AHM Luncurkan Pelumas Skutik Honda Makin Hemat dan Tepat

PT. Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru berukuran 0,65L sesuai kebutuhan sepeda motor skutik Honda bermesin eSP 110cc generasi terbaru. Kehadiran kemasan baru ini semakin memudahkan konsumen dalam memilih pelumas yang lebih tepat untuk menghasilkan efesiensi bahan bakar, performa mesin maksimal, tahan lama dan mesin tahan terhadap termperatur tinggi.

AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dilengkapi Engine Protection Technology yang mampu menjaga mesin sepeda motor lebih awet sehingga biaya perawatan mesin sepeda motor yang lebih kompetitif. Pelumas dengan kemasan baru ini, hadir untuk sepeda motor skutik generasi terbaru yang diproduksi sejak 2021 seperti Honda BeAT, Honda Scoopy dan Honda Genio.

General Manager Part Division AHM Dheni Setiawan mengatakan kehadiran pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dengan kemasan terbaru ini semakin melengkapi pilihan konsumen dalam merawat sepeda motor kesayangannya. AHM pun tetap menyediakan pelumas AHM OIL tipe SPX2 dan MPX2 dalam ukuran 0,8L untuk model skutik dan SPX1 dan MPX1 dalam ukuran 0,8L, 1L dan 1,2L untuk sepeda motor model sport dan cub Honda.

“Pelumas SPX2 dan MPX2 berukuran 0,65L hadir untuk menjawab kebutuhkan konsumen sepeda motor Honda yang membutuhkan pelumas yang lebih hemat namun tetap berteknologi tinggi. Kami berharap produk perawatan sepeda motor ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk konsumen dalam menjaga kinerja mesin dan tenaga mesin yang lebih optimal,” ujar Dheni.

Engine Protection Technology dalam AHM OIL memberikan konsumen banyak keuntungan seperti Honda Cleansing Agent untuk menjaga kerbersihan di dalam mesin, Honda Anti-Oxidant yang berfungsi melindungi pelumas dari proses oksidasi sehingga lebih tahan lama, Honda Visco Improver yang menjamin kekentalan pelumas AHM OIL selalu dalam kondisi stabil dan optimal di setiap kondisi suhu, dan Honda Smart Film untuk meminimalisir gesekan antar komponen mesin.

Pada varian pelumas SPX series, disematkan teknologi Fully Synthetic yang mengadopsi teknologi terbaru hydrocracked-isomerized, membuat pelumas varian ini lebih unggul dalam kualitas dan kemampuan melindungi mesin sepeda motor Honda. Dengan menggunakan teknologi hydrocrack, varian ini meminimalkan proses oksidasi di dalam mesin dan menjaga suhu mesin tetap dingin. Keseluruhan teknologi pada AHM OIL mendukung performa maksimal sehingga penggunaan bahan bakar semakin efisien.

AHM OIL terbaru saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 49.000,- untuk AHM OIL MPX2 0,65L dan untuk SPX2 dengan kemasan 0,65L hadir dengan harga Rp. 60.000,-.

Oil System Cleaner

Selain meluncurkan kemasan pelumas 0,65L, AHM juga mulai memasarkan Oil System Cleaner untuk menjaga kebersihan jalur pelumas mesin sehingga perfoma kinerja sepeda motor Honda tetap dalam kondisi optimal. Oil System Cleaner dapat digunakan pada seluruh tipe sepeda motor Honda yang dipasarkan saat ini.

Dalam menemani perawatan mesin yang lebih maksimal, Oil System Cleaner hadir dengan kandungan Powerful Cleansing Agent yang membantu mengurangi potensi timbunan endapan (oil sludge) di jalur pelumas yang menyebabkan keausan mesin prematur, overheat pada mesin sehingga konsumsi bahan bakar meningkat. Produk ini dihasilkan melalui riset panjang, tidak mengandung Solvent yang dapat berpotensi membuat karet (Seal) pada mesin berubah bentuk yang berpotensi menimbulkan kebocoran pelumas.

Satu kemasan Oil System Cleaner dapat digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas pelumas mesin hingga 1,2 liter. Penggunaan dapat dilakukan sebelum penggantian pelumas mesin dengan menuangkan cairan Oil System Cleaner ke dalam lubang pengisian pelumas mesin. Selanjutnya, konsumen dapat menyalakan mesin dalam kondisi idle (stasioner) selama 10 menit, lalu buang cairan OIL System Cleaner beserta sisa oil lama yang telah digunakan melalui lubang pembuangan pelumas.

