Ajang ‘Kirab 1000 Bendera’ di Event Melawai Bike Week

JAKARTA, 19 Agustus 2017 – Wilayah Jakarta Selatan memiliki sebuah ajang bergengsi terbesar bagi para pencinta kendaraan roda dua dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan segera menggelar ‘Kirab 1000 Bendera’ diajang bertajuk Melawai Bike Week yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2017 pukul 19.00 di kawasan Jalan Melawai Raya, Jakarta.


Terselenggaranya ajang Melawai Bike Week yang mengusung tema Respect Diversity ini adalah ajang berkumpulnya para komunitas roda dua atau yang biasa disebut bike week yang dibuat mewakili citra atau keunikan di tempat berlangsungnya acara. Khususnya di Indonesia yang cukup populer adalah Borobudur Bike Week yang berada di Jawa Tengah, sementara di Jakarta tepat di Jantung wilayah Selatan terdapat kawasan Blok M yang memiliki keunikan serta kelebihan tersendiri salah satunya Jalan Melawai yang berada didalam kawasan tersebut, selain strategis juga sangat popular di era 80an yang merupakan tempat berkumpulnya anak muda dan lintas komunitas pecinta otomotif pada masa itu.

‘Kirab 1000 Bendera’ merupakan salah satu kegiatan yang ada di Melawai Bike Week. Acara yang didukung oleh Bank BJB ini merupakan sebuah event bike week yang sangat melekat dengan kegiatan keliling kota secara bersama-sama, selain menumbuhkan semangat persaudaraan dan juga ada kenikmatan tersendiri saat riding bersama-sama dengan membawa bendera merah putih. Ini merupakan salah satu momen untuk para bikers menunjukkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

H. Tri Kurniadi, DAH, M.Si selaku Walikota Administrif Jakarta Selatan, mengatakan Ajang ‘Kirab 1000 Bendera’ di Event bergengsi Melawai Bike Week merupakan kegiatan awal menuju Asian Games 2018 mendatang untuk pemilihan Melawai sebagai lokasi acara dikarenakan Blok M kedepannya akan menjadi destinasi unggulan di Selatan Jakarta sehingga dengan adanya event ini akan semakin mengangkat Blok M sebagai wilayah yang strategis di Jakarta Selatan.

Setiap gelaran bike week di seluruh dunia, yang sering diadakan selalu dapat menggerakkan sektor pariwisata. Ini yang juga tak luput dilakukan oleh pemerintah saat ini baik pusat maupun daerah sedang menggalakkan industri ini. Jakarta yang merupakan kota urban sehingga selain wisata alam dan budaya tradisional, juga dapat menggali potensi urban culture melalui kegiayan motorcycle festival, sehingga dapat menjadi salah satu wisata alternative yang menarik minat turis khususnya para pencinta kendaraan roda dua baik dari dalam maupun luar negeri

Kegiatan yang menginspirasi lahirnya Melawai Bike Week adalah sebuah keriaan bagi kalangan bikers, semoga dikehadirannya dapat menghidupkan kembali romantisme Lintas Melawai yang legendaries serta dapat memupuk rasa persaudaraan antar komunitas penikmat sepeda motor agar dapat terus tumbuh dengan sehat, serta mengambil peran secara aktif dalam menmbuh kembangkan sektor pariwisata.

President BMW Motorrad Kirab 1000 Bendera, Alfin Mulia Rahman selaku panitia penyelenggara Ajang ‘Kirab 1000 Bendera’ di Event bergengsi Melawai Bike Week mendatang memaparkan, “Melihat suksesnya penyelenggaraan ajang bergengsi bike week ini di negara lain, sangat antusias dan senang Ajang Melawai

Bike Week diadakan di Indonesia selain hobi, juga diperuntukkan untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan Negara. Berawal dari rasa dan keinginan kami untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bertanah air serta kembali mempertemukan semua pencinta motor besar dan dalam merayakan hari bersejarah bangsa Indonesia yang mencetuskan kami membuat gagasan untuk menyatukan bikers dalam kegiatan yang bertajuk Melawai Bike Week. Diharapkan dengan kegiatan bergengsi ini mampu meningkatkan solidaritas dan menunjukkan bila bikers Indonesia juga punya rasa nasionalisme dan patriotisme.

Selain untuk menjaring komunitas bikers, Alfin pun menjelaskan bahwa tujuan utama digelarnya ‘‘Kirab 1000 Bendera’ di Event bergengsi Melawai Bike Week ini adalah untuk menyatukan para penghobi atau komunitas pencinta roda dua khususnya motor besar dan motor klasik dengan mengendarai motor secara bersama-sama merupakan salah satu cara agar kita bisa melepaskan diri dari rutinitas dengan melibatkan diri dalam kegiatan yang menyenangkan dengan melakukan hobi yang bermanfaat sebagai tempat menyalurkan ekspresi, hasrat serta kreativitas sehingga dengan memiiki dan menyukai suatu kegemaran sedikit banyak dapat membantu menghilangkan stress dan meringankan suasana hati.”, tambah Alfin.

Melawai Bike Week kali ini akan mempunyai ciri khas yang belum pernah ada sebelumnya yaitu crossover dari penampilan budaya mancanegara dengan beragam budaya Indonesia sehingga dalam kegiatan ini selain menampilkan music rock n roll juga akan ada pagelaran kesenian seperti tari saman, jaipong, musik calung hingga pertunjukkan debus, ondel-ondel, dan sebagainya. Sementara di belakang panggung akan banyak booth dan tidak ketinggalan show off bike dari builder-builder kebanggaan Indonesia. Puncak dari Melawai Bike Week nantinya para bikers dengan menyalakan lilin akan mengadakan renungan merah putih dan doa bersama dan tepat pukul 24.00WIB kegiatan ini akan diakhiri dengan Kirab 1000 Bendera menuju Kota Tua dan kembali finish di jalan Melawai Raya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: