FESTIVAL PESONA LOKAL 2019 BERAKHIR DENGAN MERIAH DI JAKARTA

Kota Jakarta menjadi penutup rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 yang digelar dalam rangka HUT Ke-29 Adira Finance. FPL Jakarta 2019 merupakan program CSR kolaborasi antara Adira Finance, RCTI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang didukung oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai wujud umntuk mempromosikan potensi budaya dan kearifan lokal daerah Betawi. Lebih dari 10.000 pengunjung memadati Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Senayan untuk ikut memeriah kan dan merasakan sensasi pesona lokal FPL Jakarta 2019.


“Lebih dari 5000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance yakni karyawan, mitra bisnis, dan karyawan beserta keluarganya serta masyarakat Jakarta ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah berkolaborasi dan mendukung terselenggaranya acara Festival Pesona Lokal Jakarta 2019 ujar Hafid Hadeli Direktur Utama Adira Finance Berbeda dengan tahun sebelumnya, FPL Jakarta 2019 berlangsung pada hari Sabtu mulai pukul 14.00 hingga 21.00 malam.

Acara ini dibuka oleh Direktur Utama Adira Finance beserta jajaran Direksi Adira Finance, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswed an, Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Yasushi Itagaki dan Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor. Sebagai informasi rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 sebelumnya telah sukses dilaksanakan di 6 kota besar di Indonesia, diantaranya Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta.

Acara FPL Jakarta 2019 dibuka dengan parade karnaval budaya yang menampilkan atraksi kekayaan budaya Betawi mulai dari baju adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas. Selain parade karnaval budaya juga terdapat beberapa aktivitas lainnya diant aranya lomba tari lokal kontemporer yang diikuti 10 grup dengan 95 peserta, lomba desain motif khas lokal kontemporer dengan 30 peserta, kompetisi ala selebgram lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung, bazaar otomotif, UMKM, stand kuliner, serta terdapat juga permainan lokal dan wahana permainan anak.

Selain berbagai perlombaan yang menarik, pengunjung juga bisa menyaksikan hiburan dari sejumlah artis ibu kota yakni Raisa, Zaskia Gotik, Abdul dan Efek Rumah Kaca, pertunjukan parade kostum dan tarian kolosal nusantara yang dibawakan oleh 220 penari professional, penampilan LED night marching band serta art corner yang menampilkan karya-karya desain motif khas lokal kontemporer dari kota-kota penyelenggara FPL 2019 Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang FPL Jakarta 2019.

Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,- . juara 2 Rp. 10.000.000-,dan juara 3 Rp.5.000.000,. Pemenang Lomba Tari Kontemporer akan mendapatkan juara utama uang tunai Rp. 5.000.000, dan juara favorit Rp. 2.000.000,- Untuk para pemenang Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontem porer masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 3.000.000,-, juara 2 Rp. 2.000.000,-, juara 3 Rp. 1.000.000,-.

Sementara untuk pemenang Lomba Kompetisi ala selebgram akan mendapatkan uang tunai Rp. 2.000.000,- untuk pemenang utama dan Rp. 1.000.000,- untuk pemenang favorit, yang akan diumumkan H+7 di akun Instagram resmi Adira Finance di @adirafinanceid.
Adira Finance mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya yang menjadi sponsor utama yaitu Adira Insurance dan sponsor lainnya seperti; MUFG Bank, Alibaba Cloud, Viro, PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, dan Artajasa

Hari ini kita menjadi saksi atas kemeriahan pada pergelaran Festival Pesona Lokal Jakarta 2019, dimana respon masyarakat terhadap budaya dan kearifan lokal masih sangat antusias. Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal memberikan kesan yang baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan, sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal, serta promosi wisata daerah,” tutup Hafid.

Adira Finance Gelar Acara Hari Jadi Yang Ke 29

29 Tahun Adira Finance Hadir Untuk Indonesia Mewarnai Keberagaman Bersama Seluruh Ekosistem-nya Jakarta, (15/11) Memasuki usia ke-29 tahun pada 13 November 2019, salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, PT Adira Dinamika Muiti Finance Tbk (Adira Finance) terus berkomitmen untuk berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan yang berfokus pada konsumen. Selama 29 tahun Adira Finance telah tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan ekosistemnya yaitu karyawan, konsumen, mitra bisnis serta seluruh masyarakat Indonesia.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli menyampaikan rasa syukur 29 tahun Adira Finance hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan pembiayaan masyarakat Indonesia. “Pencapaian yang Adira Finance raih hingga hari ini, tidak luput dari kontribusi seluruh ekosistem kami. Selama 29 tahun kami menyediakan beragam solusi keuangan sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen melalui sinergi dengan ekosistem kami”, ujar Hafid.

Adira Finance terus berinovasi melakukan pengembangan produk, mulai dari Pembiayaan Otomotif, kendaraan roda dua dan roda empat, hingga saat ini Adira Finance sudah menyediakan berbagai pembiayaan termasuk Pembiayaan Durables (elektronik, gadget fumiture), Pembiayaan Multiguna untuk berbagai kebutuhan seperti dana kesehatan, pendidikan, renovasi rumah, sampai dengan produk pembiayaan umrah. Sejak tahun 2014 Adira Finance juga sudah menawarkan pembiayaan berbasis syariah, yaitu Adira Finance Syariah.
Inovasi digital Adira Finance juga diperkenalkan dengan diluncurkannya platform market place momobil.id dan momotor.id, serta aplikasi layanan AKSES Adira Finance sejak tahun 2017 untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada konsumen.

Selama 29 tahun Adira Finance berkarya memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia demi tumbuh dan berkembang bersama ekosistem dalam usaha untuk menciptakan nilai bersama untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia.
Rangkaian Kegiatan HUT Ke- 29 Adira Finance Dalam menyambut HUT Ke-29, Adira Finance menggelar serangkaian program dan kegiatan CSR sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa dimana tertuang daiam corporate branding Adira Finance untuk indonesia yang melibatkan peran serta aktif ekosistem. Berbagai kegiatan digelar bertujuan untuk mendukung kemajuan pariwisata, budaya, pendidikan, dan UMKM di Indonesia.

Di bidang pariwisata dan budaya, Adira Finance mengadakan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di 7 kota besar mulai Agustus hingga November 2019, bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan RCTI, serta didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pesona Indonesia). Masyarakat di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta dan Jakarta disuguhkan berbagai hiburan antara lain karnava! budaya, lomba tari lokal kontemporer, desain motif khas lokal kontemporer, lomba selebgram, serta bazaar aneka produk lokal. FPL 2019 telah sukses diikuti oleh 26 ribu peserta yang terdiri masyarakat umum, pelajar, dan ekosistem Adira Finance. Dari 6 kota yang telah dilangsungkan, FPL berhasil menarik lebih dari 50 ribu pengunjung untuk merasakan langsung sensasi kekayaan budaya di daerahnya. Sebagai penghujung, FPL Jakarta akan dilaksanakan Sabtu, 16 November 2019 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Senayan.


Masih dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal, Adira Finance menggelar Festival Pasar Rakyat (FPR) yang bertujuan untuk membangun citra positif sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya, serta mengajak untuk kembali menghidupkan pasar rakyat di Indonesia. Berkolaborasi dengan Danamon Peduli (YDP) dan komunitas lokal setempat, kegiatan ini telah diselenggarakan 5 kota yaitu Magelang, Bogor, Mataram, Pontianak, dan Denpasar. Mendapat sekitar 140 komunitas lokal, FPR berhasil menjaring keterlibatan sekitar 2500 dihadiri lebih dari 8000 pengunjung.


Tidak hanya itu, dalam rangka turut mempromosikan potensi dan kearifan daerah di Indonesia, Adira Finance mengadakan KompetisiFoto dan Lokal 2019, yang berhasil mengumpukan 2.608 karya dan diikuti oleh 1.273 menceritakan keberagaman budaya dari 31 provinsi yang ada di Indonesia sosial Instagram dan Youtube.
“Ketiga kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk membantu pariwisata dan budaya Indonesia kepada masyarakat. Tidak hanya melalui langsung namun juga kami berusaha untuk menyediakan ruang berkumpul seperti di FPL dan FPR. Melalui Kompetisi Foto dan Video Sahabat mengajak generasi millennial untuk berbagi tentang potensi lokal destinasi menarik di Indonesia,” sambung Swandajani Gunadi selaku Direktur SDM Adira Finance.


Wujud dukungan Adira Finance untuk dunia Pendidikan tertuang Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen untuk Indonesia. Program yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan ini digelar di 9 wilayah di Indonesia. Selain itu, Kompetisi Ide Bisnis kembali diselenggarakan oleh Adira Finance. Berkolaborasi dengan Institute (ELI) Prasetya Mulya, kompetisi ini mengajak generasi muda Indonesia, mahasiswa, untuk membuat dan mengembangkan ide inovasi bisnis INNOCAMP 2019 berhasil mengumpulkan 214 ide bisnis dari 312 mahasiswa dari 54 perguruan tinggi di Indonesia.


Pada kesempatan yang sama, Adira Finance juga mengumumkan HARCILNAS (Harinya Cicilan Lunas) yang merupakan program undian poin untuk seluruh konsumennya. Pengundian terakhir program ini tanggal 13 November 2019 lalu dan mengumumkan 140 konsumen beruntung cicilannya oleh Adira Finance. Dengan diumumkannya pemenang periode 1000 konsumen yang beruntung telah merasakan cicilannya dilunasi Terima kasih kepada seluruh ekosistem kami dan masyarakat Indonesia bagian dari perjalanan 29 tahun Adira Finance. Semoga kami memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia,” tutup Hafid

Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living

Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 kembali digelar untuk ketujuh kalinya. Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Hingga saat ini, IRSA telah berada di tahap Sharing Session. Acara yang diadakan di Gedung Kementerian PPN/Bappenas ini, mengangkat tema Konsep Smart City Pada Perspektif Keselamatan Jalan yang Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living.

Keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya adalah sebuah hal yang perlu perhatian secara khusus dan menjadi tanggung jawab bersama, apalgi jika melihat pada tingginya pertumbuhan penduduk pada suatu kota otomatis meningkatkan kebutuhan mobilitas dari penduduk dan secara nyata meningkatkan jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang kemudian diikuti dengan permasalahan lainnya. Adapun beberapa permasalahan yang muncul karena tingginya angka pertumbuhan penduduk dan penggunaan kendaraan pribadi di suatu wilayah diantaranya yaitu kemacetan (traffic), keselamatan (safety), efisiensi (efficiency) dan polusi udara (polutan).

Dalam memecahkan permasalahan-permasalahan ini, saat ini pemangku kepentingan suatu kota harus dapat merumuskan suatu konsep pergerakan penduduk yang efisien dan terintegrasi atau smart mobility yang akan sangat berguna mendorong pertumbuhan ekonomi suatu kota. Secara teknis, konsep Smart Mobility adalah model pergerakan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi yang utamanya adalah transportasi umum yang terintergrasi, aman, berkeselamatan, dan nyaman.

Selain itu, harus diikuti pula dengan konsep masyarakat yang memiliki kualitas yang terukur dan memiliki budaya berkeselamatan selama di jalan atau Smart Living. Kedua hal ini saling terhubung dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Fenomena inilah yang diangkat sebagai topik Sharing Session Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Sharing Session IRSA merupakan forum diskusi antar pemerintah kota dan kabupaten yang menjadi finalis IRSA 2019 dengan instansi terkait jelang penentuan ajang penghargaan IRSA 2019.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance mengungkapkan, “Sharing session ini merupakan bagian dari perjalanan penyelenggaraan IRSA sejak 7 tahun lalu. Tentunya kami sangat antusias dapat menyediakan forum bagi para Finalis dan Para pakar di bidang keselamatan untuk saling berbagi program kebijakan dalam menekan angka kecelakaan dan fatalitasnya. Sehingga hasil dari forum ini dapat dijadikan referensi untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di wilayahnya.”

Tidak hanya berhenti sampai disini, para Finalis akan melakukan city tour untuk melihat secara langsung seperti apa penerapan smart mobility yang ada di PT. Transjakarta dan Korlantas Polri untuk mendukung smart living yang aman, selamat, dan nyaman. Kedua hal ini yang coba diwujudkan oleh Ibukota Provinsi untuk menerapkan smart city dalam tata kelola keselamatan jalan.

“Dengan adanya sharing session ini, menjadikan IRSA yang tidak hanya sekedar penghargaan melainkan mampu merangkul berbagai pihak untuk saling bersinergi mewujudkan zero accident di Indonesia serta dapat memberikan solusi permasalahan kota dan kabupaten finalis IRSA dalam hal penerapan smart mobility dan smart living dalam kontekstual smart city di wilayahnya masing-masing,” ungkap Julian.

Continue reading “Membangun Smart City pada Perspektif Keselamatan Jalan dengan Berfokus pada Penerapan Smart Mobility dan Smart Living”