Cara Wahana Bangun Sikap Kompetisi Karyawan

Beragam cara dilakukan perusahaan untuk meningkatkan team work. Tidak hanya dengan training dan workshop, Wahana Artha Group terapkan cara unik tingkatkan team work yaitu melalui ajang kompetisi olah raga.

‘Pekan Olah Raga Wahana ‘ (POW) adalah kegiatan yang digelar oleh Human Resources Departmen Wahana Artha Group yang bertujuan untuk membangun kebersamaan, sportifitas serta ajang pengakraban diri antar karyawan Wahana yang saat ini berjumlah hingga 1.300 orang. Tahun ini POW merupakan ajang tahun kedua yang telah diadakan dan menurut rencana akan rutin digelar setiap tahun.

“ Tidak hanya training atau workshop baik internal dan eksternal. Olah raga sengaja dipilih untuk jadi satu upaya menumbuhkan rasa kebersamaan dan tentunya kompetsisi yang sportif pada setiap karyawan Wahana Artha Group, “ jelas Head of HR Function Wahana, Selvy Wahyuni. Ditambahkannya kompetisi olah raga ini juga bukti perusahaan mendukung segala bentuk kegiatan positif dan menyehatkan, pasalnya Wahana memfasilitasi beberapa kegiatan olah raga seperti tenis meja, badminton, renang, hingga senam.

POW kali ini membuka cabang olah raga yang dikompetisikan seperti badminton, tenis meja, dan futsal. Berlangsung selama bulan Oktober hingga November, kompetisi berjalan panjang kareana banyaknya jumlah karayawan yang ikut mendaftarkan diri. Tidak hanya diikuti oleh karyawan di kantor pusat Wahana, beberapa cabang dan anak usaha Wahana Artha Group ikut ramaikan lomba dengan hadiah menarik seperti uang jutaan rupian.

Sekedar informasi, dari 1.300 karyawan yang saat ini bekerja di Wahana Artha Group, jumlah tersebut terbagi dari beberapa perusahaan. Adapun perusahaan tersebut adalah Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati, PT. Wahana Artha Ritelindo, PT. Tristar Transindo, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardika. PT. Sahari Multi Investama, hingga PT. Kyochon Indonesia.

“ Bangun kebersamaan dan sikap siap berkompetisi sesuai dengan tema yang diangkat perusahaan tahun ini Be an Adaptive Wahanian,” Tambah Selvy.

Review Honda ADV 150 Setelah 2.000 KM Lebih …

Sejak PT. Astra Honda Motor meluncurkan Honda ADV 150 yang memiliki genre dari Honda ADV750 pasar sepeda motor matic di Indonesia langsung menggeliat, bagaimana tidak motor ini bahkan langsung menjadi trending topik di Indonesia.

Alasan pertama bagi konsumen Honda ADV 150 adalah … “inilah motor nyaman yang pas dengan kondisi jalan di lingkungan kita”.. , baik untuk jalan mulus, jalan tanah, jalan berbatu, jalan naik dan turun dan kenyamannannya masih terasa, apalagi di tambah dengan modelnya yang macho.

Bagaimana setelah Honda ADV150 ini dalam pemakaian di atas 2.000 KM lebih apakah ada perubahan kenyamanan yang signifikan ? Kebetulan unit dari Wahana Honda yang telah menempuh berbagai medan jalan ini sepertinya cukup untuk menjadi acuan singkat sebagai pembanding yang mewakili spesifikasi produk resminya.

Saya kebetulan menggunakannya untuk aktifitas ke kantor, kuliner di sekitar Jakarta dan sedikit offroad di sekitar Kota Depok. Bicara tentang model tak bisa di pungkiri testimoni dari istri langsung suka dengan modelnya yang macho, modelnya lebih keren dan fresh.

Nah, sekarang tentang handling, Honda ADV150 seperti pada waktu pertama kali saya coba handlingnya memang punya sensasi beda, lebih mantab gampang di ajak manuver dan terasa traksi rodanya sempurna di berbagai lintasan jalan. Untuk jalan mulus sepeda motor ini terasa begitu halus, menembus kemacetan Jakarta juga karakter mesinnya halus dan tenaga yang di hasilkan tetapi “ngisi” dari putaran bawah hingga putaran atas.

Saya merasakan motor ini akan menjadi favorit penikmat turing yang suka berpetualang bersama komunitasnya, karena handling untuk sendiri maupun berboncengan terasa sangat nyaman. Hal yang sempat di nilai kurang oleh istri adalah tinggi jok belakangnya, … ini sih tinggi jok kelas Moge … naiknya harus menggunakan gaya motor turing.

Bagaimana jika Honda ADV150 di pergunakan untuk motor harian kaum hawa ? untuk sang istri yang tingginya semampai … “ogah jinjit balet terus 🙂 “, meskipun sering lihat ibu-ibu tetangga tiap hari mengantar anaknya sekolah menggunakan Honda ADV150. Istri tetap lebih cinta sama PCX150 putihnya ..

Bicara soal konsumsi BBM iritnya tidak usah di ragukan, dengan model Honda ADV150 yang bongsor ini ternyata konsumsi BBM untuk harian terbilang sangat irit, ongkos naik kendaraan umum ke kantor sehari jika di belikan BBM untuk Honda ADV150 bisa di gunakan hingga 4 hari.

Sebagai penutup, Honda ADV150 secara keseluruhan memang lebih cocok dengan karakter cowok, nuansa petualangannya sangat kental. Pas buat hunting spot foto yang indah-indah yang biasanya memang harus masuk kampung keluar kampung … pas juga untuk di bawa ke kantor dan menjadi perhatian orang … ;). Setelah menempuh jarak hingga 2000 KM motor ini tetap dalam kondisi prima, kuncinya adalah perawatan rutin. Dan tentu saja memiliki sepeda motor yang menjadi pilihan akan lebih sempurna kalau itu bisa memberikan kebahagiaan untuk keluarga, jadi nikmatilah.

Galeri Foto :

Antusiasme Bikers Honda Regional Sambut Pesta Akbar HBD 2019

Anstusiasme bikers untuk memperkokoh solidaritas dan memelihara semangat berbagi, tergambar jelas dalam rangkaian Honda Bikers Day (HBD) regional di tiga wilayah, yakni Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Berbagai komunitas sepeda motor Honda melebur untuk bersiap mengikuti HBD nasional 2019 yang akan diadakan pada 30 November di Ambarawa, Jawa Tengah.

Total bikers yang menyemarakkan HBD regional tahun ini mencapai 7.708 peserta. Tak kurang dari 2.606 bikers mengunjungi HBD regional Sumatera pada 5 Oktober lalu di Lapangan Bandar Purna MTQ Pekanbaru. Kemeriahan berlanjut, 2.508 bikers berkumpul di HBD regional Kalimantan pada 12 Oktober di Lapangan Merdeka Balikpapan. HBD regional diakhiri di pulau Sulawesi, 2 November, di Lapangan Kodim Rantepao 1414 Toraja Utara, dihadiri 2.594 bikers.

Selain membangun silaturahmi dan menjadikan HBD sebagai “rumah keberagaman” untuk berkumpul serta menjalin persaudaraan solid yang menjadi kebanggaan bangsa (Pride of The Nation), bikers yang datang ke HBD regional juga memberikan kontribusi positif untuk masyarakat dengan kegiatan bertajuk #BERKAH atau ”Berbagi Rasa Komunitas Astra Honda”.

Continue reading “Antusiasme Bikers Honda Regional Sambut Pesta Akbar HBD 2019”

Cara Honda ‘Rangsang’ Kreatifitas Komunitas

Sejalan dengan gaya skutik Honda Genio yang angkat tema casual fashionable, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) gelar Genio Color Custom.

Diikuti ratusan anggota komunitas skutik yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ini, Wahana kenalkan beragam produk kreatif yang akrab dengan dunia anak muda seperti kolaborasi Never Too Lavish dengan artisan Customizer and Street Art Culture yang berasal dari luar Jakarta, dituangkan dalam sebuah jaket dan sepatu.

” Buka wawasan komunitas skutik Honda, Wahana sengaja ajak hadiri festival industri kreatif yang dapat jadi masukan bagi komunitas,” papar PIC Community Development, Agus Sigit.

Continue reading “Cara Honda ‘Rangsang’ Kreatifitas Komunitas”

Yayasan AHM Gelar Kompetisi Film Pendek Keselamatan Berkendara

Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama Astra Motor Jawa Tengah kembali menularkan virus keselamatan berkendara melalui kegiatan Kompetisi Film Pendek Keselamatan Berkendara. Kali ini YAHM membekali 250 generasi muda Solo tepatnya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta (24/10).

Kompetisi film pendek ini hadir sebagai upaya berkesinambungan YAHM menyebarkan kesadaran aman berkendara di kalangan generasi muda. Para peserta ditantang untuk membuat film pendek berdurasi 3-5 menit yang menunjukkan pesan kepedulian akan perilaku taat berkendara di jalan raya. Tahun ini, YAHM mengangkat tema besar berdasarkan kearifan lokan Alon-Alon Waton Move On atau yang bisa diartikan biar pelan asal selamat atau selalu waspada dalam berkendara. Melalui tema ini, para peserta didorong untuk melibatkan kearifan lokal pada film pendek yang mereka buat.

Continue reading “Yayasan AHM Gelar Kompetisi Film Pendek Keselamatan Berkendara”

Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Hingga saat ini, IRSA telah berada di tahap Sharing Session. Acara yang diadakan di Gedung Kementerian PPN/Bappenas ini, mengangkat tema Konsep Smart City Pada Perspektif Keselamatan Jalan yang Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living.

Keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya adalah sebuah hal yang perlu perhatian secara khusus dan menjadi tanggung jawab bersama, apalgi jika melihat pada tingginya pertumbuhan penduduk pada suatu kota otomatis meningkatkan kebutuhan mobilitas dari penduduk dan secara nyata meningkatkan jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang kemudian diikuti dengan permasalahan lainnya. Adapun beberapa permasalahan yang muncul karena tingginya angka pertumbuhan penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi di suatu wilayah diantaranya yaitu kemacetan (traffic), keselamatan (safety), efisiensi (efficiency) dan polusi udara (polutan).

Dalam memecahkan permasalahan-permasalahan ini, saat ini pemangku kepentingan suatu kota harus dapat merumuskan suatu konsep pergerakan penduduk yang efisien dan terintegrasi atau smart mobility yang akan sangat berguna mendorong pertumbuhan ekonomi suatu kota. Secara teknis, konsep Smart Mobility adalah model pergerakan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi yang utamanya adalah transportasi umum yang terintergrasi, aman, berkeselamatan, dan nyaman.

Selain itu, harus diikuti pula dengan konsep masyarakat yang memiliki kualitas yang terukur dan memiliki budaya berkeselamatan selama di jalan atau Smart Living. Kedua hal ini saling terhubung dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Fenomena inilah yang diangkat sebagai topik Sharing Session Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Sharing Session IRSA merupakan forum diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019 dengan instansi terkait jelang penentuan ajang penghargaan IRSA 2019.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance mengungkapkan, “Sharing session ini merupakan bagian dari perjalanan penyelenggaraan IRSA sejak 7 tahun lalu. Tentunya kami sangat antusias dapat menyediakan forum bagi para Finalis dan Para pakar di bidang keselamatan untuk saling berbagi program kebijakan dalam menekan angka kecelakaan dan fatalitasnya. Sehingga hasil dari forum ini dapat dijadikan referensi untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di wilayahnya.”

Tidak hanya berhenti sampai disini, para Finalis akan melakukan city tour untuk melihat secara langsung seperti apa penerapan smart mobility yang ada di PT. Transjakarta dan Korlantas Polri untuk mendukung smart living yang aman, selamat, dan nyaman. Kedua hal ini yang coba diwujudkan oleh Ibukota Provinsi untuk menerapkan smart city dalam tata kelola keselamatan jalan.

“Dengan adanya sharing session ini, menjadikan IRSA yang tidak hanya sekedar penghargaan melainkan mampu merangkul berbagai pihak untuk saling bersinergi mewujudkan zero accident di Indonesia serta dapat memberikan solusi permasalahan kota dan kabupaten finalis IRSA dalam hal penerapan smart mobility dan smart living dalam kontekstual smart city di wilayahnya masing-masing,” ungkap Julian.

Continue reading “Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living”

Ratusan ‘Penggemar’ CBR Jadi Saksi juara Dunia

Ratusan komunitas CBR Jakarta dan Tangerang jadi saksi kemenangan ‘mutlak’ pebalap Repsol Honda menjadi pemegang juara dunia 2019 pada seri Motegi, minggu lalu. Sontak, sebuah cafe dibilangan Kemang, Jakarta Selatan riuh dengan kegembiraan anggota komunitas.

Kegiatan bertema Nonton Bareng MotoGP Bareng Fox Sport Indonesia Seri Motegi Japan, Minggu (20/10). Dihadiri ratusan anggota komunitas yang berasal dari CBR Riders Jakarta, Honda CBR Indonesia (HCI), CBR Owner (Crow) Tangerang, CBR Tangerang Club (CBR TAC) Honda CBR Tangerang (HCT) dan anggota komunitas lainnya yang

Continue reading “Ratusan ‘Penggemar’ CBR Jadi Saksi juara Dunia”

Wahana Artha Group, Kenalkan Linis Bisnis dengan Cara Unik

Spesial dan unik’ itulah cara Wahana Artha Group kenalkan jajaran perusahaannya kepada rekan jurnalis, blogger dan vlogger. Tidak sekadar kunjungan, kali ini Wahana perkenalkan jajaran anak perusahaan yang tergabung dengan pelaksanaaan turing.

Dimulai sejak Jumat (18/10) sebanyak 20 peserta yang terdiri dari jurnalis, blogger dan vlogger memulai kegiatan dengan tema ‘ADV150 Journalist, Blogger and Vlogger Fun Rally Touring and Wahana Bussines Knowledge‘ dari kantor pusat Wahana Artha di Jl. Gunung Sahari 32, Jakarta Pusat. Menggunakan skutik premium Honda ADV150, rombongan turing memulai perjalanan menuju titik pertama yaitu Dieng.

Tidak hanya berplesir, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencoba performa skutik Honda ADV150. Rute yang disusun oleh tim Safety Riding Promotion (SRP) Wahana lengkap menyuguhkan rute yang dapat membuktikan kemampuan dan performa Honda ADV150. Mulai dari jalanan padat khas ibukota menyusuri jalur utara Jawa, Honda ADV150 juga diajak melahap tikungan tajam, naik dan turun menuju Dieng melalui jalur Kajen, Jawa Tengah.

Continue reading “Wahana Artha Group, Kenalkan Linis Bisnis dengan Cara Unik”

Wujudkan SDM Unggul, AHM Gelar Kompetisi Siswa dan Guru SMK se-Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) menguji keterampilan siswa serta para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaan melalui gelaran kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019. Melalui kompetisi ini AHM berupaya melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap berkontribusi memajukan pendidikan vokasi sekaligus siap berkompetisi di dunia industri.

Bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer sepeda motor Honda di 34 provinsi di  Indonesia, kompetisi di bidang vokasi industri ini mengusung tema “Satu Hati Wujudkan SDM Unggul“. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kompetisi yang telah diselenggrakan selama satu dekade, AHM memperluas kategori peserta dengan menyelenggarakan kompetisi khusus guru SMK. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 23.371 siswa dan 422 guru dari total 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Tanah Air.

Para peserta mengikuti kompetisi uji kompetensi mulai dari tingkat sekolah, berlanjut ke jenjang regional yang diadakan oleh main dealer sepeda motor Honda pada periode Januari-Agustus 2019. Puncaknya, sebanyak 40 siswa terbaik dan 27 guru terbaik yang merupakan perwakilan dari 27 main dealer sepeda motor Honda berkompetisi di tingkat nasional yang diadakan oleh AHM pada 14-17 Oktober 2019 di Jakarta.

Tahap penilaian pada kontes ini terdiri dari tahap pengujian secara tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan para siswa dan guru terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda. Selain itu, para peserta juga diuji secara praktek untuk keterampilan dalam menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta trouble shooting sepeda motor Honda. Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi pedagogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 merupakan bagian dari upaya AHM dalam berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan vokasi industri SMK binaan Astra Honda di Indonesia.  Ajang kompetisi ini diharapkan dapat membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang terampil menguasai perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia, serta mempertajam kemampuan dan pengetahuan teknik para tenaga ajar di SMK.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya pendekatan komprehensif kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua. Kami sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda di SMK mitra binaan dan kompetisi ini kami harapkan bisa menjadi sarana mengalibrasi penguasaan para guru dan siswa SMK terhadap materi yang kami sampaikan. Harapan kami dengan program ini akan lahir SDM unggul yang berdaya saing, baik untuk bekerja di industri atau menjadi wirausaha mandiri,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

Continue reading “Wujudkan SDM Unggul, AHM Gelar Kompetisi Siswa dan Guru SMK se-Indonesia”

Masuki Satu Dekade Kompetisi SMK, AHM Konsisten Cari Siswa dan Guru Berprestasi

Sebagai wujud konsistensi berkontribusi di dunia pendidikan, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar kompetisi Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School. Memasuki penyelenggaraan ke 10, melalui kompetisi ini AHM tak hanya mencari siswa terbaik tapi juga tenaga pengajar terbaik dari SMK binaan Astra Honda di seluruh Indonesia.

AHSC for Vocational School 2019 akan digelar 14-17 Oktober yang diikuti 40 siswa terbaik dari 23.371 siswa dan 27 guru terbaik dari 422 guru dari berbagai wilayah di Tanah Air. Sebelum berkompetisi di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh AHM, para peserta ini telah mengikuti berbagai tahap seleksi terlebih dahulu di tingkat sekolah dan tingkat regional seluruh Indonesia yang telah dimulai sejak bulan Januari-Agustus 2019. Pada tahap seleksi di tingkat regional, AHM bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda dari 34 provinsi di Indonesia untuk mencari siswa serta guru terbaik dari 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. 

Continue reading “Masuki Satu Dekade Kompetisi SMK, AHM Konsisten Cari Siswa dan Guru Berprestasi”