Masih Terisolasi, Wahana Bergerak Bantu Warga Lebak

Masih banyaknya lokasi yang terisolasi akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor di beberapa desa wilayah Lebak Banten, gerakkan hati Yayasan Wahana Artha (YWA) untuk berikan bantuan sosial langsung dilokasi bencana pada, Kamis (16/1) kemarin.

Rombongan yang bergerak langsung dari Rumah Sehat Wahana di Jatake Tangerang, sebanyak 15 orang dengan tiga mobil bergerak langsung sejak pagi menuju Lebak Banten. Aksi kali ini dilakukan karena masih banyaknya desa terisoliasi karena akses desa yang hancur akibat terjangan banjir bandang dan tanah longsor pada awal tahun ini. Tidak hanya bantuan, tim medis Yayasan Wahana Artha terlibat untuk menggelar pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat korban banjir.

“ Dari beberapa informasi tentang masih banyak desa terisolasi di Lebak, kami tergerak untuk berikan pertolongan diposko pengungsian wilayah lebak Banten, “ jelas Ketua Umum YWA, Ronnal Prawira. Ia menambahkan pada kesempatan ini, beberapa bantuan diberikan  untuk dua lokasi pengungsian yaitu di posko pusat latihan TNI, Rindam dan posko pengungsian desa Balong, Cipanas Lebak Banten.

Continue reading “Masih Terisolasi, Wahana Bergerak Bantu Warga Lebak”

AHM Luncurkan All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan 2 pilihan terbaru All New Honda BeAT series, yaitu All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street dengan balutan desain bodi baru yang compact, serta penyematan beragam teknologi dengan inovasi terbaru pada sisi rangka dan mesin, dan beragam fitur canggih lain. Perubahan pada model terbaru ini menambah kenyamanan masyarakat Indonesia dalam menemani beragam aktivitas sehari-hari.

All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street dibekali generasi terbaru mesin eSP 110cc yang lebih hemat bahan bakar dan menyuguhkan performa yang lebih optimal. Skutik yang dicintai masyarakat sejak tahun 2008 ini menggunakan rangka baru berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Rangka yang diusung kini lebih lincah dan dapat meningkatkan stabilitas handling sehingga sepeda motor mudah dikendalikan dan nyaman saat dipakai bermanuver. Penggunaan rangka eSAF pada kedua model ini juga mampu memberikan pemanfaatan ruang yang lebih besar. Bagasi penyimpanan barang kini lebih luas dengan kapasitas 12 liter dan kapasitas tangki bahan bakar lebih banyak menjadi 4,2 liter.

All New Honda BeAT dan All New Honda BeAT Street tetap mempertahankan identitas desain bergaya ramping dan dinamis pada setiap sisi bodi guna mendukung kelincahan dan kenyamanan saat berkendara. Kedua model ini pun memiliki konsep desain bodi yang sporti pada setiap sisinya sehingga terlihat compact. All New Honda BeAT tampil semakin terlihat sporti dan tetap menyenangkan saat dikendarai. Sementara itu All New Honda BeAT Street memiliki desain baru yang mempertegas karakter Street Style dengan gaya khas anak muda perkotaan. Penguatan karakter urban pada All New Honda BeAT Street juga terlihat dari pijakan kaki belakang yang menggunakan bahan dasar alumunium.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan sejak produk ini diluncurkan di 2008 hingga saat ini, lebih dari 17 juta unit Honda BeAT digunakan oleh masyarakat berbagai usia dari seluruh pelosok Indonesia untuk berbagai aktivitas. Populasi pengguna Honda BeAT yang sangat besar menginspirasi beragam inovasi dalam mengembangkan produk ini sesuai dengan selera, minat, kebutuhan dan harapan terkini.

“Sebagai motor skutik Honda terlaris di dunia, All New Honda BeAT series memiliki perubahan platform secara keseluruhan dengan mesin dan rangka baru, serta desain, performa dan fitur terbaru. Generasi terbarunya kini hadir dengan desain yang semakin compact dan stylish, didukung rangka baru eSAF yang lincah dan mudah dikendalikan, mesin berperforma tinggi, irit, serta dapat mengekspresikan keceriaan penggunanya,” ujar Inuma.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan penerimaan tinggi terhadap Honda BeAT di tengah masyarakat memberi dampak signifikan terhadap upaya AHM untuk menggandeng sebanyak mungkin anak bangsa dalam berkarya di industri sepeda motor, baik melalui puluhan perusahaan pemasok di sisi hulu hingga ribuan jaringan dealer Honda dan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di sisi hilir rantai bisnis sepeda motor Honda BeAT.

“Peluncuran All New Honda BeAT series menjadi bagian dari komitmen kami untuk selalu menemani masyarakat Indonesia mewujudkan impian mereka dengan produk dan layanan terbaik, sekaligus upaya kami dalam memberi kontribusi yang semakin signifikan bagi bangsa Indonesia. Kami berharap model terbaru ini dapat terus semakin dicintai dan menemani aktivitas yang dinamis, energik, aktif dan menyenangkan dari seluruh konsumen Honda,” ujar Loman.

