Adira Gelar Program CSR Festival Kreatif Lokal Untuk Dorong Kebangkitan UMKM Ekonomi Kreatif

Adira Finance meluncurkan program CSR bertajuk Festival Kreatif Lokal 2020 yang bertujuan untuk mendukung program ketahanan ekonomi negeri, terutama di saat pandemi COVID-19.

Kerjasama ini bisa menjadi peluang untuk membuka kesempatan lainnya, antara Kemenparekraf dan Adira dalam mengembangkan UMKM dan generasi muda Indonesia.

Harapannya adalah banyak UMKM yang berpartisipasi demi menunjukkan potensi anak bangsa melalui kreativitas dan inovasi. Festival Kreatif Lokal akan dilaksanakan selama Agustus 2020 – Januari 2021.

Penyelenggaraan kegiatan “Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020” yang didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sekaligus eksposur terhadap para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif.

Sehingga tidak hanya dapat meningkatkan ketahanan bisnis tapi juga bangkit dari pandemi COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemenparekraf dengan Adira Finance dalam penyelenggaraan “Festival Kreatif Lokal 2020″, Kamis (27/8/2020), mengatakan pandemi yang sedang melanda dunia memiliki dampak yang negatif terhadap banyak sektor tidak terkecuali ekonomi kreatif dan UMKM.

“Sejalan dengan arahan presiden, kita perlu galakkan kemandirian kita sebagai sebuah bangsa. Dengan itu, kita bisa gerakkan kembali roda ekonomi yang terganggu akibat pandemi, bahkan kita harus bisa bajak pandemi ini agar sebisa mungkin untuk membuat kemajuan atau lompatan agar Indonesia jauh lebih baik,” kata Wishnutama.

Ia mengatakan, pada situasi saat ini sangat penting untuk menjaga optimisme sekaligus mempersiapkan untuk memasuki era post vaksin. Ia meyakini setelah nanti vaksin telah diproduksi dan didistribusi, sektor parekraf akan melesat kembali bahkan lebih baik dari sebelumnya.

“Pemerintah telah berkali-kali menyampaikan tentang persiapan vaksin COVID-19, yang artinya para pelaku usaha khususnya di sektor ekonomi kreatif harus bisa mempersiapkan diri terhadap peluang yang akan ada pada saat vaksin COVID-19 sudah terdistribusi. Dan saya yakini peluang akan sangat banyak,” kata Wishnutama.

Ia pun berharap Festival Kreatif Lokal tidak sekadar program CSR, namun dapat diyakini untuk mendorong para pelaku kreatif melakukan inovasi dan kreativitas sehingga mampu meningkatkan taraf hidup serta memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif untuk melalui pandemi ini.

“Kita harapkan dengan sinergi ini pelaku ekonomi kreatif dapat kembali bangkit sehingga kita semua dari berbagai macam sektor dapat memajukan perekonomian kembali dan negeri kita yang kita cintai,” kata Wishnutama.

Sementara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya saat sesi diskusi mengatakan, pemerintah sebelumnya telah menggulirkan program Bangga Buatan Indonesia , sebuah gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Sebagai turunan dari gerakan nasional tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf kemudian menjalankan program #BeliKreatifLokal yang memberikan berbagai pendampingan untuk peningkatan kompetensi pelaku UKM ekraf agar dapat masuk ke platform digital.

“Dengan berbagai pendampingan yang dilakukan Kemenparekraf/Baparekraf kepada para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif melalui program #BeliKreatifLokal, average penjualan para pelaku UMKM meningkat sekitar 24 persen dari sebelum mereka onboarding. Hal ini tentu hasil yang menggembirakan” kata Nia Niscaya.

Karena itu ia mengapresiasi kehadiran program Adira Finance Festival Kreatif Lokal yang akan mendorong lebih banyak lagi UMKM ekraf yang mendapatkan pendampingan dan dukungan.

Secara kelembagaan, Nia berharap lewat kerja sama ini juga dapat meningkatkan brand Wonderful Indonesia agar semakin dikenal. “Kemitraan ini dapat memberikan hasil dan manfaat untuk banyak pihak,” kata Nia.

Festival Kreatif Lokal 2020″ merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan “Bangkit Bersama Sahabat” yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal artis ternama untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terdampak pandemi.

“Melihat dari perjalanan dua tahun sebelumnya dari Festival Kreatif Lokal ini, apa yang kita lakukan mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Target kami membuat acara ini semakin besar dan berkelanjutan ke depannya agar memberikan dampak yang lebih luas pada masyarakat,” kata Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, Direktur SDM dan dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, Direktur Adira Insurance Donni Gandamana, CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin, Direktur Adira Insurance Donni Gandamana, serta CEO Anteraja Suyanto Tjoeng.

Adira Finance Luncurkan Aplikasi Online Adiraku

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance) merilisaplikasi layanan konsumen berbasis digital, Adiraku. Aplikasi ini dirancang sebagai solusi finansial bagi konsumen dengan memberikan pengalaman bertransaksi sesuai kebutuhan.

Adira Finance yang telah berkembang  dengan puluhan juta konsumen di seluruh Indonesia dalam kurun waktu selama 30 tahun, kini semakin mantap meningkatkan pelayanan dan konektivitas dengan mereka. Dengan di rilisnya aplikasi Adiraku kini mampu menjadi jembatan yang terus terhubung selama 24 jam dengan Adira Finance, untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi “, ujar Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance.

Dengan aplikasi Adiraku, kini konsumen Adira Finance akan mendapatkan akses terhadap layanan finansial cepat dan pengalaman bertransaksi yang mudah dan menyenangkan kapanpun dan dimanapun. Berbagai fitur layanan yang tersedia di Adiraku antara lain:

  • Informasi Detil Kontrak, dapat melihat nomor kontrak, besar angsuran, tanggal jatuh tempo, sisa tenor, angsuran dan informasi lainnya.
  • Bayar Angsuran Instan, dapat melakukan pembayaran angsuran dimana saja dan kapan saja. Bayar Angsuran Instan ini menggunakan sistem virtual account sehingga transaksi akan berjalan secara real time. Pembayaran anggsuran dapat dilakukan melalui transfer ATM, D-bank, internet
  • Riwayat Pembayaran, Memonitor sisa tenor dan jumlah angsuran yang sudah dibayarkan.
  • Eazy Klik, Penawaran spesial personalized pre-approved credit bagi konsumen terpilih memenuhi syarat.
  • Simulasi Kredit, Simulasi Kredit dapat diakses oleh konsumen maupun calon konsumen Adira Finance
  • Whatsapp Chat Dering Adira 24 Jam, Fitur ini dapat memudahkan konsumen untuk terhubung 24 jam dengan berbagai jaringan
  • Janji Bayar , Sebuah fitur yg memudahkan konsumen untuk melakukan penjadwalan pembayaran apabila pada saat tanggal jatuh tempo konsumen belum memiliki dana melalukan pembayaran cicilan.
  • Lokasi Cabang , Konsumen yang ingin datang ke kantor cabang, dapat membuka fitur Lokasi Cabang terhubung langsung dengan Google Maps.
  • Cashback Reward Game , Yang menarik, setelah bayar angsuran lewat aplikasi Adiraku, konsumen akan ditawarkan
  • Informasi Umum , Adiraku memberikan informasi yang banyak dibutuhkan oleh konsumen terkait

Aplikasi Adiraku dapat diunduh melalui Google Playstore (Android) atau App Store (1OS). Setelah mengunduh, konsumen dapat melakukan registrasi dengan mengisi nomor handphone dan kode OTP yang dikirimkan via sms, dan setelahnya konsumen dapat membuat PIN yang akan digunakan untuk login.

Bagi konsumen Adira Finance yang sudah mengunduh aplikasi Adiraku hingga April 2020, dapat mengikuti program Undian Seru Adiraku dimana konsumen berkesempatan mendapatkan hadiah seru berupa sepeda motor serta hadiah menarik lainnya. Syarat mengikuti undian ini cukup mudah hanya dengan mengunduh aplikasi Adiraku dan melakukan pembayaran cicilan melalui Adiraku.

Adiraku tidak hanya diperuntukkan bagi konsumen Adira Finance saja, masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mengetahui informasi tentang solusi finansial dari Adira Finance, mengakses informasi umum berupa produk, promo maupun lokasi cabang Adira Finance, serta melakukan simulasi kredit berbagai produk di aplikasi Adiraku.

“Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, serta membawa mereka maju dan sukses bersama dengan Adira Finance. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu, menciptakan nilai bersama untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tutup Hafid.

Tentang Adira Finance

Adira Finance berdiri pada tahun 1990 semula dikembangkan sebagai perusahaan pembiayaan mobil, yang kemudian sejak tahun 1997 merambah ke pembiayaan sepeda motor, Pada tahun 2004, Adira Finance menawarkan sahamnya di Bursa Efek

Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) vang selaniutnva diambil alih oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon). Saat ini kepemilikan saham Bank Danamon terhadap Perusahaan adalah sebesar 92,07%.

LEMBAR PENGUMUMAN PEMENANG INDONESIA ROAD SAFETY AWARD 2019

Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi
Pemenang Utama
Kota Depok
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kota Depok
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kota Depok
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kota Magelang
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kota Magelang
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kota Depok

Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah
Pemenang Utama
Kota Banjarbaru
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kota Balikpapan
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kota Balikpapan
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kota Banjarbaru
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kota Banjarbaru
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kota Padang Panjang

Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi
Pemenang Utama
Kabupaten Pacitan
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kabupaten Pacitan
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kabupaten Pacitan
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kabupaten Pacitan
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kabupaten Pacitan
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kabupaten Jepara

Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah
Pemenang Utama
Kabupaten Musi Banyuasin
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kabupaten Landak
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kabupaten Musi Banyuasin
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kabupaten Banyuasin
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kabupaten Musi Banyuasin
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kabupaten Banyuasin

Kategori Kota/Kabupaten Excellent City 2019”
Pemenang Utama
Kota Semarang
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kabupaten Bangka
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kota Semarang
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kota Semarang
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kota Semarang
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kabupaten Bangka

Kategori Ibukota Provinsi
Pemenang Utama
Kota Bandung
Pemenang Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management)
Kota Bandung
Pemenang Pilar 2 Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road)
Kota Bandung
Pemenang Pilar 3 Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle)
Kota Bandung
Pemenang Pilar 4 Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User)
Kota Bandung
Pemenang Pilar 5: Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (Pre and Post-Crash Response)
Kota Bandung

Penghargaan Khusus
Kota/kabupaten terbaik pada program kemitraaan
Kota Banjarbaru
Kota/kabupaten terbaik pada angkutan umum
Kota Semarang
Kota/kabupaten terbaik pada program sosialisasi dan edukasi keselamatan jalan
Kota Banjarbaru
Kota/kabupaten terbaik pada program Public Service Center
Kabupaten Bangka

Lewat IRSA, Adira Insurance Ajak Masyarakat Tingkatkan Keselamatan

PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) secara konsisten mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kepedulian akan keselamatan jalan. Melalui IRSA (Indonesia Road Safety Award), Adira Insurance memberikan apresiasi kepada kota dan kabupaten yang memiliki penerapan tata kelola keselamatan jalan terbaik. IRSA digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintahan, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menegaskan, Adira Insurance menjadi perusahaan asuransi umum satu-satunya di Indonesia yang memiliki program CSR dengan fokus keselamatan di jalan dan terus dilakukan secara konsisten. Kami akui hal ini tidaklah mudah, namun dengan sinergi dari berbagai pihak seperti 5 pilar kementerian, Adira Insurance mampu berkontribusi secara aktif untuk terus meningkatkan kepedulian keselamatan jalan di Indonesia.

IRSA merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas dengan 5 Pilar keselamatan jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, diantaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan.

Melalui IRSA, lahir program-program inovatif baru yang secara serius diterapkan oleh Pemerintah kota dan Kabupaten untuk diterapkan dalam tata kelola keselamatan jalan. Semangat dari program IRSA adalah memberikan dukungan kepada pemerintah Kota dan Kabupaten agar terus menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan jalan yang aman dan nyaman.

Untuk membangun kesadaran masyarakat akan road safety terlebih dengan tujuan untuk menekan angka fatalitas di jalan tentunya bukan merupakan pekerjaan jangka pendek dan hanya dikerjakan satu pihak saja. Ini membutuhkan keseriusan banyak pihak dan strategi jangka panjang. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk menjalankan program ini hingga mencapai tujuan besar. Komitmen Adira Insurance dalam membangun keselamatan jalan pun juga tidak akan pernah berhenti, Julian

Adira Insurance mendapat dukungan penuh dari Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/BAPPENAS sebagai kordinator 5 pilar keselamatan jalan dalam terus menggerakkan IRSA. Sudah tiga tahun terakhir ini, hasil riset IRSA dijadikan laporan yang disampaikan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS di kancah internasional dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Kami selaku pihak swasta sangat bangga dan mengucapkan terima kasih sudah mempercayakan kami. Tentu saja ucapan terima kasih untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan serta para penggiat raod safety lainnya. Harapannya kolaborasi yang terjalin ini dapat mendorong pelaksanaan penerapan program keselamatan jalan yang baik dan menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia, ungkap Julian.

Setelah sukses diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, penganugerahaan IRSA kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Tahun ini, acara penganugerahan IRSA 2019 digelar pada Selasa, 17 Desember 2019 bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta. Di tahun 2019, tercatat sebanyak 180 kota dan kabupaten yang ikut serta dan kemudian terpilih sebanyak 23 kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019. 23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya. Tahap berikutnya adalah observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2019, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut. Tahap terakhir adalah penjurian dan sharing session yang telah dilakukan pada Oktober lalu di Gedung Kementerian PPN/Bappenas.

Yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya adalah penambahan kategori finalis pada IRSA. Salah satunya kami menambahkan kategori Ibukota Provinsi, hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kualitas riset agar semakin seimbang antar finalis. Selain itu, hal ini juga merupakan hasil evaluasi pelaksanaan IRSA 2018 dan masukan dari 5 pilar kementerian serta pakar keselamatan jalan dalam forum IRSA 2019 yang telah dilakukan Februari lalu, ungkap Julian.

Julian menegaskan, IRSA 2019 ini mengangkat tema Road Safety Through Smart Mobilty dengan alasan bahwa di era serba cepat ini, sistem tata kelola keselamatan jalan harus mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui perpindahan penduduk yang efektif, efisien, dan terintegrasi dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.”

Adira Insurance melalui IRSA mengajak seluruh lapisan masyarakat melalui pemerintah kota dan kabupaten untuk terus menularkan virus road safety. “Sehingga kami berharap pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia. Pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi dan role model bagi pemerintah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk dapat mengembangkan program-program keselamatan jalan dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi,” tutup Julian.

FESTIVAL PESONA LOKAL 2019 BERAKHIR DENGAN MERIAH DI JAKARTA

Kota Jakarta menjadi penutup rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 yang digelar dalam rangka HUT Ke-29 Adira Finance. FPL Jakarta 2019 merupakan program CSR kolaborasi antara Adira Finance, RCTI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang didukung oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai wujud umntuk mempromosikan potensi budaya dan kearifan lokal daerah Betawi. Lebih dari 10.000 pengunjung memadati Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Senayan untuk ikut memeriah kan dan merasakan sensasi pesona lokal FPL Jakarta 2019.


“Lebih dari 5000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance yakni karyawan, mitra bisnis, dan karyawan beserta keluarganya serta masyarakat Jakarta ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah berkolaborasi dan mendukung terselenggaranya acara Festival Pesona Lokal Jakarta 2019 ujar Hafid Hadeli Direktur Utama Adira Finance Berbeda dengan tahun sebelumnya, FPL Jakarta 2019 berlangsung pada hari Sabtu mulai pukul 14.00 hingga 21.00 malam.

Acara ini dibuka oleh Direktur Utama Adira Finance beserta jajaran Direksi Adira Finance, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswed an, Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Yasushi Itagaki dan Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor. Sebagai informasi rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 sebelumnya telah sukses dilaksanakan di 6 kota besar di Indonesia, diantaranya Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta.

Acara FPL Jakarta 2019 dibuka dengan parade karnaval budaya yang menampilkan atraksi kekayaan budaya Betawi mulai dari baju adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas. Selain parade karnaval budaya juga terdapat beberapa aktivitas lainnya diant aranya lomba tari lokal kontemporer yang diikuti 10 grup dengan 95 peserta, lomba desain motif khas lokal kontemporer dengan 30 peserta, kompetisi ala selebgram lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung, bazaar otomotif, UMKM, stand kuliner, serta terdapat juga permainan lokal dan wahana permainan anak.

Selain berbagai perlombaan yang menarik, pengunjung juga bisa menyaksikan hiburan dari sejumlah artis ibu kota yakni Raisa, Zaskia Gotik, Abdul dan Efek Rumah Kaca, pertunjukan parade kostum dan tarian kolosal nusantara yang dibawakan oleh 220 penari professional, penampilan LED night marching band serta art corner yang menampilkan karya-karya desain motif khas lokal kontemporer dari kota-kota penyelenggara FPL 2019 Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang FPL Jakarta 2019.

Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,- . juara 2 Rp. 10.000.000-,dan juara 3 Rp.5.000.000,. Pemenang Lomba Tari Kontemporer akan mendapatkan juara utama uang tunai Rp. 5.000.000, dan juara favorit Rp. 2.000.000,- Untuk para pemenang Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontem porer masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 3.000.000,-, juara 2 Rp. 2.000.000,-, juara 3 Rp. 1.000.000,-.

Sementara untuk pemenang Lomba Kompetisi ala selebgram akan mendapatkan uang tunai Rp. 2.000.000,- untuk pemenang utama dan Rp. 1.000.000,- untuk pemenang favorit, yang akan diumumkan H+7 di akun Instagram resmi Adira Finance di @adirafinanceid.
Adira Finance mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya yang menjadi sponsor utama yaitu Adira Insurance dan sponsor lainnya seperti; MUFG Bank, Alibaba Cloud, Viro, PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, dan Artajasa

Hari ini kita menjadi saksi atas kemeriahan pada pergelaran Festival Pesona Lokal Jakarta 2019, dimana respon masyarakat terhadap budaya dan kearifan lokal masih sangat antusias. Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal memberikan kesan yang baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan, sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal, serta promosi wisata daerah,” tutup Hafid.

Adira Finance Gelar Acara Hari Jadi Yang Ke 29

29 Tahun Adira Finance Hadir Untuk Indonesia Mewarnai Keberagaman Bersama Seluruh Ekosistem-nya Jakarta, (15/11) Memasuki usia ke-29 tahun pada 13 November 2019, salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Muiti Finance Tbk (Adira Finance) terus berkomitmen untuk berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan yang berfokus pada konsumen. Selama 29 tahun Adira Finance telah tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan ekosistemnya yaitu karyawan, konsumen, mitra bisnis serta seluruh masyarakat Indonesia.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan rasa syukur 29 tahun Adira Finance hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan pembiayaan masyarakat Indonesia. “Pencapaian yang Adira Finance raih hingga hari ini, tidak luput dari kontribusi seluruh ekosistem kami. Selama 29 tahun kami menyediakan beragam solusi keuangan sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen melalui sinergi dengan ekosistem kami”, ujar Hafid.

Adira Finance terus berinovasi melakukan pengembangan produk, mulai dari Pembiayaan Otomotif, kendaraan roda dua dan roda empat, hingga saat ini Adira Finance sudah menyediakan berbagai pembiayaan termasuk Pembiayaan Durables (elektronik, gadget fumiture), Pembiayaan Multiguna untuk berbagai kebutuhan seperti dana kesehatan, pendidikan, renovasi rumah, sampai dengan produk pembiayaan umrah. Sejak tahun 2014 Adira Finance juga sudah menawarkan pembiayaan berbasis syariah, yaitu Adira Finance Syariah.
Inovasi digital Adira Finance juga diperkenalkan dengan diluncurkannya platform market place momobil.id dan momotor.id, serta aplikasi layanan AKSES Adira Finance sejak tahun 2017 untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada konsumen.

Selama 29 tahun Adira Finance berkarya memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia demi tumbuh dan berkembang bersama ekosistem dalam usaha untuk menciptakan nilai bersama untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia.
Rangkaian Kegiatan HUT Ke- 29 Adira Finance Dalam menyambut HUT Ke-29, Adira Finance menggelar serangkaian program dan kegiatan CSR sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dimana tertuang daiam corporate branding Adira Finance untuk indonesia yang melibatkan peran serta aktif ekosistem. Berbagai kegiatan digelar bertujuan untuk mendukung kemajuan pariwisata, budaya, pendidikan, dan UMKM di Indonesia.

Di bidang pariwisata dan budaya, Adira Finance mengadakan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di 7 kota besar mulai Agustus hingga November 2019, bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan RCTI, serta didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pesona Indonesia). Masyarakat di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta disuguhkan berbagai hiburan antara lain karnava! budaya, lomba tari lokal kontemporer, desain motif khas lokal kontemporer, lomba selebgram, serta bazaar aneka produk lokal. FPL 2019 telah sukses diikuti oleh 26 ribu peserta yang terdiri masyarakat umum, pelajar, dan ekosistem Adira Finance. Dari 6 kota yang telah dilangsungkan, FPL berhasil menarik lebih dari 50 ribu pengunjung untuk merasakan langsung sensasi kekayaan budaya di daerahnya. Sebagai penghujung, FPL Jakarta akan dilaksanakan Sabtu, 16 November 2019 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Senayan.


Masih dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal, Adira Finance menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) yang bertujuan untuk membangun citra positif sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya, serta mengajak untuk kembali menghidupkan pasar rakyat di Indonesia. Berkolaborasi dengan Danamon Peduli (YDP) dan komunitas lokal setempat, kegiatan ini telah diselenggarakan 5 kota yaitu Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar. Mendapat sekitar 140 komunitas lokal, FPR berhasil menjaring keterlibatan sekitar 2500 dihadiri lebih dari 8000 pengunjung.


Tidak hanya itu, dalam rangka turut mempromosikan potensi dan kearifan daerah di Indonesia, Adira Finance mengadakan KompetisiFoto dan Lokal 2019, yang berhasil mengumpukan 2.608 karya dan diikuti oleh 1.273 menceritakan keberagaman budaya dari 31 provinsi yang ada di Indonesia sosial Instagram dan Youtube.
“Ketiga kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk membantu pariwisata dan budaya Indonesia kepada masyarakat. Tidak hanya melalui langsung namun juga kami berusaha untuk menyediakan ruang berkumpul seperti di FPL dan FPR. Melalui Kompetisi Foto dan Video Sahabat mengajak generasi millennial untuk berbagi tentang potensi lokal destinasi menarik di Indonesia,” sambung Swandajani Gunadi selaku Direktur SDM Adira Finance.


Wujud dukungan Adira Finance untuk dunia Pendidikan tertuang Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen untuk Indonesia. Program yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan ini digelar di 9 wilayah di Indonesia. Selain itu, Kompetisi Ide Bisnis kembali diselenggarakan oleh Adira Finance. Berkolaborasi dengan Institute (ELI) Prasetya Mulya, kompetisi ini mengajak generasi muda Indonesia, mahasiswa, untuk membuat dan mengembangkan ide inovasi bisnis INNOCAMP 2019 berhasil mengumpulkan 214 ide bisnis dari 312 mahasiswa dari 54 perguruan tinggi di Indonesia.


Pada kesempatan yang sama, Adira Finance juga mengumumkan HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas) yang merupakan program undian poin untuk seluruh konsumennya. Pengundian terakhir program ini tanggal 13 November 2019 lalu dan mengumumkan 140 konsumen beruntung cicilannya oleh Adira Finance. Dengan diumumkannya pemenang periode 1000 konsumen yang beruntung telah merasakan cicilannya dilunasi Terima kasih kepada seluruh ekosistem kami dan masyarakat Indonesia bagian dari perjalanan 29 tahun Adira Finance. Semoga kami memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia,” tutup Hafid

Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Hingga saat ini, IRSA telah berada di tahap Sharing Session. Acara yang diadakan di Gedung Kementerian PPN/Bappenas ini, mengangkat tema Konsep Smart City Pada Perspektif Keselamatan Jalan yang Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living.

Keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya adalah sebuah hal yang perlu perhatian secara khusus dan menjadi tanggung jawab bersama, apalgi jika melihat pada tingginya pertumbuhan penduduk pada suatu kota otomatis meningkatkan kebutuhan mobilitas dari penduduk dan secara nyata meningkatkan jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang kemudian diikuti dengan permasalahan lainnya. Adapun beberapa permasalahan yang muncul karena tingginya angka pertumbuhan penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi di suatu wilayah diantaranya yaitu kemacetan (traffic), keselamatan (safety), efisiensi (efficiency) dan polusi udara (polutan).

Dalam memecahkan permasalahan-permasalahan ini, saat ini pemangku kepentingan suatu kota harus dapat merumuskan suatu konsep pergerakan penduduk yang efisien dan terintegrasi atau smart mobility yang akan sangat berguna mendorong pertumbuhan ekonomi suatu kota. Secara teknis, konsep Smart Mobility adalah model pergerakan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi yang utamanya adalah transportasi umum yang terintergrasi, aman, berkeselamatan, dan nyaman.

Selain itu, harus diikuti pula dengan konsep masyarakat yang memiliki kualitas yang terukur dan memiliki budaya berkeselamatan selama di jalan atau Smart Living. Kedua hal ini saling terhubung dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Fenomena inilah yang diangkat sebagai topik Sharing Session Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Sharing Session IRSA merupakan forum diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019 dengan instansi terkait jelang penentuan ajang penghargaan IRSA 2019.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance mengungkapkan, “Sharing session ini merupakan bagian dari perjalanan penyelenggaraan IRSA sejak 7 tahun lalu. Tentunya kami sangat antusias dapat menyediakan forum bagi para Finalis dan Para pakar di bidang keselamatan untuk saling berbagi program kebijakan dalam menekan angka kecelakaan dan fatalitasnya. Sehingga hasil dari forum ini dapat dijadikan referensi untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di wilayahnya.”

Tidak hanya berhenti sampai disini, para Finalis akan melakukan city tour untuk melihat secara langsung seperti apa penerapan smart mobility yang ada di PT. Transjakarta dan Korlantas Polri untuk mendukung smart living yang aman, selamat, dan nyaman. Kedua hal ini yang coba diwujudkan oleh Ibukota Provinsi untuk menerapkan smart city dalam tata kelola keselamatan jalan.

“Dengan adanya sharing session ini, menjadikan IRSA yang tidak hanya sekedar penghargaan melainkan mampu merangkul berbagai pihak untuk saling bersinergi mewujudkan zero accident di Indonesia serta dapat memberikan solusi permasalahan kota dan kabupaten finalis IRSA dalam hal penerapan smart mobility dan smart living dalam kontekstual smart city di wilayahnya masing-masing,” ungkap Julian.

Continue reading “Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living”