Jangan Bosan, Ini Tips dan Trik Berkendara Saat Hujan Ala Honda

Terlihat sepele namun fatal, banyak pengendara yang lalai saat berkendara saat hujan. Padahal kondisi inilah beragam potensi bahaya mengintai kelengahan pengendara motor.

Awal tahun 2022, hujan ternyata masih kerap terjadi dan merupakan ‘momok’ fatal bagi pengendara motor. Plus ditambah mulai normalnya segala aktifitas kantor dan sekolah dijakarta kondisi hujan membuat jalanan khas ibukota ‘simpan’ beragam potensi kecelakaan. Namun, Tim Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) tidak pernah bosan ingatkan pengendara motor lebih peduli dengan keselamatan berkendara dengan masih usung semangat #Cari_aman.

“Mungkin terdengar membosankan, namun kami tetap tidak akan pernah bosan untuk berbagi edukasi berkendara secara aman khususnya menyikapi kondisi hujan dan padatnya aktifitas jalanan ibukota yang kembali normal karena kantor dan sekolah sudah kembali aktif,” papar Head of SRP, Agus Sani.

Continue reading “Jangan Bosan, Ini Tips dan Trik Berkendara Saat Hujan Ala Honda”

Hari Ibu, AHM Ajak 1.000 Perempuan Indonesia Sadar Keselamatan Berkendara

Memperingati Hari Ibu, PT Astra Honda Motor (AHM) beserta jaringan Main Dealer sepeda motor Honda seluruh Indonesia mengadakan kampanye safety riding dengan memberi edukasi keselamatan berkendara kepada 1.000 sosok perempuan dari Sabang sampai Merauke. Mereka diharapkan  dapat menginspirasi para perempuan Indonesia dalam berkendara untuk mewujudkan mimpinya.

Perempuan merupakan sosok yang sangat berharga, darinya lahir para generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan positif dalam keluarga. Dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, banyak perempuan masa kini menggunakan sepeda motor baik secara individu maupun bersama keluarga. Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan cara berkendara yang aman.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap perempuan Indonesia, AHM mengerahkan instruktur handal safety riding Honda pada 13-21 Desember 2021 untuk mengemas pelatihan keselamatan berkendara yang interaktif dan menyenangkan dengan materi yang kekinian. Mereka diajari tips berkendara yang aman dan nyaman bagi perempuan, postur tubuh yang baik saat berkendara, dan penggunaan riding gear seperti helm yang tidak hanya sebagai alat pelindung diri namun sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup.

Continue reading “Hari Ibu, AHM Ajak 1.000 Perempuan Indonesia Sadar Keselamatan Berkendara”

Honda ADV150 Jadi Skutik Resmi Sirkuit Mandalika

PT Astra Honda Motor (AHM) menyerahkan 40 unit Honda ADV150 kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bentuk dukungan terhadap operasional Pertamina Mandalika International Street Circuit. Honda ADV150 juga akan menjadi kendaraan resmi ajang balapan internasional perdana di sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia ini, yaitu Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK).

Penyerahan simbolik 40 unit Honda ADV150 oleh Brand Activation Manager AHM Andhika Sabmarin kepada Direktur Operasional & Inovasi Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Arie Prasetyo dan Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, disaksikan oleh dan Administration and Finance Sub Department Head main dealer Astra Motor NTB Agung Nugroho.

Sejalan dengan kerjasama tersebut, Honda ADV150 resmi menjadi skutik yang akan dipakai seluruh kegiatan pebalap mancanegara dan timnya, serta kru paddock perhelatan balap IATC dan WSBK di sirkuit yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Skutik besar Honda ini juga menjadi andalan dalam mendukung mobilitas pebalap muda binaan AHM yang akan bertanding dalam gelaran IATC.

Honda ADV150 yang memiliki desain bodi futuristik dan manly siap mendukung aktivitas tinggi selama persiapan maupun penyelenggaraan balap IATC (13-14/11 dan 20-21/11) dan WSBK (20-21/11). Penyerahan simbolik 40 unit Honda ADV150 dilakukan pada Rabu, 3 November 2021 oleh Brand Activation Manager AHM Andhika Sabmarin kepada Direktur Operasional & Inovasi Bisnis Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Arie Prasetyo dan Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, disaksikan oleh dan Administration and Finance Sub Department Head main dealer Astra Motor NTB Agung Nugroho.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengungkapkan dukungan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan olahraga balap motor, termasuk dalam pengelolaan operasional sirkuit kebanggaan bangsa dan menyukseskan penyelenggaraan balap internasional perdananya bulan ini.

Continue reading “Honda ADV150 Jadi Skutik Resmi Sirkuit Mandalika”

Digelar Virtual, AHM Uji Kemampuan Instruktur Keselamatan Berkendara

PT Astra Honda Motor (AHM) terus memperkuat keterampilan para instruktur keselamatan berkendara dengan mengadakan Astra Honda Virtual Safety Riding Instructors Competition 2021. Kompetisi ini merupakan bentuk adaptasi AHM di masa pandemi agar dapat terus melakukan kalibrasi kompetensi instruktur dan advisor safety riding sepeda motor Honda di Tanah Air.

Melibatkan 2.000 advisor safety riding yang terdiri dari karyawan dealer dan komunitas Honda, kompetisi instruktur keselamatan berkendara ini dimulai pada 18 Oktober – 14 November 2021 untuk seleksi regional. Seleksi dilanjutkan tingkat nasional pada 22 – 26 November 2021, yang melibatkan 168  advisor safety riding dan 60 instruktur safety riding dari seluruh Indonesia.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan kompetisi instruktur safety riding virtual ini merupakan upaya perusahaan untuk memastikan kemampuan instruktur safety riding Honda terus terkalibrasi sehingga bisa efektif dalam menyampaikan edukasi keselamatan berkendara kendati berada di masa pandemi.

Continue reading “Digelar Virtual, AHM Uji Kemampuan Instruktur Keselamatan Berkendara”

Helm Tepat, Berkendara Makin Nikmat

Meski kecil namun sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Tanpa ‘dia’ nyawa menjadi pertaruhan saat bersepeda motor. Saking pentingnya, benda ini jadi perlengkapan vital berkendara dalam undang-undang lalu lintas. Itulah Helm, jangan sepelekan benda ini saat berkendara motor.

Tidak hanya semata sebagai alat transportasi, kini sepeda motor telah menjadi bagian gaya hidup bahkan mempertegas kelas sosial pengendaranya. Selain ‘tunggannya’, penikmat kendaraan roda dua juga melengkapi diri dengan perlengkapan wajib berkendara, Helm. Tidak hanya sekedar melindungi kepala, penggunaan helm kini juga ikut menjadi identitas pengendara motor.

“Helm adalah bagian penting berkendara motor. Penggunaan helm kini makin baik, bahkan helm miliki unsur-unsur yang dapat mempertegas pengendara motor. Tidak hanya bentuk unik, helm dengan harga hingga jutaan rupiah kini lazim ditemui di jalanan,” jelas Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani.

Agus Sani menambahkan, pemilihan helm yang tepat juga jadi satu faktor pendukung keselamatan berkendara. Untuk itu, diperlukan pemahaman terkait pemilihan helm bagi pengendara mulai dari mencocokan dengan jenis motor, tujuan penggunaan, hingga pemilihan jenis sesuai tujuan berkendara seperti turing, off road ataupun harian. Dengan pemilihan yang tepat, selain keselamatan dipastikan kegiatan bersepeda motor akan makin nyaman.

Berikut jenis helm mulai dari jenis hingga peruntukan penggunaan.

1.           Full face

Sesuai dengan namanya, helm ini menutup sempurna bagian kepala hingga wajah. Dipastikan helm ini maksimal melidungi kepala dan wajah saat terjadi kecelakaan. Helm jenis ini biasa digunakan pengendara motor sport yang identik dengan kecepatan.

Menutup kepala, wajah dan sebagaian leher, helm ini juga pilihan terbaik berkendara jauh. Jenis helm ini juga memiliki pelindung bagian rahang, dagu dan pipi. Desain full face terkadang tidak disukai oleh seluruh pengendara motor karena sifatnya yang tertutup full, terkesan pengap dan panas. Namun beberapa pabrikan kini telah berikan perubahan pada sistem ventilasi yang lebih baik sehingga lebih nyaman digunakan. Helm full face memiliki fans tersendiri, khususnya penggila balap. Banyak pilihan dipasaran yang dapat diperoleh mulai dari kelas menengah hingga mewah sekelas pebalap MotoGP.

2.           Modular

Setipe dengan Full Face, Helm jenis modular juga menutup seluruh bagian kepala dan wajah. Perbedaan terdapat pada pembukaan helm bisa dilakukan dari bagian dagu hingga wajah sehingga mempermudah kegiatan telepon ataupun sekedar minum saat perjalanan.

Helm ini juga jadi salah satu favorit penggemar turing semi off road banyak dikenakan oleh penggemar sepeda motor jenis Adventure seperti Honda Africa Twin dan CRF250 Rally atau Honda CB500X. Helm modular biasanya agak lebih berat dibandingkan dengan helm pada umumnya, sehingga helm ini sering dihindari oleh pengendara untuk aktifitas harian.

3.           Open Face

Open berarti terbuka, maka jenis helm ini memiliki bagian yang terbuka. Meski melindungi bagian kepala, bagian wajah menjadi rentan cedera saat kecelakaan terjadi. Meski demikian, pengendara motor dengan selera old school, custom, dan klasik sering memilih helm ini guna mempertegas identitas pengendaranya.

Agus Sani tidak menyarankan penggunaan helm ini untuk kegiatan turing dan offroad. Tidak hanya berkesan santai, keselamatan dan kenyamanan pengendara jadi alasan utamanya. Disarankan, pengendara dapat menetukan dengan bijak penggunaan helm ini dalam penggunaannya. Untuk aktifitas harian helm ini jelas lebih simpel.

4.           Off Road

Memiliki bentuk paling beda dengan ketiga tipe helm diatas, helm off road jelas diperuntukkan penggemar ‘trabas’ alias trail.

Masuk dalam kategori full face, namun pada bagian wajah, pelindung bagian mulut lebih maju dan menggunakan google sebagai pelindung mata dan sebagian wajah. Helm off road pada bagian sisi kanan dan kirinya terlihat lebih ramping, serta terdapat pelindung yang lebih panjang di bagian depan untuk melindungi dari terik matahari. Karena peruntukan yang lebih dikhususkan untuk kegiatan trail, helm ini dipastikan tidak nyaman untuk berkendara harian ataupun turing motor sport.

Dari beragam tipe helm diatas, masih ada beberapa unsur pada helm yang juga mempengaruhi faktor kenyamanan berkendara. “Kaca helm, adalah bagian yang tidak bisa disepelekan. Pemilihan kaca bening atau gelap juga perlu dapatkan perhatian untuk menentukan waktu berkendara terang atau gelap,” tambah Agus.

Selain itu, perkembangan perlengkapan berkendara terutama helm terus mengalami banyak kemajuan dalam rangka berikan kenyamanan berkendara. Salah satunya solusi atasi kabut atau fog pada saat hujan dan penambahan alat komunikasi antar pengendara yang ‘doyan’ turing meningkatkan faktor keselamatan berkendara.

Setelah mengenal berbagai jenis helm tadi, anda pasti sudah tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tetap gunakan helm saat berkendara karena keselamatan adalah hal yang paling utama.

Tim Safety Riding Promotion (SRP) tetap terapkan Prokes dalam kegiatan tatap muka

Menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Tim Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) mulai gelar edukasi safety riding tatap muka sepanjang Mei hingga Juni 2021.

Tidak seperti biasanya, edukasi safety riding yang berlangsung di Training Center Wahana, Jatake Tangerang kini dibatasi hanya 30 persen dari jumlah seperti waktu normal sebelumnya. Selain jaga jarak dan wajib gunakan masker, waktu penyampaian materi dan praktek juga ikut dipersingkat.

“Sepanjang Mei hingga Juni kami mulai adakan edukasi untuk berbagai kelompok seperti komunitas, korporat hingga guru,” jelas Head of SRP Agus Sani. Selanjutnya ia menegaskan, bahwa seluruh pelatihan tentu ikuti kebijakan pemerintah terkait situasi pandemi saat ini.

Setelah setahun ‘libur’ tatap muka dan lebih banyak lakukan kegiatan edukasi berkendara aman secara virtual, semangat sebarkan kesadaran berkendara aman tetap jadi hal utama yang dilakukan Wahana Honda. Hal tersebut terlihat langsung dari padatnya kegiatan virtual serta beragam artikel menarik seputar safety riding juga rutin diupload dalam website resmi Wahana, www.wahanahonda.com.

“Penyebaran paham berkendara aman tetap berlangsung dengan beragam cara. Komitmen ini kami pegang sesuai prinsip ciptakan jalan raya yang lebih aman untuk semua dengan prilaku pengendara yang lebih peduli tentang keselamatan berkendara,’ tutup Agus.

Yayasan AHM Gandeng 101 Content Creator Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Kreatifitas anak muda saat ini menjadi kunci penting dalam menyampaikan pesan edukasi yang kreatif dan mengispirasi. Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mendapatkan 101 karya video unik dan kreatif karya insan muda creator berbakat dalam ajang kreatifitas Short Movie Contest (SMC) 2021. Antusias tinggi peserta kontes ini semakin menguatkan peran penting anak muda dalam edukasi keselamatan berkendara di tengah masyarakat.

Short Movie Contest (SMC) 2021 merupakan salah satu gerakan Road Safety Campaign yang digulirkan Yayasan AHM untuk terus berupaya untuk menghadirkan budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di Indonesia, kendati di masa pandemi. Para Content Creator muda menyuguhkan banyak karya kreatif film pendek berdurasi 3 hingga 5 menit bertema “Berkendara Aman dan Nyaman” pada gelaran yang berlangsung pada periode 26 Maret – 28 Mei 2021. Pada ajang ini, para peserta membuat konten video kreatif menggunakan kamera professional seperti SLR/Mirrorless ataupun kamera handphone dan juga software editing video yang dikuasai. Proses penjurian SMC 2021 dilakukan oleh para dewan juri dari content creator professional dan perwakilan manajemen AHM.

Dengan memperhatikan beberapa aspek penilaian seperti kesesuaian tema, konsep film, bahasa, kreativitas tampilan dan metode penyampaian yang kekinian, terpilih 3 karya anak muda kreatif terbaik dan 3 video terfavorit pilihan masyarakat. Yayasan AHM juga mengapresiasi 20 pengirim video pertama yang dikirim pada awal periode kontes. Short Movie Contest (SMC) 2021 menyiapkan total hadiah sebesar Rp38 juta untuk para kreator video berbakat dari seluruh Indonesia. Para pemenang ajang ini, mendapat apresiasi uang tunai Rp12 juta bagi juara pertama, Rp8 juta bagi juara kedua, dan Rp5 juta bagi juara ketiga. Sementara itu juara terfavorit pilihan publik mendapatkan hadiah sebuah Smartphone.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda berperan besar dalam menyebarkan pesan positif di era milenial ini. Kegiatan Short Movie Contest Keselamatan berkendara ini merupakan bagian dari upaya Yayasan AHM dalam mengampanyekan budaya aman berkendara dengan bahasa, gaya anak muda saat ini, termasuk melalui video yang digemari generasi muda saat ini.

“Jika 1 video karya content creator muda ini ini dilihat 500-600 orang, maka ajang yang menghasilkan 101 video kreatif ini bisa menyampaikan pesan keselamatan berkendara kepada setidaknya lebih dari 60 ribu orang. Kami berharap generasi muda kreatif ini dapat terus konsisten membuat konten yang menarik di media sosialnya. Kami akan terus mendukung penyebaran pesan berkendara aman dan nyaman di jalan raya,” ujar Muhibbuddin.

Khas Anak Muda

Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari berbagai karya peserta yang penuh kreatifitas, juara pertama diraih oleh STM Project Community melalui karya kreatif berjudul “A Journey Dara Dira” yang menceritakan gaya liburan yang aman dan menyenangkan ke Danau Rupang Kalimantan Barat ditemani sepeda motor Honda BeAT. Pesan bekendara aman dikemas dalam video khas anak muda yang kekinian.

Konten menarik juga ditunjukkan pada peraih juara kedua yaitu Shot & Chill Production dengan judul film pendek “Bingung”. Konten video menceritakan kisah kekuatiran akan bahaya menjemput kekasih pulang kerja namun tidak memenuhi prinsip berkendara aman. Alur cerita yang menarik menimbulkan rasa penasaran untuk mengkiti film ini hingga akhir. Peraih juara ketia diraih oleh Wahid Shofauzadi & Fairul Umam dengan judul “Liburan Bersama Honda” yang bercerita tentang seorang traveller dalam melakukan perjalan liburan ke gunung dengan berbagai cerita suka dan duka selama perjalanan. Film ini begitu detail memaparkan persiapan yang harus dilakukan biker sebelum berpetualang naik motor.

Yayasan AHM juga mengapresiasi 3 video terfavorit diraih oleh Tinari Production judul film “Masa Depanku”, Bintang Catur dengan judul “Pesan Ibu” dan Azhar Riau Pamungkas dengan judul “Naga”. Film pendek favorit dan film pemenang kegiatan ini dapat disaksikan di channel Youtube Sahabat Satu Hati.

Waspadai Bahaya Blind Spot Ketika Berkendara

Berkelana dengan sepeda motor di jalan raya memang menyenangkan dan lebih efisien secara waktu. Dengan dimensi yang lebih kecil, sepeda motor memiliki kemampuan berkendara lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain, namun juga berpotensi sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan lain yang lebih besar.

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.

Blind spot merupakan “titik buta” kendaraan yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendara dan spion standar kendaraan. Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:

1.       Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara. Salah satu tempat pelatihan safety riding yang tersedia saat ini bisa ditemui di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.

2.       Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot kita.

3.       Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

4.       Selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

5.       Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

6.       Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.

7.       Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

“Semakin besar suatu kendaraan maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” tutup Lucky.

Patuh Tidak Mudik, Ratusan Konsumen Honda Lepas Rindu Melalui Silaturahmi Virtual

Demi mendukung upaya pemerintah menekan penularan Covid-19 saat libur panjang Lebaran, ratusan konsumen Honda memilih patuh tidak mudik ke kampung halaman dan menjadi bagian dari silahturahmi akbar secara virtual yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM). Dalam kegiatan ini, para konsumen Honda juga turut melepas rindu bersama perwakilan keluarga di kampung halaman, dan menyaksikan penyerahan bingkisan Lebaran spesial yang disiapkan AHM bersama jaringannya.

Silahturahmi bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1442 H terasa berbeda bagi para konsumen Honda yang terbiasa mudik ke kampung halaman setiap tahun. Pengalaman baru yang tak terlupakan dalam silaturhami akbar AHM diikuti 314 konsumen terpilih dari peserta program Mudik-Balik Honda (MBBH) 2019 dan pembeli Honda BeAT di Jakarta dan sekitarnya.

Konsumen terpilih ini merupakan konsumen yang merantau jauh dari kota kelahirannya di Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Apresiasi bingkisan Lebaran disiapkan AHM untuk keluarga mereka di kampung halaman, didukung oleh main dealer atau dealer sesuai dengan area kota asal konsumen.

Continue reading “Patuh Tidak Mudik, Ratusan Konsumen Honda Lepas Rindu Melalui Silaturahmi Virtual”

AHM Berbagi Tips Berkendara Aman dan Tetap Stylish untuk Perempuan

Kepedulian PT Astra Honda Motor (AHM) kepada perempuan Indonesia terus dilanjutkan melalui gelaran edukasi keselamatan berkendara yang disampaikan langsung oleh Kartini masa kini bidang keselamatan, yaitu instruktur perempuan dari Safety Riding Honda. Kegiatan ini diikuti 661 anak muda dari sekolah SMK Mitra Industri MM2100 dan Universitas Indonesia.

Berkendara dengan sepeda motor kini juga banyak dilakukan oleh kaum perempuan untuk menunjang aktivitas mobilisasi dan gaya hidupnya. Untuk dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan beberapa faktor sejak sebelum mulai berkendara.

Pada kegiatan webinar dan talkshow edukasi keselamatan berkendara untuk perempuan, para peserta tidak hanya dibekali tentang cara berkendara yang baik dan benar. Para instruktur perempuan dari Safety Riding Honda juga berbagi informasi terkait pemilihan pakaian dan perlengkapan berkendara yang aman dan tetap stylish, kondisi apa saja yang memiliki pengaruh terhadap performa berkendara baik secara fisik maupun emosional, postur berkendara yang baik dan benar, bagaimana cara membawa barang yang aman, tips untuk tetap berpenampilan menarik ketika berkendara, termasuk penggunaan helm bagi para pengguna hijab. Para anak muda ini juga diharapkan tetap mengutamakan #Cari_aman selama berkendara.

Continue reading “AHM Berbagi Tips Berkendara Aman dan Tetap Stylish untuk Perempuan”