New Honda PCX 150 dan Penggunaan Harian part #03

Tidak terasa Honda PCX 150 yang saya gunakan segera mencapai jarak tempuh 1.000 KM, dan kali ini saya akan mengulas tentang performa sepeda motor ini karena dengan jarak yang sudah mendekati panjang pulau jawa ini tentu sudah dapat di ulas bagaimana gambaran performanya lengkapnya.


Saya akan sedikit mengulas tentang seperti apa performance Honda PCX 150 ini untuk commutter harian, jadi bukan performance ala balap yang di cantelin race logic. Apalagi dengan data-data speed distance .. ;), saya hanya mengulas Honda PCX 150 dari sisi penggunaan harian secara normal, apalagi motor ini mendekati 1000 KM jarak tempuhnya, dan sudah melakukan service pertama, alasan kenapa saya memilih melakukan services sebelum masuk di jarak tempuh 1.000 KM ? Pertama, untuk motor baru dengan part baru tentu friksi komponen akan cenderung lebih banyak menghasilkan serbuk logam pada endapan olinya, baik di bagian mesin maupun di bagian gear box, hal yang sama juga pernah saya lakukan pada Yamaha Nmax pada waktu masuk di jarak tempuh 500 KM. Jadi dengan penggantian oli lebih awal setidaknya mampu mencuci bagian-bagian yang mengalami friksi/gesekan tersebut, sehingga menjadi lebih licin dan bersih, dan akan membuat mesih juga menjadi lebih awet.


Kira-kira apa yang ada di benak bro/sis dengan mesin 150cc di motor matic harian ? Apa kita mau nyari kenceng seperti di sirkuit ? tentu saja tidak, pabrikan merancang kubikasi mesin 150cc untuk harian tentu karena alasan kenyamanan, … nyaman di kendarai dan nyaman juga di kantong. Saya pernah mencoba beberapa matic bongsor dengan kubikasi cc besar hingga 530 cc ternyata tidak nyaman dengan postur tubuh saya, mungkin saya terlihat lebih gagah, mungkin saya bisa memacunya hingga di atas 150 Kpj di jalan raya, tetapi ada yang hilang yaitu rasa nyaman …

Bagaimana dengan All New Honda PCX 150 ? Performa mesin dengan kubikasi 150cc pada Honda PCX 150 ini rasanya tidak jauh berbeda dengan sepeda motor matic lain di kelas 150cc, sangat ideal untuk commuter / alat transportasi harian baik sendiri atau berboncengan. Selama penggunaan dalam kurun waktu 1 bulan ini torsi Honda PCX 150 telah memenuhi ekspetasi saya, di bawa ketempat kerja, ke mall hingga traveling ke puncak performance-nya cukup mumpuni, tenaganya cukup berisi. Di jalan rata seperti jalan raya Jakarta – Bogor dan jalan raya Parung – Bogor diajak lari dengan kecepatan tinggi di angka 100 Kpj sangat mudah walaupun berboncengan dengan istri, tenaganya terasa mengalir dan suara mesinnya cukup halus.


Pada waktu liburan ke kawasan Puncak Bogor, dengan memilih rute jalan yang memiliki banyak tanjakan seperti rute Bukit Pelangi – Puncak, hingga offroad ke desa Kampung Awan, Honda PCX 150 tidak mengalami penurunan performa, dan yang bikin saya kagum konsumsi BBM nya masih di angka average 41. Performa mesin dengan komposisi tapak lebar ban standar depan 100/80 dan belakang 120/70 saya rasa cukup pas di gunakan untuk harian.

Awalnya saya sempat ragu juga banyaknya perangkat elektronik pada Honda PCX 150 ini, apakah terganggu jika di gunakan pada cuaca yang agak ekstrim. Dan kebetulan pada waktu pulang dari puncak beberapa waktu lalu sempat di guyur hujan yang sangat lebat, ternyata Honda PCX 150 cukup aman di ajak hujan-hujanan dan melewati genangan air pada batas aman (tidak melewati box filter udara). Saya cukup puas dengan Performance, handling dan braking-nya, motor ini pas untuk aktivitas jarak pendek dan menengah. Dan seperti biasa rasanya suatu saat saya harus mengajaknya untuk menempuh jalan yang lebih jauh … di ajak touring lintas propinsi, menapak jejak di sudut Indonesia yang memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Kita tunggu saja …

Advertisements

2 responses to “New Honda PCX 150 dan Penggunaan Harian part #03”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: