Penghujan Tiba, Simak Tips #Cari_Aman Berkendara Hindari Kecelakaan

Musim penghujan mulai kembali, bahkan sudah turun melanda sejumlah kota di Jakarta dengan intensitas yang bervariasi. Hujan lebat sering kali menjadi tantangan besar bagi para pengendara sepeda motor, jalan yang licin dan visibilitas terbatas, menjadi sebab risiko kecelakaan meningkat.

“Saat berkendara pastinya wajib #Cari_Aman, salah ambil tindakan bisa jadi berbeda ceritanya. Tindakan baik itu pengecekan sebelum melakukan perjalanan dan perilaku berkendara yang sesuai standar keselamatan wajib diperhatikan, apalagi di kondisi cuaca yang memang kurang mengasyikkan buat pengendara,” tutur Agus Sani, Head of Safety Promotion PT Wahana Makmur Sejati.

Jangan sampai diabaikan soal keselamatan, karena salah sedikit saja tentu bisa berakibat pada kejadian yang tak menyenangkan. Ada beberapa tips yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mengurangi risiko di jalan.

Continue reading “Penghujan Tiba, Simak Tips #Cari_Aman Berkendara Hindari Kecelakaan”

Hindari Jari Tangan Stand By di Tuas Rem Depan Biar Tetap #Cari_Aman Naik Motor

Pengereman yang tepat termasuk upaya #Cari_Aman saat naik motor. Namun, jari tangan stand by (bersiap) di tuas rem depan justru meningkatkan risiko kecelakaan.  

Lho, bukannya jari tangan stand by di tuas rem depan bertujuan agar lebih sigap melakukan pengereman?

Refleks mengerem

“Benar. Tapi, otak cenderung akan memberi sinyal refleks untuk mengerem sekuatnya bila ada potensi bahaya di jalan, misalnya orang menyeberang sembarang,” kata Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani. Potensi kecelakaan, lanjut Agus Sani, bisa meningkat bila pengendara panik dan menekan tuas rem depan dengan kuat.

Continue reading “Hindari Jari Tangan Stand By di Tuas Rem Depan Biar Tetap #Cari_Aman Naik Motor”

#Cari_Aman Berkendara Motor, Tengok Belakang Sebelum Nge-gas

#Cari_Aman naik motor dimulai dari saat sebelum berkendara. Salah satunya adalah menengok ke belakang. Sederhana, tapi ini penting. Menurut Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani, menengok ke belakang sebelum mengendarai motor merupakan salah satu dari banyak cara untuk mewujudkan #Cari_Aman berkendara motor.

Sederhana, tapi penting

“Ini sederhana, tapi penting. Sayangnya, banyak pengendara motor yang belum mempraktikkannya. Menengok ke belakang penting bila pengendara berhenti di pinggir jalan atau hendak memulai perjalanan menggunakan sepeda motor,” ujar Agus Sani di Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Banten, Jumat (10/5/2024).

Continue reading “#Cari_Aman Berkendara Motor, Tengok Belakang Sebelum Nge-gas”

Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang

Bersama PT Astra Honda Motor (AHM), PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar Advisor Dealer & Community Safety Riding Competition Regional 2024 untuk wilayah Jakarta-Tangerang. Ajang ini berlangsung di Wahana Makmur Sejati Safety Center, Jatake, Tangerang, Minggu (28/4/2024).

Kompetisi ini diikuti oleh hampir 100 peserta yang terdiri dari para advisor dealer serta anggota komunitas klub motor Honda yang tergabung dalam Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT). 

Tiga kelas

Head of Safety Riding Promotion PT WMS Agus Sani mengungkapkan, kompetisi ini terbagi atas tiga kelas, yakni Advisor Dealer, Advisor Community Pria, dan Advisor Community Wanita.

Para peserta, katanya, harus mengikuti uji Teori (by Quiziz) dan uji praktik. Uji praktik terdiri dari brakingslalom course, dan narrow plank.

“Masing-masing kelas diambil tiga juara. Juara 1 akan diikutsertakan ke Astra Honda Safety Riding Instructor Competition 2024 yang akan diadakan di Safety Riding Park AHM Deltamas pada bulan Juli 2024,” lanjut Agus Sani.

Bukan gaya-gayaan

Pada kesempatan sama, Head of Technical of Technical Service Department PT WMS Dwi Supriyatno berujar, predikat juara kompetisi ini bukan semata untuk gaya-gayaan. 

“Memang, kompetisi ini menguji serta mengalibrasi kemampuan berkendara para safety advisor dealer dan community motor Honda. Tapi, yang juga penting, mereka bisa berkontribusi kepada masyarakat dalam mengampanyekan #Cari_Aman berkendara di jalan raya. Kami harap, generasi #Cari_Aman dapat berkembang lebih banyak lagi ke depannya,” tandasnya.

Sebagai Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, PT WMS akan memfasilitasi pendampingan dan pelatihan intensif selama satu bulan kepada juara 1 masing-masing kelas sebelum mengikuti Astra Honda Safety Riding Instructor Competition 2024.

Continue reading “Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang”

Wahana Makmur Sejati Siapkan Kartini Muda Generasi #Cari_Aman Berkendara Motor

PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, menyiapkan Kartini muda sebagai generasi #Cari_Aman berkendara sepeda motor.

Hal ini terungkap saat Seminar Hari Kartini di Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Banten, Rabu (24/4/2024). Acara yang mengusung tema ‘Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman’ ini diikuti oleh 50 wanita. Para peserta merupakan para guru dan siswi sejumlah SMK binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta-Tangerang.

Para pembicara pada kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kartini ini adalah instruktur Safety Riding PT WMS Resty Purbaningrum dan Kepala Subnit 3 unit Kamsel Polres Metro Tangerang Kota Ipda Desi Susanti. Ahli Kebidanan Rumah Sehat Wahana (RSW) Ida Ayu Putu Irma N.Amd,Keb.,SKM juga hadir memberikan paparan terkait kesehatan.

Materi seminar

Dalam paparannya, Ipda Desi Susanti menyampaikan, setidaknya ada lima upaya yang bisa dilakukan oleh pengendara dalam menghindari kecelakaan. Kelima upaya itu adalah memahami pergerakan kendaraan, jaga jarak aman, awas dengan kondisi sekitar, waspadai blind spot, dan hindari gangguan selama mengemudi. “Gangguan itu seperti apa? Main smartphone sambil berkendara atau mendengarkan musik terlalu keras menggunakan headset contohnya,” jelasnya.

Ipda Desi Susanti pun mendorong generasi muda, khususnya wanita, sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Pada kesempatan sama, Resty Purbaningrum memaparkan konsep ‘The Nuruls’ saat berbelok naik motor. “Konsep ini berupa nyalakan lampu sein, ubah kecepatan, gunakan rem belakang, ungkap potensi bahaya, lakukan konfirmasi aman, dan selalu matikan lampu sein setelah berbelok,” ia menjabarkan.  

Continue reading “Wahana Makmur Sejati Siapkan Kartini Muda Generasi #Cari_Aman Berkendara Motor”

Mulai Hari Ini, Pemudik Motor Dapat Nikmati Beragam Fasilitas Bale Santai Honda di Serang

Bale Santai Honda (BSH) 2024 di Serang, Banten resmi beroperasi mulai Sabtu (6/4/2024). Pemudik motor yang hendak menuju Banten atau Sumatera dan sebaliknya dapat menikmati beragam fasilitas di dalamnya agar perjalanan mudik lebih nyaman serta aman.

BSH di Serang merupakan salah satu dari 12 posko mudik yang disiapkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringannya. Untuk BSH di Serang, AHM bersinergi dengan Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, yakni PT Wahana Makmur Sejati (WMS) serta stakeholder terkait lainnya.

900 pengunjung

Menurut Head of Customer Care Department PT WMS Siti Mulyanah, BSH rutin diadakan hampir tiap tahun.

“Pada tahun lalu, BSH dikunjungi oleh sekitar 600 orang. Kami menargetkan jumlah pengunjung BSH tahun ini mencapai kira-kira 900 orang,” ungkap wanita yang akrab disapa Mulia ini.

Guna kelancaran pelaksanaan BSH 2024 di Serang, Mulia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak lainnya, seperti dealer motor Honda, bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Dinas Perhubungan, Kepolisian dan lain-lain. Hal ini juga berarti mencerminkan Sinergi Bagi Negeri.

24 jam sehari

Mulia menjelaskan, BSH 2024 di Serang berlokasi di Jalan Raya Serang KM 35. BSH 2024 di Serang ini beroperasi sejak tanggal 6–14 April 2024. 

“BSH 2024 ini dibuka 24 jam sehari. Para petugas, seperti mekanik, part man, dan tenaga medis, terbagi dalam tiga shift tiap harinya,” katanya. 

Mulia menganjurkan kepada para pemudik yang mengendarai sepeda motor Honda untuk singgah di BSH 2024.

“Khususnya bagi pemudik ke arah Banten, Lampung, atau wilayah-wilayah lain di Pulau Sumatera dan sebaliknya. Apalagi kalau pemudik sudah merasa lelah atau mengantuk, segeralah beristirahat sejenak di BSH 2024,” Mulia meneruskan.

Sejumlah fasilitas tersedia di BSH 2024, misalnya ruangan AC, konsol games, TV, alat pijat, karaoke dan lain-lain. Free WiFi, snacks, minuman, tempat ibadah, dan toilet pun tersedia. Para pemudik juga bisa memeriksa kesehatannya. 

Tambah lagi, sejumlah part dan apparel dijual dengan harga diskon, misalnya oli, ban hingga helm. Pengunjung juga bisa menikmati gratis jasa service ringan motornya dan juga gratis konsultasi motor.

Tips Mudik dan Balik Pakai Motor: Tetap Utamakan #Cari_Aman

Mudik dan balik pakai motor memang tidak dilarang. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pemudik yang menggunakan motor. Utamanya adalah #Cari_Aman.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani membagikan sejumlah tips mudik dan balik pakai motor.

  • Utamakan #Cari_Aman

Apakah Anda siap mudik dan balik pakai motor? Bagaimana bila terjadi hujan atau macet panjang? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus dijawab sebelum keberangkatan. Jawaban-jawaban dari berbagai pertanyaan seperti itu menunjukkan kesiapan calon pemudik. “Mental dan sikap #Cari_Aman harus dicanangkan sebelum berangkat. Makna mental dan sikap #Cari_Aman cukup luas, misalnya tidak ngebut karena ingin cepat sampai di kampung halaman, senantiasa mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya,” ucap Agus Sani di sela-sela acara berbuka puasa bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) di Kedai Halaman, Jakarta, Kamis (4/4/2024).

  • Pastikan kesiapan kondisi motor

Selanjutnya, pastikan motor Anda dalam kondisi baik sebelum berangkat. Periksa ban, rem, lampu, kelistrikan, klakson dan berbagai bagian penting lainnya. Bila perlu, lakukan pemeriksaan lebih menyeluruh di bengkel resmi.

  • Pastikan kondisi fisik prima

Selain motor, kondisi fisik calon pemudik juga tak kalah penting. Pengemudi dan atau yang dibonceng harus dalam kondisi fisik prima. Lakukan pemanasan sebelum mulai berkendara.

  • Siapkan perlengkapan keselamatan

Siapkan berbagai perlengkapan keselamatan sesuai standar. “Minimal, gunakan helm standar, jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman. Kacamata pelindung dan masker juga bisa menjadi tambahan yang bagus,” tambah Agus Sani.

  • Bawa barang secukupnya

Sepeda motor hanya digunakan maksimal untuk dua orang. Selain itu, bawalah barang secukupnya. Jangan lupa untuk membawa barang-barang yang penting, seperti identitas, surat kelengkapan motor dan lain-lain. “Selain diri sendiri, membawa beban

berlebihan juga bisa membahayakan pengguna jalan lain karena beban berlebih membuat keseimbangan motor terganggu,” lanjut Agus Sani.

  • Pahami rute perjalanan

Kenali rute perjalanan yang akan ditempuh. Hindari waktu prediksi puncak arus mudik dan balik. Penggunaan aplikasi peta jalan selama perjalanan juga bisa membantu kelancaran perjalanan.

  • Segera istirahat bila lelah atau mengantuk

“Segeralah mencari tempat untuk beristirahat bila lelah atau mengantuk. Idealnya, pengguna sepeda motor harus beristirahat sejenak setelah mengendarai motor selama dua jam berturut-turut,” Agus Sani menekankan. Calon pemudik, ungkap Agus Sani,

juga dapat menentukan tempat istirahat terlebih dahulu. Sejumlah titik tempat istirahat bisa ditemui di berbagai aplikasi, misalnya Wahana Honda (WANDA) untuk mengetahui lokasi Bale Santai Honda.

Agus Sani kembali mengingatkan pentingnya mental dan sikap #Cari_Aman dalam perjalanan. Terlebih lagi jika perjalanan tersebut menempuh jarak jauh, seperti umumnya saat arus mudik dan balik. Pada kesempatan sama, Chairul Rohman, Ketua Panitia Buka Puasa Bersama Forwot 2024 berharap, dengan tips yang diberikan oleh tim safety riding Wahana dapat sampai ke masyarakat luas melalui pemberitaan dari para insan media. “Sehingga angka kecelakaan saat Lebaran tahun ini dapat ditekan,” tutupnya.

PT. AHM berangkatkan 1.109 Sepeda Motor Peserta MBBH 2024

PT. Astra Honda Motor kembali menggelar program Mudik Balik Bareng Honda yang di tahun 2024 ini, kegiatan adalah sebuah program sosial yang diadakan oleh Honda Indonesia setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman atau melakukan mudik dengan memberikan dukungan dan fasilitas yang dibutuhkan selama perjalanan.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh program “Mudik Balik Bareng Honda” antara lain adalah penyediaan transportasi untuk membawa sepeda motor pemudik ke kota terdekat dengan kampung halaman serta penyediaan Bus yang membawa pemudik ke kota terdekat dengan kampung halaman, sehingga peserta MBBH dapat merasakan kenyamanan dalam perjalanan mudik dan tentunya dapat menekan risiko kecelakaan di jalan.

Kegiatan ini juga upaya mendukung pemerintah dalam memastikan keselamatan serta menekan angka kecelakaan kendaraan roda dua dan tingkat kelelahan pengendara Motor pada saat di perjalanan, baik arus Mudik maupun Balik hingga tiba di tempat tujuan

Peserta MBBH juga mendapatkan meals berbuka, sanitasi startkit, jaket, pemberian bantuan kesehatan, pembagian air mineral dan makanan ringan, serta pelayanan servis kendaraan.

Selama pelaksanaannya, program “Mudik Balik Bareng Honda” melibatkan banyak pihak, seperti pemerintah, masyarakat, dan relawan. Selain memberikan dukungan dan fasilitas selama perjalanan, program ini juga berupaya untuk memberikan edukasi mengenai keselamatan berkendara dan perawatan kendaraan kepada para peserta mudik.

Dengan adanya program “Mudik Balik Bareng Honda” ini, diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin mudik merasa lebih tenang dan aman selama perjalanan, serta memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Program MBBH tahap pertama adalah pemberangkatan sepeda motor peserta MBBH yang kali ini di berangkatkan menuju kota Semarang dan Yogyakarta pada tanggal 4 April 2024, dan tahap kedua adalah pemberangkatan peserta yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6 April 2024. MBBH 2024 kali ini di ikuti oleh 1109 kendaraan peserta dengan rincian 692 menuju DIY dan 417 peserta menuju Kota Semarang, yang di angkut dengan 28 armada truk khusus untuk ekspedisi sepeda motor. Sementara peserta MBBH secara keseluruhan di perkirakan mencapai 2.200 orang dengan rincian 1.400 di berangkatkan ke Kota Yogyakarta dan 800 orang di berangkatkan menuju Kota ke Kota Semarang.

Tips #Cari_Aman: Usir Kantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan

Ada sejumlah risiko bagi pengendara sepeda motor. Salah satunya adalah rasa kantuk. Namun, ada pula sejumlah tips #Cari_Aman untuk mengusir kantuk saat mengendarai motor, khususnya di bulan Ramadan seperti saat ini. Bagi sebagian orang, bulan Ramadan mengubah beberapa kebiasan hidupnya. Pola tidur, misalnya, berubah karena harus makan sahur. Orang yang belum terbiasa bangun lebih awal bisa jadi akan mengantuk untuk memulai aktivitas sehari-harinya.

Jika orang tersebut mengendarai kendaraan dalam beraktivitas, maka bisa membahayakan diri dan orang-orang di sekitarnya. Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani membagikan sejumlah tips guna menghilangkan rasa kantuk saat berkendara motor di bulan Ramadan.

1. Istirahat yang cukup

Mungkin, jam tidur dan bangun bergeser karena harus makan sahur. Namun, tetap pastikan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan.

“Tidur minimal 7 – 8 jam per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa kantuk,” ujar Agus Sani.

Continue reading “Tips #Cari_Aman: Usir Kantuk Saat Berkendara Motor di Bulan Ramadan”

Tahun 2023, Wahana Makmur Sejati Edukasi #Cari_Aman kepada Lebih Dari 10 Ribu Orang

Tim Safety Riding Promotion (SRP) PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, terus menyebarluaskan pemahaman #Cari_Aman ke khalayak luas. Tagline #Cari_Aman dipopulerkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk membangun budaya berkendara aman yang diberikan kepada seluruh masyarakat luas. Kampanye #Cari_Aman juga menjadi wujud Sinergi Bagi Negeri karena melibatkan banyak pihak, seperti Kepolisian, komunitas sepeda motor, sekolah, dan berbagai instansi terkait lainnya.

Lebih dari 10 ribu orang

Head of Safety Riding Promotion PT WMS Agus Sani menyampaikan, pihaknya terus mengampanyekan #Cari_Aman kepada khalayak luas, mulai dari pelajar hingga aparatur sipil negera (ASN). Pada tahun 2023 lalu, tambahnya, Tim Safety Riding Promotion PT WMS telah menggelar edukasi #Cari_Aman kepada lebih dari 5.800 pelajar SMA atau sederajat. Lalu, lebih dari 1.800 pelajar TK, SD, dan SMP. Tambah pula, lebih dari 100 civitas academica, sekitar 1.100 anggota komunitas motor Honda, 500 ASN, dan 800 orang lainnya juga mengikuti pelatihan safety riding oleh PT WMS sepanjang tahun 2023.

“Jadi, total peserta pelatihan safety riding yang turut mengampanyekan #Cari_Aman di wilayah Jakarta-Tangerang tahun lalu mencapai lebih dari 10 ribu orang,” terang Agus. Lokasi pelatihan safety riding pun beragam. Tim Safety Riding Promotion PT WMS tak memilih tempat. Lapangan sekolah hingga halaman parkir instansi tertentu pernah menjadi saksi bisu pelatihan safety riding. PT WMS sendiri memilliki venue pelatihan safety riding sendiri, yakni Training Center Wahana di Jatake, Tangerang.  

Continue reading “Tahun 2023, Wahana Makmur Sejati Edukasi #Cari_Aman kepada Lebih Dari 10 Ribu Orang”