukungan AHM terhadap program Citarum Bestari yang digalakkan oleh Pemprov Jabar untuk merevitalisasi sungai Citarum dan daerah yang dialirinya menjadi bestari (bersih, indah, sehat, dan lestari).

(tengah) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama (kedua kanan) Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyerahkan penghargaan Mitra Pembangunan Jabar kepada (kiri) Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di Hotel Intercontinental, Dago Pakar, Bandung Jawa Barat (14/3). Pemprov Jabar mengapresiasi konservasi keanekaragaman hayati AHM yang dipusatkan di kawasan wisata Guha Pawon dan Stone Garden, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


Sejak 2016, AHM berupaya menambah daya serap air di Guha Pawon dan Stone Garden dengan menanam 8.000 pohon dari berbagai jenis yang diantaranya adalah bambu, nangka, rambutan, sirsak, gemelina, surain, panesta, mahoni uganda, gandaria dan buni. Penanaman pohon ini juga membantu meningkatkan daya hidup fauna khas kawasan tersebut seperti monyet ekor panjang, kupu-kupu, landak, musang, kelelawar pedan jawa.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan berupaya menggulirkan beragam program yang memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, salah satunya melalui konservasi keanekaragaman hayati di wilayah Jabar.

“Terima kasih atas apreasiasi Pemprov Jabar atas kegiatan pelestarian lingkungan yang dijalankan AHM. Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kebersamaan kami dengan masyarakat Jabar yang memiliki harapan sama untuk menjadikan Jabar sebagai wilayah yang asri dan nyaman untuk generasi sekarang maupun masa datang,” ujarnya.

Peran serta AHM membantu pemerintah dalam pelestarian lingkungan di Jawa Barat dilakukan tak hanya melalui konservasi keanekaragaman hayati. Di provinsi ini, AHM juga menanam 10.000 pohon di kawasan Cikampek serta menyumbangkan komposter dan tempat sampah pilah bagi 12 desa di Kabupaten Bandung.

Sumbangsih Pendidikan

Penghargaan Mitra Pembangunan Jabar untuk AHM juga diberikan atas sumbangsih di bidang pendidikan melalui pengembangan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda di 130 SMK yang tersebar 26 Kabupaten dan Kota di Jabar. Bersama dengan jaringan main dealer sepeda motor Honda wilayah Jabar, PT Daya Adicipta Motora (DAM), AHM memberikan materi ajar teknik sepeda motor untuk siswa, bantuan sepeda motor dan special tools, memberikan training dan sertifikasi untuk para guru, serta menyediakan fasilitas praktek kerja di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di wilayah Jabar.

“Implementasi KTSM Astra Honda ini kami mulai sejak 2010 dan ini sejalan dengan semangat pemerintah yang saat ini dalam menggalakkan pendidikan vokasi dengan mendorong peran dari kalangan industri.”

Saat ini, implementasi KTSM Astra Honda sudah dijalankan di 630 SMK yang tersebar di 30 Provinsi di Indonesia. Sebagai upaya agar para lulusan SMK dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri, AHM mendorong SMK binaannya untuk menjadi SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK). Sebanyak 55 SMK TSM Astra Honda kini telah menjadi SMK TUK.

Selain itu, Pemprov Jabar pun memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap upaya AHM melakukan kampanye keselamatan berkendara untuk berbagai elemen masyarakat dari kalangan siswa, guru, karyawan perusahaan, berbagai komunitas hingga masyarakat umum pecinta sepeda motor Honda. Di Jabar, Kampanye Safety Riding Honda terus dilakukan secara konsisten melalui berbagai metode oleh AHM bersama DAM.

Semangat mewujudkan berkendara yang aman dan nyaman di seluruh Indonesia disambut masyarakat dengan antusias. Tercatat sebanyak 1.976 kegiatan safety riding diikuti 200.065 orang tahun lalu. Selain itu, tercatat sebanyak 1.093.934 orang telah berlatih berkendara dengan baik dan benar dengan menggunakan alat peraga keselamatan berkendara Honda Riding Trainer (HRT).

“Kami ingin menjadi aset yang berharga dan memberikan kontribusi signifikan untuk bangsa ini. Kami berharap dapat terus mendukung Pemprov Jabar maupun provinsi lainnya di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun bangsa yang kita cintai ini,” tutup Muhibbuddin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: