Edisi Spesial Pasca Lebaran, SPEKTRA FAIR Virtual Tebar Promo di 26 Kota Besar Indonesia

Bulan suci Ramadhan telah berlalu, kini seluruh masyarakat Indonesia masih dalam suasana pasca Hari Raya Idul Fitri atau yang akrab disebut dengan Hari Lebaran. Besok, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu perusahaan pembiayaan retail terbesar di Indonesia melalui anak perusahaannya, yaitu PT Astra Multifinance, kembali menghadirkan salah satu event promo bulanan SPEKTRA FAIR yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Mei hingga 30 Mei 2021. Event ini merupakan rangkaian dari HUT FIFGROUP yang juga telah dilaksanakan pada bulan ini tepatnya pada tanggal 1 Mei 2021.

Event ini akan dilaksanakan secara serentak di 26 kota besar di Indonesia, di antaranya adalah Malang, Probolinggo, Banyuwangi, Semarang, Sidoarjo, Manado, Palu, Jakarta, Bandung, Tanjung, Sampit, Pangkalan Bun, Mempawah, Sanggau, Singkawang, Mamuju, Ambon, Lampung, Palembang, Aceh, Batam, Lhoksemauwe, Pematang Siantar, Rantau Prapat, Baturaja, dan Muara Enim.

Ini merupakan kali ke-5 event SPEKTRA FAIR Virtual diadakan pada tahun 2021 setelah sebelumnya juga dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Antusiasme warga dapat dilihat dari peningkatan jumlah permintaan kredit dan pengunjung yang mengakses SPEKTRA FAIR setiap bulannya mulai dari bulan Januari hingga April tahun 2021. Secara, permintaan kredit alat elektronik dan perabotan rumah tangga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 300 unit setiap bulannya atau meningkat rata-rata sebesar 115,94% dan juga secara jumlah pengunjung terjadi peningkatan rata-rata sebesar 650 pengunjung setiap bulannya atau meningkat rata-rata sebesar 54,80% dalam setiap event SPEKTRA FAIR Virtual dilaksanakan pada tahun 2021. Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan permintaan terhadap produk-produk elektronik maupun perabotan rumah tangga.

Selain itu, pada event SPEKTRA FAIR yang diadakan sejak bulan Januari hingga bulan Maret pada tahun 2021, menunjukan animo masyarakat untuk memiliki produk gadget sangatlah tinggi, hal ini ditunjukan pada jumlah booking in unit khusus produk gagdet menyumbang lebih dari 50% penjualan dari seluruh jenis produk yang ada. Dengan demikian, FIFGROUP senantiasa selalu mengadakan event SPEKTRA FAIR virtual ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap permintaan alat elektronik dan perabotan rumah tangga semakin meningkat. Kehadiran SPEKTRA FAIR Virtual diharapkan dapat membantu seluruh pelanggan untuk bisa mendapatkan produk impiannya. “Kehadiran SPEKTRA FAIR Virtual, khususnya di masa pasca lebaran saat ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhannya terhadap produk-produk elektronik serta perabotan rumah tangga. SPEKTRA FAIR Virtual juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di era new normal saat ini, sehingga kehadiran event virtual ini juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” tutur Margono.

Astra Multifinance President Director (SPEKTRA), Ardian Prasetya, menambahkan SPEKTRA FAIR Virtual yang diadakan secara virtual diharapkan bisa menjadi event yang selalu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk warga sekitar yang ingin mewujudkan mimpi-mimpinya agar terhindar dari virus Covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah. “Pembelian secara langsung dengan adanya sentuhan di tempat sangat berisiko untuk pelanggan kami, SPEKTRA FAIR Virtual hadir dengan konsep digital interaktif untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan kami,” kata Ardian.

Atas pembelian sebuah produk, SPEKTRA FAIR Virtual menawarkan potongan angsuran sampai dengan Rp 500 ribu berikut dengan cashback AstraPay hingga Rp 50 ribu. Setiap kota juga memiliki promo spesialnya masing-masing yang tentunya bisa menambah keuntungan pelanggan yang melakukan transaksi. Selain itu, pelanggan dapat mengikuti games dan kuis meriah dengan total hadiah yang dapat diraih hingga Rp 2 juta. Syarat & Ketentuan program dapat diakses melalui bit.ly/InfoSPEKTRAFAIRMay

Rangkaian acara SPEKTRA FAIR selama lebih dari seminggu ini, dapat diakses oleh pelanggan dengan mengunjungi laman website bit.ly/SPEKTRAFAIR_15 menggunakan smartphone dan laptopnya.

“Kami menghimbau untuk seluruh penduduk Tangerang jangan sampai melewatkan momen khusus ini, segera wujudkan impian anda dengan cara dapatkan produk yang anda inginkan beserta hadiah menarik dengan langsung kunjungi website SPEKTRA FAIR Virtual.” ujar Iskandar Yulni selaku Kepala Wilayah Jakarta-Tangerang 3.
MPF Marketing Head Jakarta-Tangerang 3, Hervan Rizal, menambahkan SPEKTRA FAIR Virtual adalah bentuk persembahan kami pasca Hari Raya Idul Fitri ini untuk memberikan solusi pembiayaan produk elektronik dan perabotan rumah tangga berkualitas dengan sejumlah keuntungan yang dapat diraih.

CEO FIFGROUP, Margono Tanuwijaya, meresmikan event SPEKTRA FAIR virtual yang akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Mei hingga 30 Mei 2021 dengan konsep virtual.

Hanya dengan tetap di rumah sesuai dengan arahan Pemerintah, SPEKTRA FAIR Virtual dapat langsung diakses menggunakan laptop atau gadget pelanggan. Seluruh produk elektronik hingga perabotan rumah tangga dapat langsung dibeli dengan proses transaksi yang aman dan nyaman.


SPEKTRA FAIR pada bulan Mei akan hadir di 27 kota besar di Indonesia dengan beragam promo dan hadiah menarik yang ditawarkan khusus untuk seluruh pelanggan FIFGROUP. Setiap kota akan memiliki promo spesialnya masing-masing. Beragam keuntungan bisa didapatkan hanya dengan melakukan transaksi di SPEKTRA FAIR VirtualSocial Media

Patuh Tidak Mudik, Ratusan Konsumen Honda Lepas Rindu Melalui Silaturahmi Virtual

Demi mendukung upaya pemerintah menekan penularan Covid-19 saat libur panjang Lebaran, ratusan konsumen Honda memilih patuh tidak mudik ke kampung halaman dan menjadi bagian dari silahturahmi akbar secara virtual yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM). Dalam kegiatan ini, para konsumen Honda juga turut melepas rindu bersama perwakilan keluarga di kampung halaman, dan menyaksikan penyerahan bingkisan Lebaran spesial yang disiapkan AHM bersama jaringannya.

Silahturahmi bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1442 H terasa berbeda bagi para konsumen Honda yang terbiasa mudik ke kampung halaman setiap tahun. Pengalaman baru yang tak terlupakan dalam silaturhami akbar AHM diikuti 314 konsumen terpilih dari peserta program Mudik-Balik Honda (MBBH) 2019 dan pembeli Honda BeAT di Jakarta dan sekitarnya.

Konsumen terpilih ini merupakan konsumen yang merantau jauh dari kota kelahirannya di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Apresiasi bingkisan Lebaran disiapkan AHM untuk keluarga mereka di kampung halaman, didukung oleh main dealer atau dealer sesuai dengan area kota asal konsumen.

Continue reading “Patuh Tidak Mudik, Ratusan Konsumen Honda Lepas Rindu Melalui Silaturahmi Virtual”

AHM Salurkan Bingkisan Lebaran Bagi Masyarakat

PT Astra Honda Motor (AHM) menyalurkan 1.144 paket bingkisan lebaran kepada masyarakat prasejahtera di 5 wilayah di Jakarta dan Jawa Barat pada Selasa (4/5). Paket bingkisan lebaran ini diharapkan dapat menemani masyarakat dalam mengisi pekan terakhir Ramadhan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H bersama keluarga.

Penyaluran bingkisan lebaran AHM dilakukan secara bertahap pada periode 4 – 5 Mei 2021 untuk masyarakat di Jakarta area Sunter dan Pegangsaan sebanyak 642 paket bingkisan, serta di 3 wilayah Jawa Barat seperti area Cikarang, Deltamas, dan Karawang sebanyak 502 paket bingkisan. Bingkisan lebaran diberikan berupa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, susu, gula dan mie instan.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kendati pandemi masih tengah melanda negeri ini, AHM berharap masyarakat dapat tetap menjalani ibadah puasa dengan sehat bersama keluarga, menyongsong Idul Fitri tahun ini.

Continue reading “AHM Salurkan Bingkisan Lebaran Bagi Masyarakat”

Dilarang Mudik! Jangan Risau Wahana Siap Manjakan Motor Honda Konsumen

Resmi, pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid 19 bersama Kementerian Perhubungan dan Polri meniadakan atau larang kegiatan mudik sejak 6 hingga 17 Mei mendatang. Larangan ini dapat dimanfaatkan konsumen untuk melakukan perawatan dan perbaikan di AHASS yang tersebar di Jakarta Tangerang dengan beragam promo menarik.

Demi berikan layanan terbaik konsumen Honda di Jakarta Tangerang tetap akan beroperasi normal seperti biasa dan hanya libur dalam perayaan Idul Fitri yang jatuh pada 13 dan 14 Mei mendatang. Apalagi dengan adanya pelarangan mudik, maka ini bisa menjadi saat yang tepat untuk konsumen melakukan perawatan dan perbaikan di seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Tidak hanya jaminan layanan terbaik dengan tools spesial, mekanik tersertifikasi dan Honda Genuine Part asli Honda namun juga promo menarik.

“Kami mendukung kebijakan larangan mudik pemerintah. Ini adalah waktu yang pas untuk konsumen untuk melakukan perawatan di jaringan AHASS kami,” jelas Head of Technical Service Function Wahana, Evi Haryadi atau yang akrab dipanggil Ekky.  Tidak hanya itu, sambut perayaan hari suci umat islam, Wahana akan berikan promo menarik yang sayang dilewatkan.

Continue reading “Dilarang Mudik! Jangan Risau Wahana Siap Manjakan Motor Honda Konsumen”

Wahana Virtual Corporate Tour, Video Semangat dan Apresiasi WAG pada Publikasi Positif

Hampir setahun Wahana Artha Group tiadakan kegiatan secara tatap muka langsung dengan rekan – rekan media yang selama ini aktif mempublikasikan beragam info lini-lini bisnis secara positif. Menghilangkan rasa ‘kangen’ sekaligus sebagai bentuk apresiasi, Wahana gelar kegiatan ‘Wahana Virtual Corporate Tour’ yang berlangsung secara online pada Jumat (30/04).

Sekaligus sambut bulan Ramadhan, Wahana ajak rekan – rekan media baik cetak maupun online, dengan ‘gaya’ baru digelar kegiatan tour secara visual online untuk jajaran lini bisnis Wahana Artha Group. Dalam video berdurasi 10 menit ini, media akan diajak melihat beragam semangat lini – lini bisnis Wahana Artha Group dalam berikan layanan dan produk terbaik untuk seluruh konsumen setia.

Video ini menegaskan komitmen Wahana Artha Group untuk tetap hadir temani konsumen setia. Video akan menampilkan lini bisnis diantaranya Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI), PT. Tristar Transindo (TST), PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM), PT. Sahari Multi Investama (SMI) serta PT. Kyochon Indonesia. Sesuai dengan semangat tata hidup yang baru selama pandemi, Wahana Artha Group beradaptasi agar dapat tetap melayani konsumen setia pengguna layanan dan Produk Wahana Artha Group.

“Jika biasanya kita rutin adakan buka puasa bersama setiap tahunnya. Namun, kali ini kami tetap ingin menjalin keakraban dengan rekan media dengan melakukan kegiatan virtual online ini,” papar Group Head of Corcomm Wahana, Diana Anggraini. Ditambahkannya, Wahana juga ingin ucapkan apresiasi tertinggi untuk rekan – rekan media yang selama ini telah mendukung perkembangan Wahana Artha Group dengan beragam publikasi positif yang diterima oleh khalayak ramai, khususnya konsumen setia.

Dari lini bisnis utama, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. (Wahana Makmur Sejati) tetap mencoba beradaptasi dengan kondisi agar tetap berikan layanan terbaik konsumen setia Honda di Jakarta Tangerang. Seluruh jaringan penjualan dan lanyanan aftersales AHASS mengadopsi protokol kesehatan yang ketat demi kenyamanan dan kesehatan semua. Selain lakukan Prokes (protokol Kesahatan) ketat, aplikasi Wanda juga telah banyak membantu untuk segala kebutuhan konsumen Honda di Jakarta Tangerang.

Menjaga kepercayaan konsumen Honda dengan layanan terbaik, sepanjang 2021 terdata sebanyak 61.400 (all type) sepeda motor Honda telah dimiliki konsumen Jakarta Tangerang. Angka ini sekaligus berhasil membuat WMS menguasai market roda dua Jakarta Tangerang hingga 76,8%.  Selain itu, demi layanan perawatan sepeda motor yang dilakukan secara langsung atau melalui layanan home service, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang telah melayani perawatan dan perbaikan hingga 819.400 unit (all type) sepeda motor Honda.

Lainnya, perusahaan yang bergerak dibidang penjualan ritel sepeda motor Honda yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, PT. Wahana Artha Ritelindo cukup baik menjaga kepercayaan konsumen. Dengan kekuatan 29 outlet dan 5 pos, WARI membukukan penjualan sepanjang 2021 sebanyak 12.000 unit (all type).  Mengembangkan sayap usaha, WARI tetap membidik wilayah potensial lainnya di Indonesia.

Pendukung lini bisnis penjualan sepeda motor Honda, WAG tetap serius berikan layanan untuk konsumen loyal Honda. Lewat produk kartu Honda VIP Card yang memiliki 195.000 member aktif, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) perkuat website yang dapat digunakan oleh member untuk dapatkan promo menarik ratusan merchant yang bekerjasama dengan Honda VIP Card.

Memang, beragam jenis bisnis yang rasakan dampak pandemi. Dengan semangat dan upaya menjaga kepercayaan konsumen dengan layanan angkutan logistik terbaik Tristar, berusahan untuk ikuti adaptasi kebiasaan baru dengan terapkan prokes yang ketat. Didirikan sebagai lini pendukung distribusi Main Dealer, kini beragam perusahaan besar tetap mempercayakan layanan angkutan logistik pada perusahaan ini. Dengan kekuatan 154 unit motor carier, 44 unit truk car carrier, 80 truk cargo box serta 9 truk towing, Tristar senantiasa siap berikan solusi konsumen.

Selain lini bisnis otomotif, Wahana Artha Group serius kembangkan bisnis dibidang Hospitality, Food and beverage melalu PT. Sahari Multi Investama (SMI) dan PT. Kyochon Indonesia. SMI kini mengelola hotel – hotel seperti Santika Kelapa Gading, Yello Manggarai Jakarta, Amaris Padjajaran Bogor, Amaris Sriwedari Solo, Santika banyuwangi, Santika Pekalongan, dan Santika Radial Palembang, PT. SMI ikut bardaptasi dengan kondisi new normal. Tidak hanya siapkan layanan dengan standar kesehatan terbaik, beragam hotel juga adakan promo menarik untuk tumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jajaran hotel dibawah jajaran SMI.

PT. Kyochon Indonesia, sebagai pemegang master franchise restoran khas ayam goreng Korea manfaatkan momen pembatasan kegiatan masyarakat dengan memperkuat layanan delivery. Dengan 6 outlet yang tersebar di beberapa pusat belanja seperti Mall Kelapa Gading, Mall Kota Kasabalanka, Mall Pacific Place, Mall Gandaria City, Office Tower Hermina, dan Mall Pondok Indah, Kyochon siap puaskan selera konsumen pecinta ayam dengan olahan cita rasa Korea. Selain 6 outlet, Kyochon juga miliki 5 cloud kitchen yang juga tersebar di Jakarta dan Tangerang.

Tidak hanya berbisnis, Wahana Artha Group juga serius untuk membantu sesama dalam Yayasan Wahana Artha. Miliki fokus di empat bidang seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan yayasan sengaja didirikan untuk membantu sesama yang kurang beruntung. Di bidang kesehatan, Yayasan Wahana Artha miliki Rumah sehat Wahana yang berlokasi di Jatake Tangerang yang membuka fasilitas kesehatan warga miskin yang tidak memiliki akses kesehatan. Sepanjang 2021, Yayasan Wahana Artha telah mengulurkan tangan pada 102.396 orang yang dapatkan beragam manfaat.

“Wahana Artha Group miliki perhatian khusus untuk kegiatan sosial. Bahkan Wahana juga ikut terlibat mendukung pemerintah lawan pandemi Covid 19 lewat gerakan Relawan Anak Bangsa,” tambah Diana. RAB yang terdiri dari puluhan perusahaan yang coba dukung pemerintah lawan pandemi dan atas dasar inisiasi penguasa Nasional Boy Thohir telah salurkan ratusan ribu unit APD, alat kesehatan hingga bantuan dana milyaran demi melawan sebaran covid di Indonesia.  

Rebel Owner Commmunity, Bukber Sambil Beramal

Genap setahun ‘beku’ akibat pandemi, Minggu (25/4) 40 anggota Rebel Owner Community (ROC) lepas kangen dengan adakan buka puasa bersama di salah satu hotel unit bisnis Wahana Artha Group, Yello Manggarai Jakarta.

Dengan menerapkan prokes yang ketat, kegiatan berlabel Breakfasting and Charity tersebut berjalan sejak pukul 4 sore. Diawali pembukaan dan sambutan dari ketua, dewan pembina dan beberapa anggota ROC kegiatan berjalan dengan penuh keakraban.

“Selain buka puasa bersama, ROC juga berikan santunan kepada 20 anak yatim piatu mulai dari perlengkapan sekolah hingga uang saku sekedar berbagi rejeki,” papar Mulyadi Lubis, Ketua ROC dalam sambutan pembukaannya.

Continue reading “Rebel Owner Commmunity, Bukber Sambil Beramal”

Siapkan Kartini Kesehatan, AHM Gelar Edukasi Bagi Kader Posyandu

PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar edukasi kesehatan secara daring bagi kader Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) dan masyarakat Desa Kalihurip, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (21/4). Program ini diharapkan melahirkan Kartini masa kini di bidang kesehatan yang mengabdikan diri demi pertumbuhan anak dan kesehatan ibu.

Kegiatan edukasi kesehatan merupakan bagian dari program POSYANDU Satu Hati yang dikembangkan AHM untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di posyandu daerah binaan. Dalam kegiatan ini, para kader posyandu mendapatkan penyuluhan kesehatan seperti penanganan penyakit diare dan demam, serta pemulihan hidup sehat dalam mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu, para kader mendapatkan pengetahuan seputar masalah kehamilan seperti penanganan terhadap ibu hamil dengan Resiko Tinggi (RESTI) dan penanganan bayi dan BALITA.

Continue reading “Siapkan Kartini Kesehatan, AHM Gelar Edukasi Bagi Kader Posyandu”

Honda Talknology, Inovasi Pengembangan Kompetensi Guru Vokasi Astra Honda

PT Astra Honda Motor (AHM) berbagi ilmu teknologi terbaru sepeda motor kepada  dunia pendidikan melalui kegiatan Honda Talknology. Kegiatan yang berlangsung secara daring ini dilakukan secara bertahap bagi guru di 687 SMK yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Honda Talknology menjadi bagian dari upaya AHM dalam menerapkan sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) di Indonesia. Pada kegiatan ini, para instruktur Technical Service AHM memberikan beragam materi mengenai perkembangan teknologi sepeda motor Honda kepada para peserta guru. Di akhir kegiatan, para peserta mengikuti sesi uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat sebelum nanti mereka mrnyampaikan ilmu yang diterima kepada para siswa.

Honda Talknology pada bulan ini dilaksanakan pada pekan kedua April 2021. Para peserta mendapatkan materi dan informasi terkait perkembangan teknologi sepeda motor listrik yang telah tersematkan pada Honda PCX. Honda Talknology bulan ini merupakan kelanjutan dari seri kedua yang dilaksanakan pada Februari 2021 dengan materi ajar seperti teknologi rangka eSAF pada sepeda motor All New Honda Scoopy, Anti Lock Brake System dan Inverted Front Fork pada All New CBR150R, serta materi Hybrid Electric Vehicle pada All New PCX 160. Kegiatan pengayaan dan pendalaman pengetahuan otomotif bagi guru SMK ini sebelumnya juga dilaksanakan pada seri perdana Honda Talknology yang dilakukan pada November 2020. Saat itu, materi yang diberikan seputar teknologi terbaru New CBR250RR, seperti Quick Shifter, Assist/Slipper Clutch, 3 Step Riding Mode dan termasuk teknologi Throttle by Wire.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan program Honda Talknology ini menjadi terobosan dalam berinovasi untuk terus menjaga komitmen dalam membangun tenaga pengajar unggul di bidang vokasi yang sesuai dengan kubutuhan dunia usaha dan dunia indsutri.

“Perkembangan teknologi sepeda motor yang pesat perlu diimbangi dengan kecepatan pengembangan kompetensi di dunia pendidikan maupun industri. Melalui Honda Talknology, kami berupaya dapat berkontribusi meningkatkan pengetahuan dan kualitas para tenaga pengajar di sekolah SMK yang implementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Jika kompetensi guru semakin baik, kami yakin SMK akan menghasilkan lulusan siswa yang bermutu dan kompetitif,” ujar Muhibbuddin.

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Selain memberikan peningkatan dan pengayaan pengetahuan dan keterampilan guru, AHM juga menyiapkan sara untuk sertifikasi bagi para guru yang levelnya disesuaikan dengan kemampuan guru. Sementara itu, siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Pada tahun 2018, AHM telah memiliki SMK mitra binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan terdapat 62 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda yang ingin melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk mendapatkan sertifikasi setara Technical Training Level (TTL) 1 terkait pemeliharaan sepeda motor.

Berkendara saat Puasa, Begini Cara Kelola Emosi

Berkendara sepeda motor saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan terasa berbeda dengan berkendara di hari-hari biasa. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan emosi saat berkendara, hal ini bisa karena perubahan jam tidur, jam makan, hingga perilaku pengguna jalan. Pengendara sepeda motor pun perlu ekstra kendali diri saat berkendara agar selamat dalam berkendara dan ibadah tetap lancar.

“Kemampuan mengendalikan emosi setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kondisi tubuh yang fit selama berpuasa dan selalu utamakan keselamatan dalam berkendara”, ujar Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Berikut beberapa tips dari AHM dalam berkendara selama melaksanakan ibadah puasa agar tetap dalam kondisi prima dan juga safety :

1.     Rencanakan perjalanan

Rencanakan perjalanan untuk mendapatkan rute dan waktu yang tepat sehingga dapat terhindar dari kemacetan dan emosi tetap terkontrol. Misalnya, mengantisipasi kondisi lalu lintas saat pulang kerja di bulan puasa yang sangat padat, karena banyak orang yang mengejar waktu agar dapat berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Continue reading “Berkendara saat Puasa, Begini Cara Kelola Emosi”

Adira Insurance Petakan Profil Keselamatan Jalan di Indonesia

Pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19 menimbulkan dampak negative yang luas terhadap berbagai sektor secara nasional maupun global. Kebijakan social distancing (jaga jarak dan menghindari kerumunan) yang diterapkan di seluruh dunia telah menurunkan aktivitas dan pergerakan masyarakat secara drastis di seluruh kota, termasuk di Indonesia. Terjadi penurunan yang signifikan pada volume kendaraan di jalan dan jumlah penumpang pada berbagai moda transportasi umum.

Hal ini yang juga menyebabkan turunnya angka kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya sepanjang 2020. Menurut Polda Metro Jaya Bidang Lalu Lintas, pada masa pandemi Covid-19, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) pada sepanjang 2020 menurun hingga 7.565 kasus. Meskipun angka ini turun dari angka sebelum pandemi, namun masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan penurunan volume kendaraan di jalan raya dan kasus kecelakaan yang hanya turun 15% atau 8.877 kasus dibandingkan tahun 2019..

Data tersebut menunjukkan bahwa risiko kecelakaan lalu lintas tidak hanya bergantung pada situasi lalu lintas. Menurut data Kepolisian yang dihimpun oleh Kominfo (2017), rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan jalan di Indonesia. Data yang sama menyatakan 3 penyebab utama kecelakaan lalu lintas antara lain; faktor manusia (61%), yang berkaitan dengan kemampuan serta karakter pengemudi, faktor prasarana dan lingkungan (30%), dan faktor kendaraan (9%). Salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah perilaku pengemudi yang tidak aman. Melihat tingginya angka fatalitas kecelakaan lalu lintas, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) menyadari pentingnya meningkatkan kepedulian masyarakat akan keselamatan jalan.

Wayan Pariama, Direktur Adira Insurance, mengungkapkan “Adira Insurance menggagas program CSR “I Wanna Get Home Safely” (IWGHS), sebuah kampanye yang menggaungkan pesan keselamatan jalan bagi masyarakat luas di Indonesia yang kini sudah berjalan selama lebih dari 10 tahun. Kami melihat bahwa untuk meningkatkan kesadaran berperilaku aman dan selamat, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pengguna jalan.”

Salah satu program dalam IWGHS adalah Indonesia Road Safety Award (IRSA). IRSA merupakan penghargaan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten yang memiliki penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik di Indonesia. IRSA digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan dan fatalitasnya di Indonesia dan mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk peduli terhadap keselamatan jalan.

Tahun ini, menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19, Adira Insurance melakukan beberapa penyesuaian dalam pelaksanaan IRSA demi mengutamakan keselamatan dan keamanan seluruh peserta, serta mendukung instruksi Pemerintah untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan komitmen Adira Insurance untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku selamat saat berada di jalan. Sebagai bagian dari komitmen ini, Adira Insurance melakukan studi pemetaan profil keselamatan jalan di 15 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melalui Road Safety Behavior Research. Berbeda dari program IRSA sebelumnya, riset tahun ini berfokus pada perilaku berkendara masyarakat Indonesia yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan, sikap, dan perilaku.

Wayan Pariama menegaskan, “Keselamatan jalan merupakan tanggung jawab kita bersama. Kesadaran dan perilaku mengemudi yang aman sangat penting dalam mendukung keselamatan jalan. Hal ini harus menjadi perhatian oleh semua pihak. Kami senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam mendukung dan menggalakkan peningkatan keselamatan jalan di Indonesia.”

Narasumber :
Atas (Ki -Ka)
DR. IR. BUDI HIDAYAT, M.ENG.SC SELAKU PERENCANA AHLI UTAMA DIREKTORAT SARANA PRASARANA KEMENTERIAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL ATAU BAPPENAS.
AKBP DANANG SARIFUDIN, SIK SELAKU KASI PRODUK DIKMAS DITKAMSRL KORLANTAS POLRI.
Bawah (Ki – Ka)
ROHMAT PURNADI SELAKU HEAD OF BUSINESS DIGEST MAJALAH SWA.
WAYAN PARIAMA SELAKU DIREKTUR ADIRA INSURANCE.
KI DARMANINGTYAS SELAKU KETUA INSTRAN (INSTITUT TRANSPORTASI)

Melalui project IRSA sebelumnya, Adira Insurance melihat implementasi program keselamatan jalan di pemerintah kota dan kabupaten serta persepsi masyarakatnya, sementara riset tahun ini berfokus pada aspek berbeda yaitu perilaku masyarakat itu sendiri. Riset ini dilakukan dalam periode 3 bulan sejak Oktober 2020. Riset dilakukan berdasarkan 1.500 responden yang tersebar di 15 Kota besar di Indonesia, yaitu; DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dan Makassar.

Hasil riset menunjukkan bahwa rata-rata indeks keselamatan berkendara di Indonesia mencapai 76%. Nilai tersebut didapat dari aspek pengetahuan/knowledge mencapai 87%, aspek sikap/attitude mencapai 83% serta aspek perilaku/behavior memiliki indeks terendah yaitu 58%.

“Kami berharap riset ini dapat membantu mendefinisikan indeks keselamatan berkendara dari pemetaan profil berkendara masyarakat Indonesia dan mengukur risiko dari perilaku masyarakat Indonesia di jalan. Risiko dalam temuan ini tentunya harus dikelola untuk dapat mewujudkan keselamatan jalan. Kami juga berharap riset ini dapat menjadi inspirasi maupun referensi bagi Pemerintah, komunitas, lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta lainnya dan masyarakat untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang lebih baik di Indonesia,” tambah Wayan.

Untuk menyampaikan hasil kajian ini ke seluruh lapisan masyarakat dan meningkatkan wawasan masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara, Adira Insurance menggelar webinar bertajuk Indonesia Bangkit: Pulihnya Mobilitas dan Tingkatkan Kesadaran Berperilaku Aman dan Selamat Saat Berada di Jalan (30/03) yang turut dihadiri oleh AKBP Danang Sarifudin, SIK selaku Kasi Produk Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, Rohmat Purnadi selaku Head of Business Digest, Wayan Pariama, Head of Government Relations Adira Insurance serta Darmaningtyas selaku Ketua INSTRAN (Institut Studi Transportasi).

“Kami berharap webinar ini dapat membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku aman dan selamat saat di jalan, terutama saat ini seiring dengan pulihnya mobilitas pasca pandemi. Oleh sebab itu, kami menggandeng pakar-pakar ahli dalam merumuskan penerapan keselamatan jalan dan mewujudkan keselamatan berkendara yang semakin baik dari waktu ke waktu di Indonesia,” tutup Wayan.