Oil System Cleaner saat ini sudah bisa ditemukan di seluruh jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), dealer resmi Honda, dan toko suku cadang Honda di seluruh Indonesia dengan harga Rp. 30.000,-.

New Honda BeAT Makin Trendi untuk Anak Muda Energik

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran tampilan sepeda motor New Honda BeAT melalui pilihan warna baru disertai desain stripe yang menambah kesan sporti dan dinamis. Tampilan terbaru ini menjadikan New Honda BeAT semakin dipercaya menjadi teman berkendara bagi penggunanya yang energik dan aktif dalam beraktivitas sehari-hari.

Sejak diluncurkan pada tahun 2008, Honda BeAT series telah menjadi pilihan para pecinta skutik compact bergaya sporti yang memberikan kebahagiaan bagi para penggunanya. Model ini terus diperbaharui sesuai perkembangan tren terkini. Tahun ini, New Honda BeAT tipe CBS memiliki pilihan warna baru yang lebih sporti bergaya perkotaan yaitu Jazz Silver Black, melengkapi pilihan warna Funk Red Black, Hard Rock Black dan Techno Blue Black. Keempat pilihan warna ini telah disematkan stripe terbaru yang bergaya sporti dengan desain geometris tajam membalut sisi bodi sepeda motor.

Pada type Deluxe, New Honda BeAT hadir dengan dua pilihan warna baru yang dibalut dengan gaya Deluxe Green dan Deluxe Dark Silver, cocok bagi penggunanya yang menyukai kesan mewah dan berkelas. Penambahan warna ini melengkapi pilihan warna Deluxe Black dan Deluxe Blue yang tetap hadir dan menjadi favorit pecinta Honda BeAT series. Beragam pilihan warna tersebut dilengkapi dengan 3D emblem berwarna silver dan penyematan emblem warna merah spesial untuk varian Deluxe Black, sehingga menambah kesan membanggakan pada sepeda motor.

Penyegaran tampilan terkini juga diaplikasikan pada skutik bergaya street style yakni New Honda BeAT Street. Pilihan varian ini hadir dengan penyegaran stripe bergaya artistik sesuai karakter anak muda perkotaan saat ini. Tipe ini memiliki dua pilihan warna yakni Street Black dan Street Silver.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan Honda BeAT series menjadi salah satu sepeda motor skutik yang digunakan oleh berbagai segmen masyarakat untuk menemani mobilitas sehari-hari. Guna mendukung hal tersebut, model ini terus diberikan pembaharuan sesuai dengan kebutuhan dan harapan para penggunanya.

“Tampilan New Honda BeAT series kini semakin dinamis yang mewakili karakter pengendaranya. Kami meyakini penampilan baru Honda BeAT yang semakin atraktif ini dapat terus menjadi salah satu pilihan konsumen untuk menemani mereka mengejar mimpi,” kata Thomas.

New Honda BeAT series menggunakan mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Penyematan teknologi mesin terbaru ini, mampu menghasilkan tenaga 6,6 kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm @ 5.500 rpm namun tetap irit konsumsi bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

New Honda BeAT Deluxe telah dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini membuat motor lebih efisien dan ramah lingkungan. New Honda BeAT series juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.

New Honda BeAT telah dibekali dengan kapasitas pelumas sebesar 0,65L yang mampu menunjang kinerja mesin 110cc dengan menghadirkan kinerja mesin optimal namun tetap irit bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode World-wide Motorcycle Test Cycle (WMTC), didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

AHM juga membekali New Honda BeAT series dengan lampu depan menggunakan teknologi LED menambah kesan advance yang memberikan pencahayaan yang optimal berguna memberikan kenyaman berkendara di malam hari. Panel meter New Honda BeAT menggunakan fitur Combined Digital Panel Meter berkesan modern dengan tampilan layar berwarna biru yang menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar serta fitur indikator ECO sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar. Sementara itu, pada New Honda BeAT Street, panel meter model ini telah menggunakan Full Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporti. Ukuran yang besar memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan.

Pada sisi keamanan, New Honda BeAT series ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor. Keamanan berkendara juga dirasakan pada sistem pengereman yang menggunakan fitur Combi Brake System (CBS). Selain itu, model ini dilengkapi dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.

New Honda BeAT tipe Deluxe juga telah dibekali dengan power charger pada Inner Rack kanan depan untuk mengisi ulang baterai gadget dalam mendukung pengendara dalam berkendara jarak jauh. Untuk kenyaman berkendara, kedua model ini didukung pengaplikasian teknologi frame (rangka) eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) membuat skutik ini lincah dan mudah dikendarai. Memiliki jarak jok dengan tanah 740 mm yang mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak ground clearance sebesar 147 mm.

New Honda BeAT dipasarkan di DKI Jakarta dengan harga on the road (OTR) Rp. 17.820.000 untuk tipe CBS, dan Rp 18.672.000 untuk tipe Deluxe. Sementara itu untuk New Honda BeAT Street dipasarkan di DKI Jakarta dengan harga OTR Rp 18.476.000.

Festival Vokasi Satu Hati Kembali Bergulir

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Festival Vokasi Satu Hati yang diikuti oleh pelajar dan guru dari 711 SMK dari seluruh Indonesia yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Program ini hadir sebagai bentuk komitmen AHM dalam berkontribusi pada dunia pendidikan vokasi untuk menghadirkan sumber daya manusia unggul di industri kendaraan bermotor roda dua.

Festival Vokasi Satu Hati 2023 diselenggarakan pada periode Januari hingga April secara bertahap dari tingkat sekolah hingga tingkat regional bekerja sama dengan main dealer Honda di seluruh Indonesia. Kegiatan ini akan memilih 27 siswa dan 40 guru terbaik untuk menghadapi seleksi tingkat nasional pada bulan Mei 2023. Para siswa dengan minimal kelas XI dan tenaga pengajar yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor dapat mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar di sekolah masing-masing dengan melalui berbagai tahapan seleksi. Para peserta akan unjuk keahliannya dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Continue reading “Festival Vokasi Satu Hati Kembali Bergulir”

Riding Experience Honda Forza 250 untuk Penggunaan Harian.

Beberapa hari ini aktifitas rutin saya pulang pergi ke kantor yang biasanya menggunakan Honda PCX 150 di gantikan oleh Honda Forza 250 yang kebetulan unitnya di pinjamkan oleh Wahana Honda, terima kasih sebelumnya untuk Wahana Honda yang sudah memberikan kesempatan untuk riding experience.

Honda Forza 250 resmi dikenalkan Agustus lalu. Tepatnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, walaupun sama sama skuter matic tetapi dimensinya lumayan besar dan masuk dalam segmen premium, apalagi diimpor langsung dari Thailand.

Soal tampilan tidak perlu di bahas lagi, motor ini memiliki tampilan mewah dan sporty tetapi tetap tetap mengusung konsep disain yang elegan. Memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan Yamaha XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Untuk penggunaan harian sudah pasti perlu penyesuaian sebentar, apalagi kalau untuk rider dengan tubuh kecil yang harus duduk dengan jinjit balet. Untungnya motor ini handlingnya sangat nyaman, power dan brakingnya yang sudah ABS membuat pede rider ketika harus stop and go dengan cepat. Tidak terbayang pagi berangkat dari rumah di Depok menuju kantor di seputaran Kemang padat merayapnya luar biasa. Tetapi jangan heran kalau di jalan banyak yang meilirik ke motor ini karena kemewahan motor ini memang auranya menyebar di sekitar anda berada .. 😉

Posisi berkendara menjadi lebih nyaman karena diperkaya fitur canggih. Forza telah dilengkapi kombinasi digital panelmeter. Memiliki informasi lengkap seperti indikator HSTC, indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM.

Dan yang unik tentu saja Electrical Adjustable Windscreen salah satunya. Berfungsi mengatur ketinggian windshield dan menjadi fitur canggih pertama di kelasnya. Tetapi untuk penggunaan saya lebih menggunaan visor pendek, mungkin karena setelah motor ini berusia 2 tahun kondisi kaca visor sedikit kurang bening.

Untuk aktifitas harian seperti harus membawa laptop, jas hujan dan pernik-pernik kerja lain tidak perlu repot karena ukuran boks penyimpanan di balik joknya cukup besar., sanggup menyimpan dua helm dan barang bawaan lainnya.

Yang mengherankan mesin Honda Forza ini bisa dikatakan sangat halus getarannya, padahal menggunakan mesin dengan kubikasi 250 cc dengan teknologi SOHC pendingin cairan dan PGM FI. Keluaran tenaga maksimumnya 23,5 ps di putaran 7500 rpm.

Penggunaan motor di berbagai jalan mulai jenis aspal, beton, gravel sampai tanah cukup nyaman di libas dengan Honda Forza 250, hal ini karena sudah di support dengan pengontrol traksi agar ban tidak slip yang dikenal dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Apalagi dibekali cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel. Ban tubeless ukuran 120/70-15 M/C untuk depan dan 140/70-14 M/C untuk belakang, pokoknya terasa aman dan pede untuk di ajak jalan-jalan menikmati weekend.

Bagaimana dengan konsumsi BBM ? Ternyata untuk sekelas motor 250cc Honda Forza terbilang irit, konsumsi untuk penggunaan normal bisa tembus 32 KM per-liter, dengan kapasitas tanki BBM 11,5 liter ini sih bisa untuk seminggu penggunaan.

Jujur sebenarnya sejak rilis pertama di tahun 2018 saya berharap Honda Forza di produksi oleh AHM seperti Honda CBR250RR, tetapi mungkin ada pertimbangan lain sehingga di tahun 2023 ini Honda Forza 2023 tetap exclusive karena masih di datangkan dari negeri Gajah putih

Galeri Foto :

Hadirkan Warna Baru, New CB150X Semakin Gagah di Jalanan

PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan pilihan warna terbaru pada motor sport, New CB150X. Penyegaran ini memberikan kebanggaan bagi pengendaranya dalam melakukan eksplorasi menuju berbagai tempat menarik maupun menemani aktivitas berkendara sehari-hari.         

Kehadiran warna baru yaitu Sahara Matte Brown menjadi pilihan yang tepat untuk pengendara New CB150X yang sering melakukan mobilisasi, termasuk saat beraktivitas di area perkotaan. Model ini tetap mempertahankan desain adventure turing dan nuansa tampilan big bike, posisi berkendara yang nyaman, beragam fitur canggih, serta mampu memberikan performa berkendara yang optimal. Dibekali mesin 150cc DOHC berpendingin cairan, sepeda motor petualang ini sanggup menyuguhkan performa responsif dan ketangguhan dalam berkendara sehari-hari.     

Marketing Director AHM, Thomas Wijaya mengatakan New CB150X terus mendapat apresiasi dan penerimaan positif dari para pecinta motor sport selama lebih dari setahun sejak pertama kali dipasarkan di Indonesia. Karakternya yang gagah dan performanya yang tangguh menjadi semakin lengkap dengan kehadiran pilihan warna terbaru untuk menemani kebanggaan pengendaranya.    

Continue reading “Hadirkan Warna Baru, New CB150X Semakin Gagah di Jalanan”

Hadir Dengan Warna Baru, New Honda PCX160 Tampil Makin Mewah

Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan varian warna baru pada skutik premium New Honda PCX160. Pilihan warna terbaru pada model ini semakin sarat dengan kesan mewah masa kini, eksklusif, dan semakin gagah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan terbaik yang mampu memberikan kebanggaan ketika berkendara.

New Honda PCX160 menawarkan varian warna terbaru, yaitu Royal Matte Blue yang hadir dengan kombinasi warna biru di bodi bagian atas dan hitam di bagian bawah, pilihan warna teranyar lainnya Magnificent Red, dan Brilliant Black melengkapi varian Wonderful White yang telah hadir pada tipe CBS dilengkapi dengan penyematan emblem 3D dengan desain teranyar. Sedangkan untuk tipe ABS, warna terbaru yaitu Imperial Matte Blue hadir melengkapi varian warna lainnya yaitu Majestic Matte Red, Wonderful White, dan Glorious Matte Black. Tipe ABS hadir dengan sentuhan velg berwarna burnt titanium dan penyematan emblem 3D berwarna gold yang semakin memperkuat kesan mewah, yang sesuai dengan gaya hidup dan karakter berkendara motor skutik premium masa kini.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan varian warna terbaru pada New Honda PCX160 dihadirkan untuk memenuhi permintaan para pecinta skutik premium di Tanah Air dengan tampilan mewah dan gagah yang sesuai dengan lifestyle para pengendaranya. 

Continue reading “Hadir Dengan Warna Baru, New Honda PCX160 Tampil Makin Mewah”

Perkuat Komitmen di Dunia Vokasi, AHM Resmikan Pos AHASS TEFA di Bali

Perkuat komitmen dalam dunia vokasi, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meresmikan Teaching Factory (TEFA) di SMK binaan bekerjasama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor ini mulai diimplementasikan di SMK PGRI 2 Kabupaten Badung, Bali sebagai SMK yang menjadi Pos AHASS TEFA pertama di pulau Dewata.

Peresmian SMK PGRI 2 Kabupaten Badung sebagai Pos AHASS TEFA pada Sabtu (2/12/2022) ini melengkapi 6 sekolah lainnya yang lebih dulu menjadi Pos AHASS TEFA di wilayah Bekasi – Jawa Barat, Takalar – Sulawesi Selatan, Bandar Lampung – Lampung, Banyuwangi – Jawa Timur, Sintang – Kalimantan Barat, dan Tangerang – Banten. Sebagai Pos AHASS TEFA, SMK PGRI 2 Kabupaten Badung ini bekerjasama dengan AHASS Kembang Dewi Lestari, yang juga berada di wilayah Badung. 

Continue reading “Perkuat Komitmen di Dunia Vokasi, AHM Resmikan Pos AHASS TEFA di Bali”

PT. AHM Gelar Workshop Bedah Tehnologi Honda 160 series bersama Blogger dan Vlogger

Produk terbaru selalu menarik untuk di explore secara detail, apalagi jika hal ini erat kaitannya dengan tehnologi, salah satunya adalah tehnologi terbaru yang di sematkan PT. Astra Honda Motor aplikasikan pada produk ter-anyarnya yaitu Honda 160 series, antara lain pada Honda ADV 160, Honda PCX 160 dan Honda Vario 160.

Dan pagi hari ini (19/11) PT. AHM melalui Divisi HC3 mengundang Blogger dan Vlogger untuk sharing knowledge tentang tehnologi terbaru yang terdapat pada Honda 160 series. Pada pagi mesin yang akan di disassembling atau di bongkar adalah mesin Honda ADV 160. Hal ini juga untuk menjawab rasa penasaran Vlogger dan Blogger seperti apa sih kelebihan mesin 160 series jika di bandingkan dengan produk sebelumnya yaitu Honda 150 series.

Pada setiap peluncuran produk baru, sebenarnya PT Astra Honda Motor juga selalu mengundang Vlogger dan Blogger untuk kegiatan test ride dan riding experience, sehingga pada ulasan yang di publish secara umum sudah menyampaikan informasi secara garis besar dari spesifikasi produk yang di rilis.

Namun untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang komponen mesin tentu saja tidak mudah karena harus mendissassembling unit. Ini-lah yang menjadikan kegiatan workshop Bedah Tehnologi Honda 160 series menjadi sangat menarik, karena kita akan melihat langsung kinerja dari komponen sepeda motor yang di produksi oleh PT. AHM.

Workshop yang di gelar di Hotel Westin ini di pimpin langsung oleh Pak Endro Sutarno dari Technical Service Division, PT Astra Honda Motor (AHM). Beliau adalah salah satu senior technical service yang telah 32 tahun menggeluti bidangnya dan memahami semua jeroan mesin dari produk Honda dari kubikasi mesin kecil hingga mesin dengan kubikasi besar di atas 1.000 cc, beliau juga cukup dekat dengan teman-teman Blogger dan Vlogger, sehingga hal – hal yang terkait dengan tehnis selalu menjadi rujukan naras sumber.

Di kesempatan ini beliau juga menjelaskan dengan detail komparasi antara produk Honda 150 series dengan Honda 160 series, termasuk fitur-fitur terbaru yang di unggulkan pada Honda 160 Series, salah satunya adalah fitur ESP+. Teknolgi eSP+ atau “Enhanced Smart Power Plus”. Teknologi ini adalah rangkaian mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Kelebihan Teknologi eSP+ adalah menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang, sehingga akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Satu unit mein Honda ADV 160 kali ini kita disassembling agar blogger dan vlogger dapat melihat langsung part dan cara kerja dari fitur ESP+ pada Honda 160 series yang menjadi topik workshop pagi, seperti :

  1. Penggunaan Tehnologi 4 klep, perubahan bore dan stroke serta rasio kompresi mesin terbaru yang lebih bertenaga namun tetap efisien.
  2. Hydraulic Cam Chain Tensioner Lifter, tehnologi terbaru ketegangan rantai cam tetap terjaga dengan baik sehingga mengurangi noise, dan meningkatkan efisiensi kerja mesin.
  3. Penggunaan roller bearing pada Crankshaft yang membuat mesin menjadi lebih halus
  4. Piston Oil Jet, yang mampu memberikan pelumasan dan menjaga suhu ruang gerak piston tetap optimal
  5. Optimasi saluran udara yang membuat sirkulasi udara untuk keperluan pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna.

Selain itu juga ada diskusi tentang fitur keselamatan seperti ESS dan HSTC serta fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic. Fitur baru yang disematkan ini selain bikin pengendara lebih nyaman, juga memperhatikan aspek keselamatan.

Di akhir kegiatan workshop di tutup dengan acara santap siang bersama, satu hal yang menarik dari kegiatan ini adalah PT. Astra Honda Motor selalu mengundang blogger dan vlogger untuk mengenal tehnologi pada produk-produk terbarunya. Kegiatan positif ini tentu saja sangat memberikan manfaat dan edukasi kepada konsumen loyal Honda. Edukasi tentang tehnologi dan penggunaannya yang tepat akan memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Perkuat Komitmen, AHM Ikuti Touring dan Pameran Kendaraan Listrik KTT G20

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkuat komitmennya dalam mendukung percepatan kendaraan bermotor listrik yang telah dicanangkan pemerintah melalui partisipasinya menghadirkan sepeda motor listrik Honda pada ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20. Perusahaan mengikuti Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai bagian rangkaian ajang G20 pada Jumat (11/11), dilanjutkan dengan Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Nusa Dua, Bali (11-16/11).   

Sebanyak 3 unit Honda PCX Electric (termasuk 1 unit Emergency Road Assist/ERA) menjadi bagian rangkaian Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai di Bali. AHM berpartisipasi pada saat pelepasan rombongan Touring di Lapangan Monas, Jakarta (7/11) dan di Pelabuhan Benoa, Denpasar (11/11) yang dilanjutkan dengan konvoi kendaraan listrik menyusuri kota Bali hingga berakhir di Bali Collection, Nusa Dua, Bali. Di hari dan tempat yang sama, Nusa Dua Bali, AHM mengikuti Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai dengan menghadirkan Honda PCX Electric sebagai sepeda motor listrik Honda produksi anak bangsa, dilengkapi pengisian daya baterai Honda Mobile Power Pack. Para pengunjung pameran pun dapat mencoba langsung performa motor listrik Honda ini pada area test ride.  

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan keikutsertaan AHM pada gelaran pendukung KTT Presidensi G20 merupakan bagian atas dukungan penuh terhadap percepatan kendaraan bermotor listrik yang diusung oleh pemerintah Indonesia. Komitmen ini pun sejalan dengan langkah perusahaan yang juga telah menyampaikan strategi dan roadmap sepeda motor listrik Honda di Indonesia hingga tahun 2030.  

“Perusahaan ingin selalu mendukung pemerintah dalam mewujudkan program-programnya. Melalui gelaran KTT presidensi G20, kami ingin menunjukan komitmen besar melalui partisipasi aktif dalam percepatan kendaraan bermotor listrik. Setelah dukungan pada G20, kami akan lanjutkan dengan meluncurkan dua motor listrik Honda terbaru pada tahun depan,” ujar Andy.   

Sebelumnya AHM turut mendukung program pemerintah dalam hal percepatan program elektrifikasi kendaraan bermotor melalui partisipasinya dalam rangkaian acara The 3rd Trade, Investment, and Industry Working Group Meeting and Ministerial Meeting (The 3rd TIIWG and TIIMM) G20 Indonesia 2022. Dalam kegiatan tersebut, AHM menghadirkan ekosistem sepeda motor listrik Honda pada area Trade Investment Industry Exposition.    

Trade Investment Industry Exposition berlangsung selama TIIMM pada 22-23 September 2022. Pada gelaran tersebut, AHM hadir dengan memajang Honda PCX Electric dan baterai portable (Honda Mobile Power Pack). AHM juga menghadirkan 5 Honda PCX Electric dan stasiun penukaran baterai yang dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas operasional panitia serta dapat diutilisasi oleh peserta G20 sejak pelaksanaan TIIWG yang dimulai pada 19 September 2022. Acara ini dihadiri oleh delegasi dari berbagai negara dan organisasi Internasional.    

Selain itu, keseriusan AHM dalam mendukung percepatan kendaraan listrik semakin nyata dengan menyerahkan 20 unit Honda PCX Electric kepada Dinas Perhubungan Provinsi Bali sebagai kendaraan operasional petugas selama persiapan hingga penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022. Dukungan kendaraan ramah lingkungan dari AHM ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan era elektrifikasi dan komitmen AHM menuju realisasi netralitas karbon.    

Melengkapi 20 unit Honda PCX Electric, AHM juga menyertakan 5 unit stasiun penukaran baterai untuk mendukung pengisian daya yang memudahkan utilisasi optimal Honda PCX Electric selama digunakan panitia penyelenggara. Serah terima ini telah dilakukan pada 5 Oktober 2022 di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali.   

Luncurkan Motor Listrik Honda hingga 2030  

Setelah meluncurkan PCX Electric pada tahun 2019, AHM akan melanjutkan pengenalan sepeda motor listrik Honda lainnya pada tahun depan sebanyak 2 model. Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 2 model dan terus berlanjut hingga tahun 2030 dengan meluncurkan kembali 3 model sepeda motor listrik lainnya. Produk sepeda motor listrik yang akan dipasarkan AHM memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).              

Kendaraan listrik yang akan dihadirkan AHM di Indonesia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sehingga AHM menargetkan penjualan 1 juta sepeda motor listrik pada tahun 2030 dalam setahun. Target ini akan terus berkembang seiring dengan tren pasar dan penerimaan masyarakat terhadap kehadiran sepeda motor listrik Honda di Indonesia.  

Di IMOS, AHM Umumkan Strategi Roadmap Sepeda Motor Listrik Honda Hingga 2030

PT Astra Honda Motor (AHM) menyampaikan strategi dan roadmap sepeda motor listrik Honda di Indonesia hingga tahun 2030 pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Sebagai bentuk komitmen mendukung realisasi netralitas karbon, AHM akan memasarkan sejumlah kendaraan listrik sebagai bagian dari Honda e:Technology berupa moped listrik dan sepeda motor listrik Honda hingga tahun 2030 untuk pecinta sepeda motor di Indonesia.

Setelah meluncurkan PCX Electric pada tahun 2019, AHM akan melanjutkan pengenalan sepeda motor listrik Honda lainnya pada tahun depan sebanyak 2 model. Upaya ini akan dilanjutkan pada tahun 2024 sebanyak 2 model dan terus berlanjut hingga tahun 2030 dengan meluncurkan kembali 3 model sepeda motor listrik lainnya.

Produk sepeda motor listrik yang akan dipasarkan AHM memiliki pilihan pengisian daya ulang langsung melalui listrik (direct charging) maupun melalui baterai yang dapat ditukar (swapping battery).

Kendaraan listrik yang akan dihadirkan AHM di Indonesia diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, sehingga AHM menargetkan penjualan 1 juta sepeda motor listrik pada tahun 2030 dalam setahun. Target ini akan terus berkembang seiring dengan tren pasar dan penerimaan masyarakat terhadap kehadiran sepeda motor listrik Honda di Indonesia.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan peluncuran 7 kendaraan listrik Honda berupa moped listrik dan sepeda motor listrik dilakukan secara bertahap hingga tahun 2030 dengan target penjualan 1 juta unit dalam setahun. Sepeda motor listrik Honda dikembangkan dengan mengutamakan produk berkualitas dan durabilitas yang tinggi seperti produk sepeda motor Honda yang telah dipercaya masyarakat selama ini.

“Kami ingin tetap memberikan kesenangan berkendara bagi konsumen Honda, melalui motor listrik. Sejalan dengan komitmen ini, kami pun juga akan melengkapinya dengan menanamkan investasi baru untuk menyiapkan line produksi di Indonesia sekaligus secara bertahap meningkatkan kandungan lokal komponen pada sepeda motor listrik kami, termasuk di dalamnya infrastruktur pertukaran baterai,” ujar Yasuda.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik di Indonesia membuat perusahaan semakin memperkuat strategi terbaik untuk konsumen setia di Indonesia.  Oleh karena itu, AHM memperkuat kompetensi putra putri bangsa yang akan memproduksi sepeda motor listrik Honda dengan kompetensi mumpuni, serta berkolaborasi kuat dengan pemasok komponen lokal dan UMKM manufaktur.

“Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun memproduksi sepeda motor berkualitas global, kami akan memastikan sepeda motor listrik Honda yang diproduksi AHM berkualitas, nyaman, dan aman digunakan konsumen. Kami juga akan menyiapkan jaringan penjualan dan purna jual yang terbaik, serta ekosistem kendaraan listrik yang mendukung konsumen beraktivitas dan meraih impiannya,” ujar Loman.

Selama 3,5 tahun terakhir setelah meluncurkan Honda PCX Electric pada 2019, AHM pun mengembangkan studi bersama berbagai pihak dalam ekosistem sepeda motor listrik serta menawarkan skema bisnis penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini. AHM juga turut mendukung program pemerintah dalam hal percepatan program elektrifikasi kendaraan bermotor antara lain melalui partisipasinya dalam rangkaian acara Presidensi G20 melalui bantuan 25 unit Honda PCX Electric sebagai kendaraan operasional selama persiapan dan penyelenggaraan kegiatan The 3rd Trade, Investment, and Industry Working Group Meeting and Ministerial Meeting  hingga puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

Komitmen kuat ini selaras dengan target realisasi netralitas karbon sepeda motor Honda di seluruh dunia pada tahun 2040-an yang diinisiasi Honda Motor. Co., Ltd. Secara global, Honda akan menghadirkan sekitar 10 atau lebih model global sepeda motor listrik pada tahun 2025 dan dalam lima tahun ke depan menargetkan penjualan 1 juta unit sepeda motor listrik dan mencapai 3,5 juta pada tahun 2030.

AHM Usung Tema Honda Kebanggaan Indonesia di IMOS

Dengan mengusung tema “Honda Kebanggaan Indonesia”, pengunjung IMOS ditemani lebih dari 27 unit sepeda motor Honda dengan berbagai karakter berkendara. Spesial untuk pengunjung IMOS 2022, AHM turut memboyong CRF250R yang merupakan tunggangan pebalap crosser kebanggaan Indonesia Delvintor Alfarizi di ajang MXGP hingga replica motor balap tunggangan pebalap dunia Marc Marquez, Honda RC213V-S.

Jajaran sepeda motor Honda ini dihadirkan pada empat zona, yaitu zona Racing, Explorer, Urban, dan Lifestyle. Selain itu, dihadirkan juga zona special yaitu Electric dan Cari Aman. Beragam zona ini dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi konsumen sesuai dengan kebutuhan gaya berkendara. Pada area Racing, deretan kuda besi para pebalap muda Indonesia yang membanggakan yaitu CBR150R, CBR250RR, NSF100, NSF250R, dan CBR600RR hadir menyapa konsumen.

Pada area Explorer, pengunjung dapat melihat lebih dekat motor petualang CB150X, CRF150, CRF250RALLY, dan big bike CB500X. Pada area Urban, hadir menyapa konsumen motor favorit masyarakat yaitu Honda BeAT, Honda Vario 125, Honda Vario 160, Honda ADV160, dan Honda PCX160. Sedangkan pada area Lifestyle, Honda Genio, Honda Scoopy, Honda CT125 hingga Honda Dax ST125 hadir melengkapi jajaran produk motor Honda.

Selain memamerkan produk-produk terbaik Honda, AHM juga menghadirkan area #Cari_Aman dengan memboyong Honda Riding Trainer (HRT) pada booth Honda sebagai sarana edukasi keselamatan berkendara. Beragam aksesoris dan apparel Honda juga dihadirkan untuk menunjang gaya hidup para pecinta motor Honda yang hadir di IMOS 2022.

Melengkapi upaya AHM mendukung realisasi netralitas karbon, AHM menghadirkan bagian dari Honda e:Technology yang akan menemani pengunjung Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di booth Honda pada 2-6 November 2022. Pengunjung dapat melihat lebih dekat motor listrik Honda PCX Electric, Honda Benly e:, dan Honda Gyro e:, termasuk juga stasiun pertukaran baterai Honda Mobile Power Pack.

Para pengunjung IMOS 2022 juga dapat menikmati berbagai gelaran aktivitas menarik yang disuguhkan oleh AHM seperti beragam talkshow terkait edukasi keselamatan berkendara #Cari_Aman, Modifikasi, hingga talkshow bersama para pebalap muda yang berjuang mengharumkan Indonesia pada beragam ajang balap motor di kancah international di bawah naungan Astra Honda Racing Team (AHRT). Beragam acara bersama komunitas hingga berbagai penawaran menarik juga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

AHM juga menyediakan area test ride sepeda motor Honda bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan Honda Vario125, ADV 160, hingga motorsport CBR250RR.