Ayolah lebih Defensive #Cari_Aman

Dari hari ke hari pertumbuhan sepeda motor di Indonesia terus berkembang jumlahnya, sementara fasilitas jalan raya di tambah kebiasaan berkendara yang tidak aman justru cenderung menurun, ini yang menyebabkan korban meninggal dunia akibat kecelakaan di indonesia setiap tahunnya sangat tinggi hingga berada di angka puluhan ribu.

Belajar dari pengalaman, rata-rata pengguna sepeda motor di Indonesia bisa mengendarai motor secara otodidak, sementara sebagian kecil konsumen muda mulai memperoleh pemahaman baru melalui perkembangan informasi di Internet. Banyak sebenarnya yang harus di ketahui sebelum kita memutuskan memiliki sepeda motor, mulai dari memilih sepeda motor yang pas sesuai kebutuhannya, mengenai kenapa harus memiliki SIM, dan yang paling penting adalah bagaimana kita harus melakukan sikap Defensive dan Safety selama berkendara.


Saya cukup apresiasif dengan beberapa perusahaan yang selama ini menekankan pada karyawannya untuk lebih memahami dan belajar Defensive dalam berkendara, baik pada waktu berangkat hingga pulang kerumah. Rata-rata karyawan menjadikan sepeda motornya memang khusus sebagai commuter atau alat transportasi.

Dari beberapa peserta pelatihan traffic safety yang telah mengikuti pelatihan di tempat kerja memang rata-rata telah masuk dalam kategori paruh baya, rentang waktu pengalaman berkendara rata-rata sudah 5-35 tahun. Namun berdasarkan pretest yang kami lakukan, pemahaman tentang defensive dan safety-nya masih sedikit.

Dan inilah yang justru menjadi PR besar, bagaimana seharusnya para pemerhati safety, blogger dan jurnalis menyuarakan sikap defensive dan budaya berlalulintas yang lebih baik. Akhir-akhir ini jika mengikuti perkembangan di dunia maya banyak anak-anak muda yang melakukan speed riding test di jalan raya, atau melakukan Sunmori dengan kecepatan tinggi di jalanan umum, tentu ini sangat berbahaya. Motor kencang bukan untuk ngebut di jalanan umum, skill tingkat mahir bukan berarti harus selalu menang sendiri di jalan, jadi mari kita lebih Defensive dan lebih arif dalam berkendara, apapun jenis motormu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: