Honda Modif Contest 2021 Digelar, Jawab Antusiasme Modifikator Tanah Air

Kreatifitas modifikator sepeda motor di Tanah Air kembali diwadahi dalam ajang kreasi Honda Modif Contest (HMC) 2021. Sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi, pelaksanaan HMC 2021 yang diinisiasi PT Astra Honda Motor (AHM) ini dilakukan secara virtual dengan mengajak lebih dari 600 modifikator berbakat dari seluruh Indonesia.

Para modifikator berbakat Tanah Air dapat melakukan registrasi melalui website www.astra-honda.com/hondamodifcontest. Peserta dapat mengirimkan foto hasil karya modifikasi dari sepeda motor Honda kesayangannya selama periode 27 September – 31 Oktober 2021. Sepeda motor hasil modifikasi para peserta pun akan ditampilkan secara virtual pada 8 Oktober – 3 November 2021 di microsite welovehonda dan sosial media Hondamodifikasi. Tahap selanjutnya, pemenang regional akan diumumkan melalui sosial media Hondamodifikasi pada tanggal 4 – 16 November 2021. Seluruh pemenang regional mendapatkan kesempatan maju ke putaran final battle pada 4 Desember 2021.

Continue reading “Honda Modif Contest 2021 Digelar, Jawab Antusiasme Modifikator Tanah Air”

Helm Tepat, Berkendara Makin Nikmat

Meski kecil namun sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Tanpa ‘dia’ nyawa menjadi pertaruhan saat bersepeda motor. Saking pentingnya, benda ini jadi perlengkapan vital berkendara dalam undang-undang lalu lintas. Itulah Helm, jangan sepelekan benda ini saat berkendara motor.

Tidak hanya semata sebagai alat transportasi, kini sepeda motor telah menjadi bagian gaya hidup bahkan mempertegas kelas sosial pengendaranya. Selain ‘tunggannya’, penikmat kendaraan roda dua juga melengkapi diri dengan perlengkapan wajib berkendara, Helm. Tidak hanya sekedar melindungi kepala, penggunaan helm kini juga ikut menjadi identitas pengendara motor.

“Helm adalah bagian penting berkendara motor. Penggunaan helm kini makin baik, bahkan helm miliki unsur-unsur yang dapat mempertegas pengendara motor. Tidak hanya bentuk unik, helm dengan harga hingga jutaan rupiah kini lazim ditemui di jalanan,” jelas Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani.

Agus Sani menambahkan, pemilihan helm yang tepat juga jadi satu faktor pendukung keselamatan berkendara. Untuk itu, diperlukan pemahaman terkait pemilihan helm bagi pengendara mulai dari mencocokan dengan jenis motor, tujuan penggunaan, hingga pemilihan jenis sesuai tujuan berkendara seperti turing, off road ataupun harian. Dengan pemilihan yang tepat, selain keselamatan dipastikan kegiatan bersepeda motor akan makin nyaman.

Berikut jenis helm mulai dari jenis hingga peruntukan penggunaan.

1.           Full face

Sesuai dengan namanya, helm ini menutup sempurna bagian kepala hingga wajah. Dipastikan helm ini maksimal melidungi kepala dan wajah saat terjadi kecelakaan. Helm jenis ini biasa digunakan pengendara motor sport yang identik dengan kecepatan.

Menutup kepala, wajah dan sebagaian leher, helm ini juga pilihan terbaik berkendara jauh. Jenis helm ini juga memiliki pelindung bagian rahang, dagu dan pipi. Desain full face terkadang tidak disukai oleh seluruh pengendara motor karena sifatnya yang tertutup full, terkesan pengap dan panas. Namun beberapa pabrikan kini telah berikan perubahan pada sistem ventilasi yang lebih baik sehingga lebih nyaman digunakan. Helm full face memiliki fans tersendiri, khususnya penggila balap. Banyak pilihan dipasaran yang dapat diperoleh mulai dari kelas menengah hingga mewah sekelas pebalap MotoGP.

2.           Modular

Setipe dengan Full Face, Helm jenis modular juga menutup seluruh bagian kepala dan wajah. Perbedaan terdapat pada pembukaan helm bisa dilakukan dari bagian dagu hingga wajah sehingga mempermudah kegiatan telepon ataupun sekedar minum saat perjalanan.

Helm ini juga jadi salah satu favorit penggemar turing semi off road banyak dikenakan oleh penggemar sepeda motor jenis Adventure seperti Honda Africa Twin dan CRF250 Rally atau Honda CB500X. Helm modular biasanya agak lebih berat dibandingkan dengan helm pada umumnya, sehingga helm ini sering dihindari oleh pengendara untuk aktifitas harian.

3.           Open Face

Open berarti terbuka, maka jenis helm ini memiliki bagian yang terbuka. Meski melindungi bagian kepala, bagian wajah menjadi rentan cedera saat kecelakaan terjadi. Meski demikian, pengendara motor dengan selera old school, custom, dan klasik sering memilih helm ini guna mempertegas identitas pengendaranya.

Agus Sani tidak menyarankan penggunaan helm ini untuk kegiatan turing dan offroad. Tidak hanya berkesan santai, keselamatan dan kenyamanan pengendara jadi alasan utamanya. Disarankan, pengendara dapat menetukan dengan bijak penggunaan helm ini dalam penggunaannya. Untuk aktifitas harian helm ini jelas lebih simpel.

4.           Off Road

Memiliki bentuk paling beda dengan ketiga tipe helm diatas, helm off road jelas diperuntukkan penggemar ‘trabas’ alias trail.

Masuk dalam kategori full face, namun pada bagian wajah, pelindung bagian mulut lebih maju dan menggunakan google sebagai pelindung mata dan sebagian wajah. Helm off road pada bagian sisi kanan dan kirinya terlihat lebih ramping, serta terdapat pelindung yang lebih panjang di bagian depan untuk melindungi dari terik matahari. Karena peruntukan yang lebih dikhususkan untuk kegiatan trail, helm ini dipastikan tidak nyaman untuk berkendara harian ataupun turing motor sport.

Dari beragam tipe helm diatas, masih ada beberapa unsur pada helm yang juga mempengaruhi faktor kenyamanan berkendara. “Kaca helm, adalah bagian yang tidak bisa disepelekan. Pemilihan kaca bening atau gelap juga perlu dapatkan perhatian untuk menentukan waktu berkendara terang atau gelap,” tambah Agus.

Selain itu, perkembangan perlengkapan berkendara terutama helm terus mengalami banyak kemajuan dalam rangka berikan kenyamanan berkendara. Salah satunya solusi atasi kabut atau fog pada saat hujan dan penambahan alat komunikasi antar pengendara yang ‘doyan’ turing meningkatkan faktor keselamatan berkendara.

Setelah mengenal berbagai jenis helm tadi, anda pasti sudah tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tetap gunakan helm saat berkendara karena keselamatan adalah hal yang paling utama.

Yayasan AHM Berdayakan UKM untuk Tingkatkan Imun Nakes

Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mendonasikan Paket Imun bagi para tenaga kesehatan di 13 rumah sakit wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat dengan menggandeng Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam memproduksi makanan dan minuman berkandungan gizi tinggi.  Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus membantu menjaga kesehatan para tenaga kesehatan yang terus berjuang dan berdedikasi penuh dalam penanganan pasien Covid-19 selama pandemi.

Paket imun dibagikan secara bertahap di beberapa titik pada periode 6-11 September 2021. Paket yang membantu meningkatkan imun tubuh para tenaga kesehatan terdiri dari buah lokal, madu, susu, teh herbal, granola siap saji, dan cemilan sehat. Hal ini juga menjadi langkah dukungan kepada pebisnis lokal yang terdampak secara ekonomi selama pandemi.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan Paket Imun menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap dedikasi tenaga kesehatan dalam bertaruh nyawa menolong para pasien Covid-19. Dukungan ini diharapkan turut menginspirasi banyak pihak untuk melakukan hal yang serupa, sehingga mereka yang berada di garda terdepan kesehatan ini dapat selalu siaga dan sehat dalam memberikan layanan medisnya.

“Selain bermanfaat meningkatkan imun para tenaga kesehatan, paket ini juga diharapkan menjadi penyemangat para pelaku bisnis UKM dan brand lokal yang terdampak pandemi. Semoga semangat sinergi dan saling mendukung ini bisa terus berlanjut sebagai kontribusi pada ketangguhan bangsa di masa yang menantang ini,” ucapnya.

Paket Imun diberikan di beberapa wilayah sekitar perusahaan seperti wilayah Sunter dan Pegangsaan, Jakarta Utara. Paket Imun dibagikan ke RSUP Persahabatan, RSI Jakarta Cempaka Putih, RSUD Kecamatan Tanjung Priok, RS Sukmul Sisma Medika, RSUD Koja, RSI Jakarta Sukapura, Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, dan Puskesmas Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Di sekitar AHM Plant Cikarang, Jawa Barat, Paket Imun dibagikan di RSUD Kabupaten Bekasi dan Puskesmas Danau Indah. Sementara itu, di lingkungan AHM Plant Karawang, paket untuk tenaga kesehatan ini dibagikan di RSUD Karawang, RS Khusus Paru Kabupaten Karawang, dan Puskesmas Cikampek.

Paket Peduli Isoman

Yayasan AHM tak hanya memberikan bantuan untuk tenaga kesehatan. Sepanjang Juli dan Agustus, sebanyak 5.605 Paket Peduli Isoman dibagikan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dan berdomisili di sekitar perusahaan. Paket Peduli Isoman ini sebagai bentuk dukungan bagi para warga yang terinfeksi virus Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri.

Dukungan diberikan dalam bentuk paket makan siang selama 5 hari berturut-turut di 20 wilayah dengan harapan bisa memberi sokongan gizi maupun psikologis agar mereka termotivasi untuk segera sembuh. Dalam penyediaan paket, Yayasan AHM bekerjasama dengan beberapa UKM kuliner yang juga terdampak oleh pandemi. Di wilayah AHM Plant Sunter, paket makan siang dibagikan di RW -1 Sunter Jaya, RW 09 Sunter Jaya, RW 11 Sunter Jaya, RW 04 Kelapa Gading Barat, dan RW 13 Jatinegara Cakung.

Warga Desa Danau Indah di sekitar AHM Plant Cikarang juga mendapatkan paket makan siang ini. Di sekitar AHM Plant Karawang, paket dibagikan di Desa Kalihurip, Desa Dawuan Barat, Desa Dawuan Tengah, Desa Dawuan TImur, Desa Cikampek Selatan, Sentra Vaksin Kecamatan Cikampek, Sentra Tim Pemakaman dan Pemulasaran, dan Puskemas Cikampek.

Paket ini juga diberikan sebagai bentuk simpati kepada tim tenaga kesehatan di RSI Jakarta Sukapura. RSUD Koja, RSI Jakarta Cempaka Putih, RS Sukmul Sisma Medika, dan RSUD Tanjung Priok serta kepada para penggali kubur untuk jenazah covid-19 di TPU Rorotan Jakarta Utara.

Wahana Dukung Vaksinasi Ditlantas Dengan Ribuan Paket Sembako

Dukung kegiatan vaksinasi yang dilakukan Ditlantas Polda Metro Jaya, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) berikan ribuan paket sembako untuk masyarakat setelah vaksin.

Lewat kegiatan ‘Vaksinasi Merdeka’ yang digelar Ditlantas Polda Metro Jaya sepanjang Agustus ini, Wahana donasikan 1.000 paket sembako untuk peserta yang hadir. Selain bentuk dukungan Wahana pada kegiatan lawan pandemi dengan vaksin ini, Wahana yakin donasi bisa tersalurkan lebih baik kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya yang terdampak langsung kebijakan pembatasan mobilitas yang sedang berlangsung.

“Mendukung semangat Ditlantas Polda Metro Jaya, kami lengkapi kegiatan vaksin dengan pemberian paket sembako. Kami harap donasi ini bisa tersalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, atau secara ekonomi terimbas pembatasan mobilitas,” papar Group Head of Corcomm Wahana, Diana Anggraini. Ditambahkannya, dukungan ini juga bentuk apresiasi kepada Ditlantas Polda Metro Jaya yang selama ini menjadi bagian penyebaran edukasi safety riding.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo berikan respon positif donasi ini. Pada beberapa waktu yang lalu di Jakarta, Sambodo ikut turun tangan memberikan paket sembako kepada peserta vaksin. Dia berharap kegiatan ini dapat berikan banyak manfaat kepada masyarakat yang terkena dampak pengetatan mobilitas. Masyarakat banyak yang kesulitan untuk mencari nafkah, sehingga sembako ini dapat membantu meringankan biaya kebutuhan pokok sehari-hari.

Ditlantas Polda Metro Jaya merupakan rekan aktif Wahana yang gencar lakukan edukasi safety riding kepada berbagai golongan masyarakat. Kesamaan visi ciptakan jalan raya yang lebih aman untuk semua serta lahirkan perilaku berkendara yang bertanggung jawab jadi landasan semangat edukasi ini.

RAB telah menyalurkan beragam bantuan, mulai dari uang tunai, alat pelindung diri petugas kesehatan, hingga alat kesehatan kepada berbagai rumah sakit, yang total nilainya lebih dari Rp 88,5 miliar sejak awal pandemi 2020 silam sebagai bentuk dukung pemerintah lawan Covid-19.

AHM Salurkan 1.100 Paket Merdeka Peduli Masyarakat

PT Astra Honda Motor (AHM) mendistribusikan 1.100 paket bantuan kepada veteran perjuangan serta keluarga yang sedang menjalankan isolasi mandiri di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat serta wilayah mitra binaan pada Senin (16/08). Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi untuk para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia serta upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan kesehatan dan ekonomi selama masa pandemi.

Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, AHM memberikan “Paket Merdeka Peduli Masyarakat” berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan terigu kepada veteran perjuangan. Bantuan juga diberikan kepada pada pedagang kaki lima, pekerja informal, petugas pemakaman.

Kegiatan pembagian sembako ini merupakan rangkaian bantuan tahap ketiga yang dilakukan AHM dalam sebulan terakhir, setelah sebelumnya menyalurkan 1.100 Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis wilayah Karawang serta bantuan 42 hewan qurban saat menjelang Idul Adha 1442 H untuk 8 area wilayah DKI Jakarta dan 13 area di Jawa Barat.

Continue reading “AHM Salurkan 1.100 Paket Merdeka Peduli Masyarakat”

Wahana Gabung Kolaborasi Pengusaha Indonesia Singapura Lawan Covid-19

Masih terkait gerakan dukung pemerintah lawan pandemi di Indonesia, Wahana Artha Group (WAG) berkolaborasi dengan beberapa perusahaan besar mendonasikan ribuan alat penghasil oksigen.

Melalui Temasek Foundation Singapura, Wahana dengan 18 perusahaan lain pada Kamis (12/8) lalu hadiri acara penyerahan donasi yang digelar online oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) untuk Singapura dalam menyalurkan bantuan ke berbagai rumah sakit yang membutuhkan di tanah air dalam bentuk 12.505 unit Oxygen Concentrator serta 6.000 nasal cannulas.

Pada kesempatan ini WAG mendonasikan 60 unit Oxygen Concentrator senilai kurang lebih 700 juta Rupiah. Donasi ini selanjutnya diharapkan akan membantu berbagai rumah sakit di Indonesia yang selama ini sangat kesulitan pasokan oksigen untuk tangani pasien Covid-19.

“Wahana ucapkan terima kasih telah menjadi bagian dari gerakan ini dan memastikan kontribusi ini dapat tersalurkan bagi yang sangat membutuhkan di Indonesia,” papar Group CEO Wahana Artha, Robbyanto Budiman disaksikan seluruh donatur dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo.

Continue reading “Wahana Gabung Kolaborasi Pengusaha Indonesia Singapura Lawan Covid-19”

Kuatkan Kualitas Pengajar, AHM Gelar pelatihan Pedagogi Bagi Guru

Sebagai langkah penguatan kompetensi mengajar pada guru, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar pelatihan teknik mengajar (Pedagogi) bagi para guru SMK binaan di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya AHM untuk turut menjaga semangat tenaga ajar, khususnya bagi SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Dalam program pelatihan Pedagogi yang dilaksanakan pada 12 – 13 Agustus 2021, sebanyak 81 guru mendapatkan berbagai ilmu seputar pengetahuan dan kemampuan untuk mendidik, serta cara menyelenggarakan program pembelajaran yang efektif kepada para siswa SMK. Pada hari pertama, para peserta guru mendapatkan materi dasar berupa Be A Great Trainer yakni pengetahuan dasar-dasar menjadi seorang pengajar seperti sapa, salam dan kemampuan dasar di depan kelas.

Setelah mendapatkan ilmu dasar mengajar, para guru mendapatkan materi Impactful Online Class Trainer yaitu membuat proses mengajar lebih menyenangkan dengan cara mengajar yang menarik untuk para siswa didik. Pelatihan dilanjutkan dengan materi persiapan kelas seperti mempersiapkan materi, mempersiapkan alat dan bahan mengajar serta kebutuhan mengajar dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa.

Continue reading “Kuatkan Kualitas Pengajar, AHM Gelar pelatihan Pedagogi Bagi Guru”

SDM Dealer dan AHASS Wahana 100 Persen Tervaksin

Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) berikan rasa aman konsumen dengan melakukan 100 persen vaksinasi seluruh SDM layanan Dealer dan bengkel resmi se Jakarta Tangerang.

Selain sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah lawan Covid-19, Wahana juga pastikan keamanan kesehatan dengan melakukan vaksinasi seluruh SDM jaringan Dealer dan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta Tangerang. Hal ini dilakukan guna memberikan layanan yang maksimal untuk konsumen setia Honda.

“Demi layanan terbaik seluruh SDM 114 Dealer dan 318 AHASS telah dapatkan vaksin yang telah di fasilitasi langsung oleh wahana selaku main Dealer Honda di Jakarta dan Tangerang,” tegas Diana Anggraini, Group Head of Corcomm and CSR Wahana.

Wahana telah menetapkan vaksin adalah hal wajib bagi seluruh SDM yang melayani kebutuhan konsumen. Tidak hanya PIC atau pemilik Dealer dan AHASS, Front Line People hingga Mekanik dipastikan telah melakukan vaksin yang telah dijalankan Wahana sejak awal Juni.

Continue reading “SDM Dealer dan AHASS Wahana 100 Persen Tervaksin”

AHM Kembali Salurkan Bantuan di Masa Pandemi

Melanjutkan program berbagi untuk masyarakat di masa pandemi, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggulirkan aktivitas berbagi dengan menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD), puluhan hewan kurban, serta membagikan paket sembako yang dilaksanakan pada Juli hingga Agustus 2021. Program ini menjadi bagian dari upaya perusahaan mendukung kinerja tenaga medis serta meringankan beban masyarakat dalam menghadapi tantangan kesehatan dan ekonomi yang kurang baik di masa pandemi.

Kegiatan penyaluran bantuan ini merupakan lanjutan program berbagi AHM di masa pandemi yang dilakukan sejak April tahun lalu. Penyerahkan donasi pertama dengan menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 100 set Hazmat dan 1.000 masker medis KN95 untuk mendukung kinerja para tenaga medis wilayah pemerintahan Kabupaten Karawang. Penyerahan bantuan APD diterima langsung oleh Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Kantor Pemda pada 9 Juli dan akan dikelola oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) untuk petugas kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas dalam melayani masyarakat yang saat ini sedang berstatus zona merah ini.

Continue reading “AHM Kembali Salurkan Bantuan di Masa Pandemi”

Relawan Anak Bangsa Berikan Bantuan Wilayah Zona Merah

Alarm peringatan’ penyebaran Covid 19 kembali menyala. Relawan Anak Bangsa (RAB) langsung beraksi dengan memberikan bantuan berupa APD serta hand sanitaizer untuk Puskesmas di zona merah.

Dengan pemetaan berdasarkan info resmi website pemerintah, RAB prihatin dengan angka penyebaran Covid 19 khususnya untuk wilayah yang berada di Jakarta Tangerang. Sesuai dengan semangat mendukung pemerintah memerangi Covid 19, RAB berinisiatif untuk dukung layanan kesehatan beberapa wilayah yang masuk dalam daftar zona merah. Berjalan sejak 21 Juni lalu, telah diberikan ribuan paket alat pelindung diri petugas kesehatan Puskesmas serta ribuan hand sanitizer serta masker untuk beberapa RW yang terdata di Jakarta dan Tangerang.

“Prihatin dengan jumlah penyebaran Covid yang semakin naik, RAB langsung sebar ribuan paket APD berupa hazmat untuk petugas puskesmas khususnya di daerah zona merah,” jelas Ketua RAB, Vica Vayerawita. Ia menambahkan, bantuan ini juga disalurkan melalui cabang – cabang PT. Wahanaartha Ritelindo yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta dan Tangerang.

Continue reading “Relawan Anak Bangsa Berikan Bantuan Wilayah Zona Merah”