Kolaborasi Viar Motor dan Bosch, Hadirkan skuter listrik ramah lingkungan

Jakarta, 15 Mei 2017 – PT Triangle Motorindo (TM), produsen Viar Motor Indonesia, telah melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka, Bosch guna mengembangkan produk terbaru skuter listrik untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Indonesia berdesain simple, modern, efisien, mudah, murah dan bebas polusi. Model purwarupa kendaraan ramah lingkungan dengan nama Viar Q1 ini sudah pernah dipamerkan di booth Viar Motor Indonesia selama berlangsungnya pameran Pekan Raya Jakarta pada 2016 lalu.

Nota kesepahaman antara Viar dan Bosch telah disepakati pada awal 2017. Kerjasama ini dilatarbelakangi oleh kesamaan misi dalam menghadirkan kendaraan bermotor roda dua yang berkualitas dan ramah lingkungan.


Deden Gunawan, Corporate Manager PT Triangle Motorindo sebagai produsen Viar Motor Indonesia menjelaskan bahwa masalah pemanasan global yang saat ini terjadi, ditambah dengan semakin menipisnya cadangan minyak bumi merupakan salah satu alasan perusahaan menghadirkan skuter listrik Viar Q1 untuk masyarakat Indonesia yang juga menginginkan alat transportasi yang mudah, efisien, bebas polusi, minim perawatan, serta biaya operasional yang rendah.

“Kehadiran sepeda motor listrik ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap pemerintah yang menginginkan hadirnya alat transportasi tanpa polusi asap dan tanpa menggunakan bahan bakar fosil, sesuai dengan perpres nomor 22 tahun 2017” papar Deden.

“Dan dengan teknologi yang dikembangkan oleh Bosch menjadi bukti nyata bahwa langkah kami untuk menghadirkan produk yang benar-benar sudah teruji kualitasnya dan juga bersama Bosch kedepannya kami akan menciptakan skuter listrik pintar yang dapat terintegrasi dengan smartphone, sedangkan untuk proses pengembangan dan riset terhadap produk sepeda motor listrik Viar, PT Triangle Motorindo bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada sebagai upaya berkelanjutan guna meningkatkan kandungan lokal dalam sepeda motor listrik ini dan juga alih teknologi” tambah Deden.

Sementara, bagi Bosch, pengembangan komponen motor listrik sudah dimulai sejak 1999, hingga pada 2013 lalu, perusahaan berhasil meluncurkan driving system untuk motor listrik pertamanya. Di kawasan ASEAN, tahun lalu Bosch telah memasok e-Scooter driving system untuk pasar Vietnam, dan merambah Indonesia pada 2017 ini melalui kerja sama dengan PT Triangle Motorindo menghadirkan Viar Q1.

Menanggapi kemitraan tersebut, Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia, menyatakan, “Bosch percaya pada mobilitas yang bersih dan berkelanjutan. Karenanya, kami berkomitmen menciptakan teknologi yang mampu membantu terwujudnya kehidupan yang bersih dan sehat, termasuk menghadirkan komponen motor listrik berkualitas. Menurut studi yang dilakukan oleh Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI), Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor roda dua terbesar di dunia setelah China dan India, dan tentunya menjadi pasar yang potensial bagi Bosch. Kolaborasi bersama PT Triangle Motorindo menjadi bukti keseriusan kami dalam menghadirkan solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Amine.

Setelah dilakukan riset dan pengujian internal selama lebih dari satu tahun, akhirnya di 2017 ini skuter listrik Viar Q1 telah mendapatkan surat izin laik jalan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian. Pemilik sudah bisa mengendarai Viar Q1 di jalan raya karena sudah dilengkapi dengan legalitas berupa Surat Tanda Nomor Kedaraan (STNK) dan Nomor Polisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: