New Honda PCX 150 dan Penggunaan Harian part #01

Menentukan pilihan pada waktu akan membeli sebuah sepeda motor tentu memiliki beberapa alasan, begitupun waktu saya memutuskan untuk meminang salah satu produk terbaru dari PT. Astra Honda Motor, yaitu New Honda PCX 150 sebuah skutik besar untuk commuter daily use.


Beberapa teman bahkan istri sendiripun bertanya, apa alasan untuk memilih produk ini, padahal skutik yang sekelas sudah ada dan saya gunakan juga untuk harian. Memberikan penjelasan secara lisan tanpa merasakan sendiri experience-nya memang tidak akan klop. Dan supaya lebih objektif saya meminta sebagian besar teman-teman di kantor yang kebetulan memang bidangnya di lingkup Safety dan Defensive Riding untuk mencoba dan menganalisa, apa sebenarnya fitur unggulan dari New Honda PCX ini untuk penggunaan harian. Dan tentu saja sang istri tercinta juga ikut membandingkan dengan skutik satunya dari berbagai sisi supaya mendapatkan jawaban yang lebih real.

Baik, saya akan awali dengan hasil testimoni dari sisi body, style dan kelengkapannya. Memilih dengan pertimbangan bentuk body dan style memang agak subyektif, karena selera seseorang berbeda-beda, menurut si A mungkin bagus tetapi menurut si B tidak, jadi kalau di simpulkan urusan body ini tergantung yang punya, suka beli tidak suka silahkan pilih yang lain, suka semua ya ambil dua-duanya ;). Karena Alhamdulillah memiliki kedua-duanya sekarang maka akan lebih mudah melakukan komparasinya.


New Honda PCX 150 yang di produksi PT. AHM ini memiliki dimensi lebih kecil sedikit di banding dengan Yamaha Nmax, New Honda PCX memiliki dimensi lebih kecil sedikit yaitu (PxLxT) 1.923 x 745 x 1.107 mm sedangkan Yamaha Nmax memiliki dimensi (PxLxT) 1.955 x 740 x 1.115 mm. Spesikasi detilnya coba pembaca lihat di bawah ini :

Spesifikasi Yamaha NMAX 155 2018
Mesin :
Tipe Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas 155cc
Diameter Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Power Max 11.1 kW/8000 rpm
Torsi Max 14.4 Nm/6000 rpm
Pengapian TCI
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Starter Electric stater
Transmsi V-belt Automatic
Bodi
P x L x T 1.955 x 740 x 1.115 mm
Berat Isi 127 kg
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Tinggi terhadap tanah 135 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Kapasitas tangki 6,6 L
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Sub tank suspension
Velg / Ban – 110/70 – 13 M/C 48P (Tubeless)
– 130/70 – 13 M/C 63P (Tubeless)
Rem Depan Single Disc Brake (ABS)
Rem Belakang Single Disc Brake (ABS)
Fitur
Fitur – Variable Valves Actuation (VVA)
– Blue Core
– Double Disc Brake ABS System
– Wide tubeless tire
– New – Inverted LCD Digital Speedometer

Spesifikasi All New Honda PCX 150
Mesin
Tipe 4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Kapasitas 149,3 cc
Diameter X Langkah 57,3 x 57,9 mm
Rasio Kompresi 10,6:1
Sistem Pembakaran PGM-FI
Kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Transmsi Otomatis, V-matic
Bodi
Dimensi (P x L x T) 1.923 x 745 x 1.107 mm
Jarak Terendah ke Tanah 137 mm
Jarak Sumbu Roda 1.313 mm
Kapasitas tangki 8 Liters
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangka Diamond Steel
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Dual Shockbreaker
Ban Depan 100/80 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
Ban Belakang 120/70 – 14 M/C (Tanpa ban dalam)
Rem Depan Cakram (ABS/CBS)
Rem Belakang Cakram (CBS)

Masing-masing spesifikasi pasti telah memiliki kalkulasi rancang bangun sedemikian rupa, baik yang berhubungan dengan handling, braking dan performance. Sebagian pengguna memang banyak yang melakukan custom, misalnya dengan mengganti tapak ban yang lebih lebar atau lebih kecil, efek penggantian ini pasti akan terkait dengan handling, braking dan performance, yang akhirnya juga akan berpengaruh pada Eco Driving.


Untuk handling karena keduanya memiliki ukuran yang besar, berarti jenis skutik ini idealnya bukan untuk entry level. Artinya pengguna motor ini setidaknya sudah memiliki pengalaman berkendara yang baik di jalan raya, biar tidak bikin susah diri sendiri dan orang lain.

Kita kupas dulu masalah handlingnya, setelah mencoba Yamaha Nmax selanjutnya beralih ke New Honda PCX teman-teman saya memberikan testimoni yang hampir sama, New Honda PCX lebih smooth, halus, dan powernya “ngisi” baik untuk wide cornering maupun narrow cornering, berjalan di kecepatan 70-90 KPJ putaran mesinnya sangat halus. Radius setangnya yang lebar membuat New Honda PCX terasa nyaman untuk bermanufer. Suspensinya termasuk lembut jadi tidak perlu di custom untuk yang memiliki bobot badan ringan 50-70 Kg. Penggunaan ring velg 14″ juga cukup memberikan efek kenyamanan di jalan bumbpi.

Dan posisi passenger/boncenger dengan jok yang sedikit lebih panjang dan footstep yang lebar membuat bonger tidak perlu “ngangkang lebar” dan cepat letih, khususnya jika yang di bonceng berbadan kecil.

Kemudian bagaimana dengan Sistem Braking atau Pengeremannya, saya akan ulas lagi di artikel berikutnya ya … tunggu next artikelnya.

Advertisements

Tags:

One response to “New Honda PCX 150 dan Penggunaan Harian part #01”

  1. Ny. Wijaya says :

    Beloknya susah ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: