HUT ke 3, ROC Bagikan 10.000 Masker

Pandemi yang belum kunjung usai ‘memaksa’ pemilik Honda CMX500 Rebel yang juga konsumen loyal Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) ambil aksi dengan turun kejalan membagikan masker kepada masyarakat umum.

Sebanyak 10.000 masker kain dibagikan anggota Rebel Owner Communuty (ROC) dibeberapa lokasi seputar Jakarta dan Tangerang dan Bogor. Aksi tebar masker yang dilakukan ROC juga dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Pembagian 10.000 masker ini sengaja kami pilih untuk ikut membantu memerangi penyebaran covid 19. Kami melihat kini kesadaran penggunaan masker semakin menurun,” jelas Ketua Umum ROC, Mulyadi Lubis, pekan lalu saat pembagian masker di Jakarta.

Aksi bagi – bagi masker ini juga dilakukan dalam rangka merayakan hari jadi ketiga ROC. perayaan sederhana dengan protokol kesehatan ketat dilakukan di wilayah Bogor ini juga sekaligus diisi dengan pengukuhan 7 orang anggota baru ROC.

“Banyak kegiatan positif ROC yang terpaksa tertunda karena pandemi saat ini. Tapi kami mengaskan bahwa ROC sebagai wadah persaudaraan ini akan tetap berjalan dan dapat berikan manfaat bagi orang banyak,” tutup Mulyadi.

Motor Honda Paling Direkomendasi Masyarakat

Sepeda motor Honda kembali dipilih sebagai sepeda motor yang paling  direkomendasikan bagi pengguna sepeda motor di Tanah Air seiring dengan raihan penghargaan di ajang WOW Brand Award 2020 (4/11). Pencapaian yang diraih PT Astra Honda Motor (AHM) ini mencerminkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap sepeda motor Honda yang senantiasa menemani masyarakat dalam beraktivitas.

Penghargaan WOW Brand Award diberikan untuk merek sepeda motor Honda seiring keberhasilan AHM berhasil meraih penghargaan pada kategori Automotive and Spareparts dengan meraih predikat Gold atau predikat tertinggi. Sepeda motor Honda berhasil meraih nilai tertinggi berdasarkan riset terhadap 34.500 orang di beberapa kota besar di seluruh Indonesia.

Continue reading “Motor Honda Paling Direkomendasi Masyarakat”

Sisihkan 682 Peserta, Inilah Pemenang Kontes Kreativitas Mengajar Otomotif

Hasil jerih payah para tenaga pengajar SMK berkreasi dalam menyiapkan materi ajar membuahkan hasil yang manis. Nama pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020 diumumkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada Senin (26/10). Inilah kompetisi yang diadakan perusahaan untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi di masa pandemi.

Abdul Maukup guru dari SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat juara pertama Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.
Enggar Bayu Saputra guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Jawa Timur juara kedua Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.
Edi Putra Wirawan guru dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta juara ketiga Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020.

Dari 682 SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang tersebar di seluruh Indonesia, terpilih 3 guru dengan kreativitas mengajar terbaik. Juara pertama diraih oleh Abdul Maukup guru dari SMK Negeri 2 Kuripan, Nusa Tenggara Barat, juara kedua didapatkan oleh Enggar Bayu Saputra guru dari SMK Negeri 1 Badegan, Jawa Timur, dan juara ketiga adalah Edi Putra Wirawan dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Para pemenang ini mendapatkan hadiah sebesar Rp 8.000.000,- untuk juara pertama, Rp 6.000.000,- untuk juara kedua, dan Rp 4.000.000,- untuk juara ketiga. Selain itu, seluruh peserta yang lolos ke seleksi nasional juga mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1.000.000,- untuk masing-masing guru.

Continue reading “Sisihkan 682 Peserta, Inilah Pemenang Kontes Kreativitas Mengajar Otomotif”

Kompetisi Video Belajar, Cara AHM Tantang Kreativitas Pelajar SMK Kala Pandemi

Pandemi yang membuat proses belajar dilakukan secara jarak jauh tidak menghentikan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk tetap berkreasi dalam memberikan dukungan kepada dunia vokasi, termasuk dengan menggali kreativitas pelajar SMK. Melalui kompetisi bertajuk Vocational Video Challenge 2020, AHM mengajak seluruh pelajar di 682 SMK mitra binaan untuk berkreasi membuat konten video yang menarik terkait materi ajar yang mereka dapatkan pada kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Seleksi Vocational Video Challenge 2020 dilaksanakan secara berjenjang  dimulai dari seleksi di masing-masing wilayah seluruh Indonesia bekerjasama dengan seluruh jaringan main dealer Honda. Sebanyak 1.203 video berhasil diproduksi dan didaftarkan oleh para peserta ke dalam seleksi regional yang diselenggarakan pada 1-20 Oktober 2020. Konten video belajar berdurasi sekitar 15 menit tersebut terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Continue reading “Kompetisi Video Belajar, Cara AHM Tantang Kreativitas Pelajar SMK Kala Pandemi”

Yayasan AHM Salurkan Beasiswa Pendidikan untuk Belajar di Masa Pandemi

Proses pembelajaran jarak jauh masih terus dijalani oleh pelajar dan para guru selama masa pandemi Covid-19 ini. Untuk membantu menjalaninya, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menyalurkan beasiswa senilai Rp 350 juta kepada 203 pelajar sekolah dan 37 guru yang tergabung dalam Sekolah Satu Hati (SSH) dan para pelajar di Kampung Berseri binaan PT Astra Honda Motor (AHM)

Penyaluran beasiswa dilakukan mulai Kamis (8/10) ke sekolah penerima bantuan yang bertujuan untuk membantu memperlancar proses belajar mengajar secara daring ini. Bantuan dana pendidikan jarak jauh ini dapat dipakai oleh pelajar maupun guru untuk pemenuhan pembelian pulsa, kuota internet dan perangkat pendukung belajar daring lainnya.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan beasiswa pendidikan kali ini diharapkan dapat membantu pelajar maupun guru di Sekolah Satu Hati dalam menjalani proses pembelajaran jarak jauh saat pandemi, baik dari segi finansial maupun material. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Yayasan AHM mewujudkan komitmen dalam berkontribusi di bidang pendidikan dalam rangka menuju Indonesia Maju.

Continue reading “Yayasan AHM Salurkan Beasiswa Pendidikan untuk Belajar di Masa Pandemi”

Kontes Pejajar SMK Binaan Honda Tetap Seru Meski secara online

Menjaga kualitas pendidikan SMK selama masa pandemi, Main Dealer sepeda motor Hond Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati ( WMS) Gelar Astra Honda Motor Best Student 2020  (AHMBS) regional secara daring untuk 56 SMK binaan yang berada di wilayah Jakarta Tangerang, siswa terbaik akan ikut berlaga di tingkat nasional pada akhir Oktober ini.

“Menggagas Indonesia Maju ” merupakan tema yang diusung pada kontes kali ini dengan lima tema kontes yang dilombakan. Adapun tema tersebut adalah Program pendidikan dan budaya, Program kesehatan, Program lingkungan,  Kewirausahaan dan Inovasi teknologi. Kontes daring ini menyaring 56 siswa dan memilih 10 peserta dengan makalah terbaik setelah melakukan pengujian secara online.

“Kontes rutin yang diadakan tiap tahun kali ini berjalan bebeda namun tetap spesial. Meski berjalan secara daring, kami menerima lebih dari 60 makalah dari 56 SMK binaan. Hal ini menunjukan sikap antusiasme siswa yanhg tetap baik meski kondisi saat ini, ” jelas Head of CSR Wahana, Lutfi Hernowo.

Kontes bergengsi tingkat SMK berjalan ketat untuk mendapatkan peserta berkualitas, Wahana mengajak Chief Finance Officer Wahana, Taufik Aluia untuk ikut menjadi salah satu dewan juri presentasi makalah setiap peserta. Setiap kontestan diwajibkan menjelaskan secara detail terkait makalah yang dibuatnya sesuai dengan  lima tema yang disediakan. Selain presentasi, dewan juri berhak mengajukan beberapa pertanyaan kepada setiap peserta kontes.

“Tema kewirausahaan sebagai tema yang paling banyak diminati. Hal ini juga menunjukan semakin terbukanya wawasan siswa SMK terkait rencana pengembangan diri dimasa mendatang, ” tambah Taufik dalam sela-sela penjurian di kantor Wahana Makmur Sejati di Gunung Sahari, Jakarta Pusat Selasa (30/09).

Dengan persaingan ketat, akhirnya dua peserta terbaik berhasil mengungguli kontestan  lainnya. Kedua peserta ini juga akan maju mewakili Jakarta Tangerang ditingkat nasional yang digelar PT. Astra Honda Motor. Kedua peserta tersebut adalah  Eugene Feilian Putra Bangsa dari SMK Taman Siswa 2 dan  juara 21Arif Hidayatullah dan SMK Jaya Buana

Ingin Berkendara Aman, Kenali 120 Potensi Bahaya di Jalan

Banyak sekali hal-hal yang dapat terjadi saat berkendara di jalan raya, mulai dari yang aman hingga berpotensi menimbulkan bahaya bagi bikers. Berdasarkan simulasi berkendara yang dikembangkan dalam Honda Riding Trainer, ada 120 jenis potensi bahaya yang dapat diketahui oleh para bikers untuk mencegah potensi bahaya di jalan raya.

Menurut Johanes Lucky Margo Utomo, Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor, “Para bikers perlu mengetahui apa saja potensi bahaya yang ditemui di jalan dan bagaimana cara mengatasinya. Pengetahuan dan tips ini bisa mengurangi resiko saat berkendara di berbagai kondisi jalan.” Berikut penjelasan dan tips dari tim Safety Riding AHM dalam mengatasi potensi bahaya di jalan raya.

Jenis Potensi Bahaya

Secara garis besar, jenis potensi bahaya di jalan raya terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, potensi bahaya yang terlihat oleh pengendara tanpa perlu diprediksi oleh para pengendara sepeda motor, seperti kendaraan yang berhenti di pinggir jalan atau kondisi mengantuk saat  berkendara.

Selanjutnya, potensi bahaya yang dapat menarik perhatian dan konsentrasi bikers. Potensi bahaya ini belum terlihat akan tetapi sudah memberikan tanda-tanda untuk menarik perhatian, seperti kendaraan lain yang memberikan tanda lampu sein atau kondisi kendaraan yang menggunakan ban sudah aus. Potensi bahaya ini dikategorikan tingkat menengah dan dibutuhkan pengetahuan lebih untuk menanganinya dengan baik.

Continue reading “Ingin Berkendara Aman, Kenali 120 Potensi Bahaya di Jalan”

Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako

Bertepatan dengan peringatan Hari Ozon sedunia, PT Astra Honda Motor (AHM) membagikan 1.000 paket sembako bagi aktivis lingkungan yang terus peduli dan menginspirasi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya. Penyerahan sembako Sahabat Satu Hati Peduli ini secara simbolis diberikan kepada sosok penerima penghargaan Kalpataru 2020, RB Sutarno dari Kampung Proklim RW 01 Sunter Jaya, DKI Jakarta (16/9).

RB Sutarno merupakan aktivis lingkungan yang selama ini menjadi punggawa kepedulian lingkungan di Kampung Proklim binaan AHM di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Dirinya pada 24 Juli 2020 ditetapkan sebagai penerima Kalpataru kategori Pembina Lingkungan oleh Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan berdasarkan SK 302/Men LHK/PSKL/PEG.7/7/2020 tentang Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2020. R.B Sutarno juga berhasil mengantarkan wilayahnya mendapatkan Tropi PROKLIM Nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) pada 2016.

Continue reading “Peringati Hari Ozon, AHM Dukung Aktivis Lingkungan dengan 1.000 Sembako”

Filosofi Desain Helm Pebalap Binaan Astra Honda

Grafis helm para pebalap biasanya mengandung arti atau filosofi tersendiri untuk mengekspresikan diri. Tak terkecuali pelindung kepala para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT). Semua punya arti, dari kebiasaan sejak kecil, rasa nasionalisme, hingga harapan.

Ungkapan nasionalisme memang menjadi bagian paling dominan dari motif helm pebalap AHRT. Warna khas merah dan putih, bahkan gambar burung garuda sebagai lambang negara pun kerap muncul. Seperti terdapat pada helm pebalap Irfan Ardiansyah. Lambang Garuda mendominasi bagian atas helm, sebagai lambang kecintaan terhadap bangsa. Sementara warna dominan merah jambu menandakan kecerahan, kegembiraan dan keceriaan, agar balapan senantiasa dinikmati sebagai sesuatu yang menyenangkan, bukan sebuah tekanan.

Helm Rheza Danica yang membela AHRT di ARRC kelas SS600 juga punya warna dominan merah dan putih yang melambangkan kecintaan terhadap Bangsa Indonesia. ”Selain semangat nasionalisme, warna merah dan putih juga senada dengan livery AHRT. Ada logo huruf ‘R’ sebagai tanda bahwa ini adalah Rheza,” ujarnya.

Continue reading “Filosofi Desain Helm Pebalap Binaan Astra Honda”

Perkaya Kompetensi Siswa SMK, AHM Unggah Video Ajar Vokasi

PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan terobosan baru dalam mendukung aktivitas belajar di rumah melalui kehadiran Video Edukasi Satu Hati untuk siswa-siswi 682 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia. Video ajar ini menjadi komitmen AHM untuk terus berinovasi dalam mendukung terciptanya SDM unggul di bidang vokasi melalui pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.

Video Edukasi Satu Hati hadir untuk memperkaya kompetensi siswa dalam mendalami KTBSM Astra Honda melalui sajian audio visual yang menarik. Video Edukasi Satu Hati ini dibagi menjadi beberapa sesi sesuai penjenjangan kurikulum. Pada tahapan awal, video ajar ini membahas mengenai materi dasar seperti tata cara penggunaan dan pembacaan alat-alat ukur. Materi pembelajaran juga akan terus disesuaikan seiring perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

Continue reading “Perkaya Kompetensi Siswa SMK, AHM Unggah Video Ajar Vokasi”