Hammocking dan Traveling

Hammocking atau tempat tidur gantung adalah gear yang biasa di gunakan oleh para pencinta alam ataupun yang hobby dengan kegiatan out door untuk beristirahat atau bersantai di luar rumah. Kenapa hammocking sangat di minati ? pertama karena pemasangannya yang cepat dan mudah serta mudah di bongkar pasang, dan jika ingin di jadikan tempat untuk bermalam tinggal memasang flysheet yang relatif cepat dan mudah.

Hammock sendiri ada beberapa macam, seperti hammock single, hammock double, hammock kelambu, hammock tenda, hingga hammock triangle yang lebih besar. Tentu saja dalam memilih hammock harus kita sesuaikan dengan kebutuhan outdoor agar lebih praktis penggunaannya.

Hammock dengan ukuran paling kecil biasanya memiliki dimensi 1,5 x 2,7 meter, sudah cukup nyaman untuk keperluan sendiri dan sangat praktis di bawa bepergian / traveling, sedang yang ukuran double memiliki dimensi 2 x 3,5 sehingga dapat di gunakan untuk berdua dengan nyaman. Kelengkapan yang paling sederhana biasanya waktu membeli hammock hanyalah sepasang tali prusik atau webbing yang panjangnya 2 meter untuk pemasangannya. Sedang untuk hammock yang lebih premium biasanya akan diberikan tali dengan disain khusus serta bonus Carabiner untuk mempermudah pemasangannya.

Apa yang beda dari yang saya gunakan ?

Selama ini saya selalu menggunakan perlengkapan hammock dengan model custom untuk traveling / outdoor. Tentu hal ini memiliki tujuan tertentu serta fungsi tertentu termasuk di dalamnya prepare jika terjadi hal-hal darurat agar dapat di fungsikan secara maksimal. Hammock Custom yang saya gunakan terdiri dari :

  1. 2 buah webbing masing-masing panjang 4 meter, kenapa harus webbing ? karena webbing ini selain sebagai strap hammock dapat di fungsikan juga sebagai body harness untuk kegiatan climbing, tandu untuk kegiatan rescue, anchor dan untuk tali dengan beban berat jika di perlukan. Webbing yang gunakan adalah dengan kemampuan beban 25 KN atau 2.500 Kg. Sehingga webbing ini cukup aman jika untuk hammocking, karena dapat menahan beban sebanyak 2 hingga 3 orang.
  2. 2 Carabiner dengan daya beban 24 KN atau 2.400 Kg. Penggunaan Carabiner selain untuk mempermudah bongkar pasang, juga sebagai drip line (untuk aliran air hujan), selain itu carabiner juga memiliki banyak fungsi untuk kegiatan climbing / panjat tebing.
  3. Karena saya menggunakan webbing sebagai tali utama dan carabiner maka simpul yang di gunakan juga menjadi lebih praktis. Untuk mengikat webbing di pohon saya menggunakan simpul jangkar / Girth Hitch / Cow Hitch, kemudian di Carabiner saya menggunakan simpul Marline Spike atau kalau di Pramuka disebut simpul tangga.

Pemasangan Hammock dapat di lakukan pada tiang/pohon dengan jarak 3 – 6 meter, dan pemasangannya tidak sampai memakan waktu 5 menit.

Tips Merawat Jaket Berkendara

Jaket menjadi salah satu atribut berkendara yang tidak hanya berfungsi memberi keamanan bagi pengendara sepeda motor, namun juga telah menjadi bagian dari fashion. Berbagai jenis jaket sepeda motor baik yang fungsional hingga premium tentu memiliki tata cara perawatannya tersendiri. Apa saja yang bisa dilakukan di rumah untuk merawat jaket motor favoritmu?

Berikut tips dari PT Astra Honda Motor (AHM) dalam merawat jaket berkendara sepeda motor agar tetap awet dan prima:

1.    Ikuti instruksi sesuai label yang terdapat dibalik Jaket dalam melakukan pencucian. Jaket untuk bermotor memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, sehingga petunjuk dalam melakukan pencucian menjadi kunci agar jaket lebih awet.

2.    Untuk jaket sepeda motor biasanya memiliki pelindung, seperti pada bagian bahu, siku dan punggung. Sebelum melakukan pencucian, keluarkan pelindung dari kantongnya agar tidak merusak sisi-sisi jaket saat dicuci.

3.    Untuk perawatan yang lebih detail, dapat menyikat bagian-bagian yang kotor terlebih dahulu sebelum mencuci jaket. Gunakan sikat yang lembut beserta sabun cuci yang sudah dilarutkan dengan air. Bila jaket tersebut berbahan kulit, hindari membersihkan dengan menyikat, cukup bersihkan dengan kain microfiber.

4.    Mencuci dengan tangan merupakan cara yang paling aman untuk menjaga keawetan jaket, terutama bila jaket berbahan kulit. Namun untuk kepraktisan tetap diperbolehkan menggunakan mesin cuci untuk jaket selain berbahan kulit.

5.    Setelah dicuci, gantung jaket menggunakan gantungan baju, disarankan tidak langsung terpapar sinar matahari. Untuk mempercepat waktu pengeringan, dapat menggunakan kipas angin.

6.    Simpan jaket di suhu ruangan menggunakan gantungan baju. Agar lebih awet disarankan untuk tidak dilipat dan lokasi penyimpanan tidak terkena matahari langsung.

Dengan melakukan perawatan jaket diatas, maka dapat mencegah kerusakan jaket yang disebabkan oleh jamur karena kondisi yang lembab serta penurunan kualitas bahan dari jaket.

“Kondisi jaket yang prima tidak hanya mendukung tampilan dalam berkendara, namun juga mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara baik untuk perjalanan commuter maupun turing.,” jelas Parts Accesoris & Apparel Manager PT Astra Honda Motor Tony Kurniawan.

10 Cara Merawat Helm Sepeda Motor

Setiap pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm sebagai salah satu perlengkapan berkendara yang paling penting. Dengan penggunaannya yang tepat, maka pengendara akan terlindung dari resiko benturan. Tentunya hal ini juga perlu diimbangi dengan perawatan yang dilakukan secara rutin untuk menjaga fungsi helm tetap optimal.

”Dengan melakukan perawatan helm tentunya kualitas helm akan selalu terjaga sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan”, jelas Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM).

Berikut beberapa tip dari AHM dalam merawat helm sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima dan juga safety:

1.    Bersihkan lapisan luar helm berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm. Penggunaan kain dengan serat halus seperti kain micro fiber dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

2.    Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm karena biasanya pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor yang berdampak menurunnya tingkat kejernihan visor helm.

3.    Gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

4.    Lapisan tengah helm cukup di lap dengan kain micro fiber kering dan hindari  menyiram lapisan tengah dengan air karena dapat menurunkan kualitas daya redam sterofoam, mengurangi kekuatan perekat sterofoam pada helm dan juga dapat menimbulkan jamur apabila proses pengeringan tidak dilakukan secara maksimal.

5.    Untuk lapisan dalam portable dapat dilepas semua lapisan dalam helm tersebut kemudian rendam dan cuci dengan lembut menggunakan tangan, hindari menggunakan sikat karena bisa merusak kain pelapisnya. Kemudian bilas hingga bersih lalu tepuk – tepuk dan keringkan dengan cara di jemur. Jangan gunakan pemanas karena panas berlebih dapat merusak kualitas busa helm.

6.    Untuk lapisan dalam permanen gunakan air hangat dan shampo khusus atau sabun kemudian masukkan helm dengan posisi seperti saat digunakan (jangan dengan posisi terbalik). Buka visor (tanpa dilepas) dan gunakan jari untuk menggosok lapisan dalamnya. Kemudian angkat helm dan bilas sehingga tidak ada sisa shampo atau sabun yang masih menempel. Tekan busa helm perlahan untuk menghilangkan sisa air dan lakukan pengeringan.

7.    Lumasi bagian engsel helm seperti engsel tali helm dan engsel visor menggunakan pelumas helm atau baby oil sehigga fungsi engsel tetap maksimal.

8.    Setelah helm bersih untuk tetap menjaga kualitasnya, lapisi helm dengan pelapis khusus helm sehingga tetap berkilau dan terjaga kualitas cat helm tersebut.

9.    Untuk mengurangi jumlah keringat yang terserap oleh lapisan dalam atau padding helm saat berkendara gunakan helmet liner atau helmet cup, karena selain dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menimbulkan jamur tenyata keringat dapat menurunkan kualitas dari busa helm.

10. Setelah helm digunakan jangan langsung masukkan ke dalam tas karena helm yang lembab akan menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengakibatkan berjamur.

Dengan melakukan perawatan tersebut diatas maka dapat mencegah dampak negatif seperti penyakit jamur kulit akibat menggunakan perlengkapan berkendara yang kotor, bau tidak sedap yang ditimbulkan dari keringat, menurunnya kualitas helm serta menghindari ketidaknyamanan dalam penggunaannya.

Sebaiknya membersihkan helm dilakukan minimal 1 bulan sekali namun jika dipakai setiap hari pembersihannya dapat dilakukan setiap minggu atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai.

“Kenyamanan perlengkapan berkendara selaras dengan keselamatan. Gunakan helm yang berstandar SNI dan pastikan tetap cari aman dengan merawat perlengkapan berkendara secara berkala”, tutup Lucky.

Tips Memilih dan Merawat Sarung Tangan Berkendara

Saat mengendarai sepeda motor, penggunaan sarung tangan menjadi kelengkapan yang penting untuk keselamatan berkendara. Penggunaan sarung tangan ini bertujuan untuk melindungi area tangan saat berkendara jarak dekat maupun jarak jauh, serta dapat mencegah terjadinya kram pada jari saat berkendara di udara yang dingin.

Tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips dalam pemilihan dan perawatan sarung tangan untuk menunjang kenyamanan berkendara. “Banyak sekali jenis sarung tangan untuk berkendara. Para bikers perlu memperhatikan masing-masing fungsinya agar tidak salah pilih,” ujar Johannes Lucky, Safety Riding Manager AHM.

Berikut beberapa tips dari tim Safety Riding AHM dalam memilih dan merawat sarung tangan berkendara sepeda motor :

PILIHAN BAHAN YANG SESUAI

Banyak sekali jenis bahan yang ditawarkan, namun terdapat 2 bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan berkendara yakni berbahan kulit dan bahan kain. Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda. Bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan, namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat. “Karakteristik yang paling menonjol dari kedua bahan ini yakni untuk sarung tangan berbahan kain memiliki karakteristik yang lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan,” ujar Lucky.

NYAMAN DIPAKAI

Pastikan sarung tangan jangan terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan. “Para bikers juga perlu memilih sarung tangan yang memiliki pelindung tulang agar dapat melindungi tangan secara maksimal. Dianjurkan pemilihan sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan,” tambah Lucky.

MUDAH DIBERSIHKAN

Sarung tangan yang sering dipakai haruslah mudah dibersihan secara mandiri. Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2- 3 kali dalam seminggu. Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan. Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit.

Proses pengeringan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering. Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

“Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan,” tutup Lucky.

Pemilik Pertama All New Honda Rebel Jakarta, Gunakan Layanan Online

Arsi Aryanto, jadi konsumen pertama di Jakarta yang memiliki All New Honda CMX500 Rebel dengan menggunakan layanan online Honda Big Wing, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) yang saat ini menjadi layanan andalan untuk tetap berikan layanan terbaik bagi konsumen pada masa pandemi saat ini. Unit diantarkan pada Kamis (2/4).

Meski berada pada masa pandemi, Wahana Honda komitmen berikan layanan penjualan kepada konsumen tercinta Honda di Jakarta dan Tangerang. Tentu saja layanan penjualan kini dilakukan dengan standar layanan yang lebih ketat untuk mewaspadai pandemi seperti layanan penjualan secara online, sales akan mengirimkan unit yang sudah disemprot dengan disinfektan, hingga layanan pengiriman dilakukan dengan lebih aman seperti penggunaan masker ketika bertemu dengan konsumen sehingga dipastikan standar kesehatan bisa terjaga dengan lebih baik.

Continue reading “Pemilik Pertama All New Honda Rebel Jakarta, Gunakan Layanan Online”

Mampu jaga Layanan, Wahana Apresiasi Bengkel Resmi

Berikan apresiasi layanan terbaik klaim jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) gelar gathering untuk puluhan PIC claim Processor di Sukabumi Jawa Barat, pada Jumat (6/3).

PIC Claim Processor merupakan salah satu bagian diseluruh AHASS yang bertanggung jawab memberikan informasi tentang kualitas Honda sekaligus mendata serta menyelesaikan beragam keluhan konsumen. Lewat bagian inilah segala keluhan konsumen diselesaikan dengan baik untuk memberikan kepuasan terhadap produk Honda. Layanan after sales terbaik tingkatkan kepercayaan konsumen Honda di Jakarta dan Tangerang terhadap produk dan layanan Honda, terdata sepanjang 2019 lalu sebanyak  lima juta lebih konsumen melakukan perawatan dan perbaikan di jaringan AHASS.

“ Layanan after sales terbaik khususnya pada bagian Claim Processor AHASS adalah satu alasan kepercayaan konsumen  meningkat untuk melakukan perawatan dan perbaikan motor mereka di AHASS jaringan Wahana Makmur Sejati,” jelas Head of Technical Service Function Wahana, Taufiqurrohman.  Ditambahkannya, untuk berikan penghargaan, Wahana gelar gathering serta pemberian reward kepada PIC terbaik.

Gathering ini juga semakin unik dengan kegiatan turing menuju lokasi acara di Sukabumi. Tidak sekedar berkumpul, beragam kegiatan juga dilakukan untuk memeriahkan suasana serta menjadi ajang pengakraban antar PIC ini.  Pada kesempatan yang sama, Wahana juga berikan edukasi motivasi untuk menjaga sekaligus meningkatkan kemampuan pelayanan kepada konsumen Honda di Jakarta dan Tangerang.

60 Siswa SMK Mau Jadi ‘Jawara’ Berkendara Aman

Masuki tahun kedua, kompetisi safety riding untuk SMK binaan Wahana Honda semakin berjalan seru. Sebanyak 60 siswa SMK berlomba untuk menjadi ‘jawara’ pengendara paling aman di Safety Riding Center Wahana, Jatake Tangerang, Rabu (19/02).

60 Peserta kompetisi berkendara aman dengan tema “The 2nd Safety Riding Competition for Vocational School” ini berasal dari 55 SMK binaan Wahana Honda di Jakarta dan Tangerang. Dimulai sejak pagi, peserta yang hadir wajib mendaftar ulang untuk mengikuti kontes ini. Peserta juga wajib mengikuti tiga sesi yang disiapkan Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) yaitu tes teori, slalom course skill dan low speed balance.

“ Tidak sekedar jadi peserta kontes berkendara aman. Lewat kompetisi ini kami berharap para pemenang dan peserta lainnya akan menjadi role model untuk rekan – rekan lain di sekolah,” jelas Head of Safety Riding SRP Wahana, Agus Sani.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan satu bentuk mengkampanyekan berkendara aman untuk semua golongan masyarakat dengan usung semangat Cari_aman. Perebutkan hadiah uang tunai jutaan rupiah, kompetisi berjalan ketat sepanjang hari dengan menggunakan produk terbaru skutik Honda Genio. Lewat kompetisi ini Wahana juga harapkan dapatkan tumbuhkan karakter pengendara motor yang peduli keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

“ Demi bangun kualitas pendidikan SMK, Wahana total untuk dukung dengan beragam kegiatan mulai dari pendidikan, kesempatan kerja, hingga pembangunan kesadaran berkendara aman,” tutup Ronnal Prawira, Head CSR Wahana yang ikut adil dalam pagelaran kontes ini.

Pemenang “The 2nd Safety Riding Competition for Vocational School”

Juara 1 (Andre Noval – SMKN 2 Tangsel)

Juara 2 (Rizky Kurniawan – SMKN 2 Tangerang Kota)

Juara 3 (Aziz Wahyu B – SMKN 5 Kab. Tangerang)

DAM Gelar Pelatihan Safety Riding untuk Blogger dan Vlogger

PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda Jawa Barat menggelar Pelatihan Safety Riding khusus Blogger dan Vlogger pada 18 Februari 2020 di Gedung Safety Riding Center DAM, Bandung.

Sebanyak 20 blogger dan vlogger mendapatkan pembekalan dari tim Instruktur Safety Riding DAM mengenai teknik berkendara yang baik dan benar. Materi yang diberikan berupa teori dasar berkendara dan touring kemudian dilanjutkan dengan sesi praktek safety riding pada pengereman, slalom course, dan narrow plank.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan dalam kesehariannya blogger dan vlogger banyak mengendarai sepeda motor sebagai teman dalam beraktivitas guna mendukung mobilitas yang tinggi. Pelatihan safety riding sangatlah penting, mulai dari memahami teknik dasar mengendalikan sepeda motor, mematuhi undang-undang lalu lintas dan etika dalam berkendara sehari-hari maupun ketika sedang touring dalam jarak jauh.

“Kami berharap teman-teman blogger dan vlogger dapat mempraktekkan ilmu yang telah diberikan oleh para tim instrukur kami, dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi contoh yang baik dalam berkendara untuk masyarakat,” ujar Lerri.

Pelatihan pun dikemas dengan menarik tidak hanya berkendara di trek on road namun seluruh jurnalis juga berkesempatan mendapatkan pembekalan berkendara di trek off road oleh para instruktur DAM. Mereka juga diberikan pengenalan mengenai Honda Riding Trainer (HRT) yang merupakan alat simulasi berkendara.

Selama pelatihan safety riding, DAM menyediakan beberapa produk sepeda motor Honda untuk digunakan praktek oleh blogger dan vlogger. Adapun unit yang digunakan selama acara yakni Honda Vario 150 dan Honda CB150R StreetFire. Praktek safety riding ini juga diwajibkan menggunakan perlengkapan yang baik dan benar seperti Helm, Jaket, Body Protector, dan Sepatu diatas mata kaki.

Sepanjang tahun 2019, PT Daya Adicipta Motora telah memberikan edukasi kepada 36 ribu orang, mulai dari siswa-siswi sekolah SD/SMP/SMA, perusahaan, masyarakat umum dan juga komunitas pengguna sepeda motor.

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Main Dealer Sepeda Motor Honda di seluruh Indoneisa turut memperkuat kampanye keselamatan berkendara melalui tagline #Cari_Aman kepada seluruh lapisan masyarakat. #Cari_aman merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara yang diusung oleh AHM dalam upaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam kampanye keselamatan berkendara di Indonesia.

Pecinta Honda BeAT Meriahkan Acara Honda BeAT day di Jakarta

Jalan Jakarta ‘dikepung’ Honda BeAT pada Minggu (2/2) kemarin. Sebanyak 300 pengendara dengan skutik Honda BeAT penuhi jalan Gunung Sahari Raya Jakarta Pusat untuk hadiri kegiatan Nongkrong Bareng BeAT dan Honda BeAT day 2020 di Cibubur, Jakarta Timur.

Diiringi hujan sejak pagi tidak mengurangi antusias peserta  menghadiri ‘pesta’ pecinta Honda BeAT yang di gelar Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT.Wahana Makmur Sejati (WMS) tersebut. Komunitas yang ikut pada kegiatan ini diantaranya Honda BeAT Club Indonesia (HBCI), Republik BeAT Indonesia (RBI), Ikatan Beaters Indonesia,  Honda Beat Street Indonesia (HBSI) dan tentu saja dua paguyuban komunitas Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta (AHMT) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).

“ Ajang terbesar komunitas BeAT ini digelar untuk meningkatkan rasa persaudaran berbagi komunitas Honda BeAT di Jakarta dan Tangerang. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan beragam kegiatan positif deiantara mereka,” tutur PIC Community Development Wahana, Agus Sigit.

Dimulai dari gedung Wahana di Gunung Sahari Raya, ratusan peserta berjalan tertib menuju lokasi acara di Cibubur melalui Jalan Kramat Jati. Tidak Hanya sekedar berkendara, beragam kegiatan berlangsung kali ini mulai dari gathering, test ride All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street serta beragam games.

Mengenalkan produk teranyar dan terlaris di Jakarta Tangerang ini, Technical Service Function turut ambil bagian berbagi dan diskusi terkait teknolgi dan fitur baru yang ada didalam All New Honda BeAT Series. Produk Skutik fenomenal satu ini berhasil menguasai pasar di Jakarta Tangerang dengan jumlah penjualan hingga 175.200 unit (all series).

“ Honda BeAT Day, adalah ajang pertemuan pecinta Honda BeAT Jakarta Tangerang. Kami berharap upaya ini jadi satu jembatan agar komunitas Honda dapat berkumpul untuk menghasilkan suatu hal yang bermanfaat,” tutup Sigit.

Repsol Honda Team launch 2020 challenge in Indonesia

Marc Marquez and rookie Alex Marquez unveiled the 2020 livery of the Honda RC213V MotoGP machine in Jakarta Indonesia ahead of the first official test of the year.
Helping to launch the Honda CRF1100LL Africa Twin Adventure Sports and Honda Rebel in Indonesia, Marc and Alex were warmly welcomed into the heart of Indonesia’s capital. The two world champions were joined by Tetsuhiro Kuwata, General Manager Race Operations Management Division Honda Racing Corporation (HRC), Alberto Puig, Repsol Honda Team Manager and Toshiyuki Inuma, President Director PT Astra Honda Motor.


After taking a record 25 Manufacturers title as part of their third straight Triple Crown in the highest level of motorcycle racing, the Repsol Honda Team are aiming for another strong year as they welcome Moto2 World Champion Alex Marquez to the team. With 309 victories in the premier class, Honda have established themselves as the dominant force in Grand Prix racing and work over the winter period has been intensive to ensure that 2020 continues this trend.
Marc Marquez and Alex Marquez will now begin his final preparations for the Sepang Test (February 07 – 09) where he and the RC213V will debut the 2020 livery for the first time on track. Finally, the 2020 MotoGP™ season begins in under the floodlights in Qatar (March 05 – 08).

Marc Marquez

MOTOGP WORLD CHAMPION 

“I am happy to come to Indonesia again, the atmosphere here he is like nothing else and it is great to be able to launch our 2020 efforts. The launches we have are always important to help ourselves back into the rhythm of the season. We approach this year the same as the last and all others before it, with our full focus and ready to work with the Repsol Honda Team to achieve the best we can. Together with HRC and Repsol we have achieved incredible things and continuing this success is a big source of motivation for me, and now I’m eager to start another season and compete again one the RC213V.”

MOTO2 WORLD CHAMPION

“It is a privilege to be part of the family that is the Repsol Honda Team. Already I have had the special feeling of stepping in the garage for the first time, working with my team for the first time and now meeting the world at the launch – I truly feel a part of the Repsol Honda Team. I know that there is much to learn and achieve in 2020 but I am devoted to giving my best, I’ll try to improve and learn every day and hope we can do a great season step by step.”

Tetsuhiro Kuwata

HRC Director – General Manager Race Operations Management Division

“Last year we presented our team in Madrid, celebrating our 25th Anniversary with Repsol. Now, for the fifth time, we are officially presenting our team in this charming country, Indonesia, and once again the beautiful city of Jakarta welcomes us.
“Having achieved our goals last season by again winning the Triple Crown, we’re delighted to present our team for the 2020 MotoGP World Championship. Last season, Marc Marquez won his sixth MotoGP title, while Honda secured both the Constructors and Team titles. Marc continues to break records every year, and we hope he’ll continue to give us many more great moments in the future. He has been recovering all winter after shoulder surgery and we are always very grateful for his huge effort in and out of the circuit.


“For 2020 we have a new rider. Since 2013 when Marc came to the Repsol Honda Team, we haven’t had a rookie rider. Now it’s time for the two-time world champion in Moto2 and Moto3 Alex Marquez to join us. He rode with us already in 2014 in our first season in Moto3 and we were able to achieve the title together. This time the challenge is bigger, he needs time to learn the bike, the team, the category and we wish to give him all of this as well as a warm welcome to the most successful team in the world.
“These two brilliant riders deserve the best tools to be successful this new season, and it’s our mission to make this possible. Our engineers in Japan and our team around the world have done an impressive job, and I’m sure that we’ll do it again this time.”