Jangan Bosan, Ini Tips dan Trik Berkendara Saat Hujan Ala Honda

Terlihat sepele namun fatal, banyak pengendara yang lalai saat berkendara saat hujan. Padahal kondisi inilah beragam potensi bahaya mengintai kelengahan pengendara motor.

Awal tahun 2022, hujan ternyata masih kerap terjadi dan merupakan ‘momok’ fatal bagi pengendara motor. Plus ditambah mulai normalnya segala aktifitas kantor dan sekolah dijakarta kondisi hujan membuat jalanan khas ibukota ‘simpan’ beragam potensi kecelakaan. Namun, Tim Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) tidak pernah bosan ingatkan pengendara motor lebih peduli dengan keselamatan berkendara dengan masih usung semangat #Cari_aman.

“Mungkin terdengar membosankan, namun kami tetap tidak akan pernah bosan untuk berbagi edukasi berkendara secara aman khususnya menyikapi kondisi hujan dan padatnya aktifitas jalanan ibukota yang kembali normal karena kantor dan sekolah sudah kembali aktif,” papar Head of SRP, Agus Sani.

Continue reading “Jangan Bosan, Ini Tips dan Trik Berkendara Saat Hujan Ala Honda”

Test Ride New Honda CB150X

Setelah berita peluncuran New Honda CB150X beberapa waktu yang lalu meramaikan jagad media sosial karena motor bergenre adventure ini muncul tanpa di duga-duga, kemarin PT. AHM mengundang blogger dan Vlogger untuk test ride New Honda CB150X di Astra Honda Honda Safety Riding Park Cikarang.

Kalau di review dari sisi tampilan, CB150X wis pokoknya ganteng komplit, apalagi accesories adventure turingnya juga tersedia seperti braket box, touring gear dan pernik-pernik lain yang pasti bakal bermunculan untuk melengkapi dandanan motor ini makin cakep pasti akan bermunculan di off/on line shop. Dari 2 unit sampel modifikasi yang di pajang saja sudah kebayang, motor ini di kalangan para pecinta turing akan menjadi rujukan utama.

Bagaimana dengan handling, performa dan kenyamanannya ? ini yang penting. Dari Test Ride kemarin motor ini ternyata sesuai dengan ekspektasi. Handlingnya terbilang sangat ringan, gampang di ajak manuver apalagi di dukung dengan tenaganya yang responsif, di putaran bawah dan atasnya sangat pas dengan genre adventure yang secara umum sering di ajak berhadapan dengan berbagai medan jalan.

Performa dengan mesin 150cc dengan terhnologi terkini dan ECU yang telah di setting untuk putaran bawah yang lebih besar membuat motor ini gampang stop and go, vibrasi engine nya sangat halus dengan penyempurnaan damper di titik-titik utama yang menjadi sumber getaran membuat motor ini bakal memberikan kenyamanan untuk di kendarai dalam turing jarak jauh. Apalagi soal efisiensi BBM yang pasti irit tanpa mengorbankan performa, membuat pada adventurer bisa merasa lega ketika harus bertemu dengan long journey di titik titik yang sedikit sekali bertemu dengan SPBU.

Dan yang paling saya acungi jempol dari motor ini tentu saja kenyamanannya, dengan dukungan travelshock depan yang cukup panjang dan multi linkage suspension di bagian belakang, kenyamanan ketika duduk di atasnya jadi terasa nyaman ketika di tes melewati speed bump. Ini penting ketika harus melewati jalan dengan kondisi gravel atau jalan berbatuan.

Mungkin nanti akan ada review yang lebih lengkap, bagaimana kalau semua accesories seperti side dan rear boxnya terpasang dari para adventurer, namun secara umum kondisi standar motor ini sudah cukup perfect untuk masuk ke segmen adventure.

Saran saya jangan melakukan modifikasi yang cukup ekstrim tanpa perhitungan yang tepat karena akan berdampak pada handling, performa dan kenyamanannya. Menambahkan rearbox di bawah volume 50 liter saja dengan crashbar dan foglamp sudah cukup bagus dan cakep untuk membuat motor ini di ajak turing bersama teman adventurer, tetapi ketika mulai butuh sidebox dan modifikasi lain sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya.

Baru Diluncurkan, Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika

Motor sport adventure touring CB150X dan beragam line up sepeda Honda hadir menyapa pengunjung pada gelaran balap dunia FIM Superbike World Championship (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), yang dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (19-21/11).

Sejalan dengan adrenalin tinggi yang dihadirkan di sirkuit Mandalika, New CB150X dengan warna Volcano Matte Black dihadirkan bagi penonton balapan yang menyukai tantangan dan membutuhkan partner berkendara yang tepat ketika berpetualang. Motor sport terbaru Honda ini dapat ditemui di booth Honda area Enduro yang terletak dekat dengan tribun pengunjung Grey dan Tosca dan Purple. Menemani New CB150X, motor petualang Honda lainnya yaitu motor sport CB150R Streetfire dan skutik Honda ADV150 pun turut dihadirkan di area ini. Pada gelaran seri pamungkas ajang balap bertaraf international ini, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer Astra Motor Nusa Tenggara Barat, juga menampilkan beragam motor sport Honda berperforma tinggi yang kental dengan DNA balap pada area Pertamax, yaitu CBR1000RR-R Fireblade, CBR250RR, dan CBR150R.

Continue reading “Baru Diluncurkan, Motor Sport Adventure Touring CB150X Hadir di Sirkuit Mandalika”

Ratusan Bikers Honda Beri Semangat Pebalap Indonesia di Mandalika

Sebanyak 236 bikers Honda dari seluruh Tanah Air memberi semangat para pebalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertanding di putaran pamungkas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 19-21 November 2021. Dukungan disampaikan dalam kegiatan “Meet and Greet” secara virtual (19/11) dan perwakilan dari mereka menonton langsung gelaran balap di sirkuit kebanggaan bangsa, Pertamina Mandalika Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (20-21/11).

Keakraban dan pesan motivasi terus mengalir dari para bikers yang mengikuti kegiatan “Meet and Greet” bersama pebalap Honda yang akan bertanding di IATC. Tak hanya para bikers, pebalap kelas dunia dari Honda Racing Corporation (HRC) Team, Alvaro Bautista dan Leon Haslam, yang balapan di sirkuit yang sama pada ajang FIM Superbike World Championship (WSBK) juga turut memberi motivasi bagi para pebalap muda Indonesia tersebut.

“Program pembinaan yang sangat bagus untuk perkembangan pebalap-pebalap muda dan jika program ini ada waktu saya masih muda, tentunya saya akan menjadi pebalap yang lebih baik lagi”, ujar Pebalap HRC, Leon Haslam yang turut mengungkapkan apresiasinya atas pembinaan balap dari AHM.

Continue reading “Ratusan Bikers Honda Beri Semangat Pebalap Indonesia di Mandalika”

Dominasi 10 Besar, Pebalap Astra Honda Pukau Masyarakat di Balapan Penutup ATC Mandalika

Perjuangan gigih pebalap Indonesia untuk harumkan nama bangsa pada balapan internasional Asia Talent Cup (ATC) 2021 seri Mandalika membuahkan hasil yang positif. Pada balapan ketiga putaran ATC terakhir yang dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit (21/11), pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyuguhkan perjuangan yang kompetitif dan mendominasi posisi 10 besar.

Salah satu penampilan impresif ini dipersembahkan oleh Herjun pada balapan ATC 2021 di Mandalika. Pada seri pamungkas, Herjun berhasil mencetak hasil impresif saat kualifikasi yang menempatkannya di posisi start ketiga. Pada saat balapan ketiga dimulai, pebalap kelahiran Pati, Jawa Tengah ini menunjukkan keahlian balapnya dengan konsisten berada di posisi ketiga di hampir separuh balapan. Namun sayangnya, persaingan sengit memperebutkan posisi ketiga harus terlepas dari Herjun di lap terakhir dan menempatkannya di posisi keempat dengan selisih waktu yang tipis.

Continue reading “Dominasi 10 Besar, Pebalap Astra Honda Pukau Masyarakat di Balapan Penutup ATC Mandalika”

Bersiap, Saksikan Aksi 6 Pebalap Indonesia Binaan AHM di ATC Mandalika

Sempat tertunda minggu lalu, enam rider belia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) semakin bersemangat untuk menjadi pebalap Indonesia pertama yang berlaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat. Semua mata penggemar balap, baik dari Indonesia atau pun manca negara, akan tertuju pada penampilan mereka yang menjadi tuan rumah putaran final Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) 2021. Ajang pencarian bibit pebalap berbakat di Asia yang terafiliasi dengan Dorna Sport tersebut terkonfirmasi akan digeber akhir pekan ini, dilangsungkan pada Jumat-Minggu (19-21 November).

#3: Fadillah Arbi Aditama
#19: Azryan Dheyo Wahyumaniadi
#11: Herlian Dandi
#10: Herjun Atna Firdaus
#24: Reykat Yusuf Fadillah
#25: Veda Ega Pratama

Fadillah Arbi Aditama (16), Herlian Dandi (15), Azryan Dheyo (16), Herjun Atna Firdaus (17), akan ditemani dua pebalap wild card jebolan Astra Honda Racing School, Veda Ega Pratama (12) dan Reykat Yusuf Fadillah (13). Mereka menyatakan sudah siap memberikan kemampuan terbaiknya selama empat race, di hadapan publik sendiri, demi mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Arbi, pebalap kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya untuk melahap setiap sesi dan lomba akhir pekan ini. Dia berupaya memanfaatkan waktu yang terbatas untuk mengeksplorasi karakter sirkuit Mandalika saat latihan bebas dan kualifikasi minggu lalu. ”Balapan kali ini akan terasa berbeda. Selain mendapat dukungan semangat langsung dari penonton asal negeri sendiri, sirkuit Mandalika juga memiliki karakter trek yang menantang untuk ditaklukkan. Fokus saya, capaian waktu bisa meningkat lagi di balapan,” katanya.

Continue reading “Bersiap, Saksikan Aksi 6 Pebalap Indonesia Binaan AHM di ATC Mandalika”

Motor Sport Adventure Touring New CB150X Hadir Mengaspal di Indonesia

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor sport adventure turing 150cc pertama di Indonesia yaitu New CB150X. Kehadiran model ini menjadi jawaban bagi masyarakat yang menyukai tantangan dan membutuhkan partner berkendara yang tepat ketika berpetualang untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia.

Sebagai pionir di kelasnya, New CB150X hadir dengan desain adventure touring dan nuansa tampilan big bike, posisi berkendara yang nyaman, serta beragam fitur canggih yang mampu memberikan performa berkendara yang optimal. Dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan, model ini menyuguhkan performa responsif dan sensasi ketangguhan berpetualang ketika berkendara sehari-hari ataupun turing jarak jauh.

President Direktur PT AHM Keiichi Yasuda mengatakan New CB150X dihadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang memiliki jiwa petualang, senang mengeksplorasi beragam tempat baru, serta menyukai tampilan macho dan tantangan ketika berkendara. Performanya yang tangguh mampu menghadirkan pengalaman berkendara jarak jauh yang lebih menyenangkan.

Continue reading “Motor Sport Adventure Touring New CB150X Hadir Mengaspal di Indonesia”

Balapan Perdana di Mandalika, 6 Pebalap Astra Honda Bertekad Banggakan Bangsa

Setelah 7 bulan sejak putaran kedua Asia Talent Cup (ATC) 2021 yang digelar April lalu, para pebalap Astra Honda kini siap kembali berlaga pada putaran ketiga ATC 2021 yang akan digelar perdana di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat pada akhir pekan ini (13-14/11). Putaran ketiga ini sekaligus menjadi momen yang spesial karena terdapat enam pebalap muda Indonesia yang akan bertarung mengharumkan nama bangsa di sirkuit Tanah Air.

Nomor Motor Pebalap:
#3: Fadillah Arbi Aditama
#19: Azryan Dheyo Wahyumaniadi
#11: Herlian Dandi
#10: Herjun Atna Firdaus

Tiga pebalap belia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini telah mengikuti ATC 2021 sejak putaran pertama (27-28/3) dan putaran kedua (3-4/4) di Losail International Circuit, Qatar, yakni Fadillah Arbi Aditama (16), Herlian Dandi (15), Azryan Dheyo (16). Sementara itu, pebalap Herjun Atna Firdaus (17) yang tengah menjalani proses pemulihan paska operasi pada kedua putaran tersebut, kini siap menemani ketiga pebalap lainnya untuk mencetak prestasi di putaran ketiga.

Pada balapan perdana ATC langsung di depan masyarakat Indonesia, kali ini keempat pebalap binaan AHM tersebut akan ditemani dua pebalap Tanah Air yang tampil sebagai pebalap wildcard ATC 2021, yaitu Veda Ega Pratama (12) dan juga Reykat Yusuf Fadillah (13). Kehadiran dua pemuda potensial binaan Astra Honda Racing School ini menguatkan peluang Indonesia mencetak prestasi positif pada gelaran ATC ini.

Continue reading “Balapan Perdana di Mandalika, 6 Pebalap Astra Honda Bertekad Banggakan Bangsa”

Bikers Honda Lintasi 6 Pulau dalam Ekspedisi Nusantara

Bikers pecinta sepeda motor Honda jejalahi keindahan negeri dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara lintas 6 pulau di Indonesia. Touring jarak jauh yang melintasi pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara Barat, Bali hingga Sulawesi ini menjadi wujud kecintaan para bikers Honda terhadap berbagai destinasi wisata yang khas dari setiap daerah sekaligus memperkuat persaudaraan sesama bikers Honda.

Gelaran Ekspedisi Nusantara yang mengusung tema Satu Hati Untuk Negeri dimulai sejak 19 Oktober 2021 di Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur. Pada awal November (4/11), para riders Ekspedisi Nusantara memasuki pulau Jawa melintasi DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, yang dilanjutkan menuju Nusa Tenggara Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan akan berakhir di Sulawesi Utara pada 4 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti secara terbatas oleh para bikers penjelajah negeri dari perwakilan Honda Community berbagai daerah di Indonesia dengan total peserta 16 bikers yang telah mengikuti program vaksinasi pemerintah dosis lengkap dan melakukan test PCR sebelum melakukan perjalanan. Penyelenggaraan sepanjang acara pun tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Continue reading “Bikers Honda Lintasi 6 Pulau dalam Ekspedisi Nusantara”

Wadahi Pecinta Balap, CBR Track Day Kembali Digelar

Menjawab antusiasme para pecinta balap Tanah Air, CBR Track Day 2021 kembali digelar sebagai ajang bagi para pecinta performa tinggi sepeda motor Honda. Sepanjang acara, ratusan bikers memacu motor Honda CBR kesayangannya untuk merasakan sensasi kecepatan di lintasan balap.

Didukung penuh oleh PT Astra Honda Motor dan jaringannya, CBR Track Day yang diinisiasi Asosiasi Honda CBR Club (AHC) diikuti sebanyak 100 starter pecinta Honda CBR dari berbagai daerah untuk meramaikan seri perdana yang digelar pada akhir pekan (30-31/10) di Sentul International Circuit, Jawa Barat. Mengusung tema “Ini Baru Laki”, para pecinta CBR dapat merasakan kembali sensasi melibas lintasan balap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tahun ini, gelaran bagi pengguna CBR series terbagi menjadi dua kelas, yaitu 150cc dan 250cc. Untuk kelas 250cc memiliki tiga kategori yaitu Komunitas A, Komunitas B dan Open. Khusus untuk kelas 150cc, selain kategori Komunitas A, Komunitas B, dan Open, CBR Track Day kembali menghadirkan kelas Junior Exhibition khusus untuk memberikan kesempatan bagi peserta yang berusia di bawah 16 tahun untuk merasakan performa tinggi Honda CBR series.

CBR Track Day yang dihelat selama dua hari ini dimulai dengan pendaftaran ulang para peserta balapan sekaligus skrining kesehatan pada Sabtu (30/10). Pada hari Minggu (31/10), gelaran balap dibuka dengan adanya Free Practice dan Kualifikasi untuk keseluruhan kelas CBR Track Day 2021. Setelahnya, balapan diadakan sebanyak satu kali race untuk seluruh kelas. Tak kalah menarik, kali ini pebalap AHRT hadir menyapa para peserta. Irfan Ardiansyah beserta Lucky Hendriansya mengadakan riding exhibition menggunakan CBR600RR dan CBR250RR mengelilingi Sirkuit Sentul untuk memberikan semangat kepada para peserta CBR Track Day.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi gelaran CBR Track Day 2021 yang mewadahi antusiasme tinggi para pecinta balap untuk kembali melibas aspal sirkuit yang tertunda selama pandemi. AHM berharap melalui helatan ini, para pebalap pecinta CBR dapat kembali merasakan langsung sensasi berkendara dengan kendali penuh.

Continue reading “Wadahi Pecinta Balap, CBR Track Day Kembali Digelar”