All New Honda BeAT series menggunakan generasi terbaru mesin 110cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Penyematan teknologi mesin terbaru ini, mampu menghasilkan tenaga 6.6 kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9.3 Nm @ 5.500 rpm. Mesin terbaru ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3. Teknologi baru ini juga membuat mesin eSP lebih irit dalam penggunaan bahan bakar. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, didapatkan hasil konsumsi bahan bakar mampu hingga 60,6 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

All New Honda BeAT dengan varian CBS-ISS telah dilengkapi dengan fitur ISS (Idling Stop System) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti dan menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini membuat motor lebih efisien dan ramah lingkungan. Melengkapi fitur ISS, pada varian ini juga dibekali dengan teknologi terdepan yakni sensasi menghidupkan mesin motor dengan suara halus melalui teknologi ACG Starter.

AHM juga membekali All New Honda BeAT series dengan lampu depan menggunakan teknologi LED menambah kesan mewah yang memberikan pencahayaan yang optimal berguna memberikan kenyaman berkendara di malam hari. Selain itu, perubahan juga terasa pada desain panelmeter pada kedua model ini. Panel meter All New Honda BeAT menggunakan fitur Combined Digital Panel Meter berkesan modern dengan tampilan layar berwarna biru yang menyajikan berbagai informasi termasuk penunjuk kecepatan, odometer, bahan bakar serta fitur indikator ECO sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar. Sedangkan pada All New Honda BeAT Street, panel meter model ini telah menggunakan Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporti dan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan.

Pada sisi keamanan, All New Honda BeAT series ditunjang dengan fitur Secure Key Shutter yang didampingi dengan tombol pembuka jok untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor. Keamanan berkendara juga dirasakan pada sistem pengereman yang menggunakan fitur Combi Brake System (CBS). Selain itu, AHM juga membekali dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.

All New Honda BeAT varian CBS-ISS juga telah dibekali dengan power charger pada Inner Rack kanan depan untuk mengisi ulang baterai gadget dalam mendukung mobilitas tinggi pengendaranya. Untuk kenyaman berkendara, kedua model ini memiliki jarak jok dengan tanah 740 mm yang mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak ground clearance sebesar 147 mm.

All New Honda BeAT hadir dalam dua tipe yakni CBS dan CBS-ISS dengan total 9 varian warna sesuai dengan tren anak muda saat ini. Untuk tipe CBS terdapat 4 pilihan warna yakni Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black yang dipasarkan dengan harga Rp. 16.450.000,-(On The Road Jakarta). Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black yang dipasarkan dengan harga Rp. 17.150.000,- (On The Road Jakarta). Selain itu, model ini juga menawarkan tipe Deluxe series (CBS-ISS) dengan 2 pilihan warna lainnya yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver yang dipadukan dengan 3D Emblem untuk memberikan kesan mewah dan dipasarkan dengan harga Rp. 17.250.000,- (On The Road Jakarta).

Sementara itu, All New Honda BeAT Street hadir dengan tipe CBS dalam 3 pilihan warna yakni Street Black, Street Silver dan Street Black Silver. Model ini dipasarkan dengan harga Rp. 17.150.000,- (On The Road Jakarta).

Yayasan Wahana Artha Ulurkan Tangan Bantu Korban Banjir dan Kebakaran

Sudah jatuh tertimpa tangga’ peribahasa yang menggambarkan beratnya cobaan yang dialami 20 kepala keluarga di wilayah Gunung Sahari. Belum selesai lelah bersihkan banjir dalam rumah, 20 kepala keluarga tersebut kembali mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan rumah dan harta benda yang ada.

Kejadian yang terjadi pada minggu lalu ini langsung direspon oleh Yayasan Wahana Artha dengan memberikan beragam kebutuhan dasar yang diperlukan meliputi pangan, minuman dan pakaian. Diberikan langsung oleh Head of CSR Wahana, Ronnal Prawira, bantuan tersebut jadi satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar kantor pusat Wahana Artha Group. Tidak hanya kali ini, Yayawan Wahana Artha yang fokus pada lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat kerap lakukan kegiatan serupa diberbagai tempat.

“ Kejadian yang berdekatan dengan kantor Wahana, kami langsung bergerak untuk sekedar meringankan musibah yang mereka alami.” Jelas head of CSR Wahana, Ronnal Prawira. Dijelaskannya lebih lanjut tidak hanya korban kebakaran saja, pada kesempatan yang sama Yayasan Wahana Artha juga melaksanakan pengobatan gratis untuk warga kelurahan Gunung Sahari jakarta Pusat.

Pengobatan gratis tersebut meliputi pemeriksaan dan pemberian obat secara gratis untuk warga korban banjir. Dari 200 warga yang ikut pengobatan ini, kebanyakan mengidap penyakit musim hujan dan banjir seperti demam, batuk hingga gangguan kulit yang terpapar air banjir. “ Yayasan Wahana Artha mungkin tidak bisa membantu seluruh korban banjir di Jakarta, namun kami bertekad untuk ikut ulurkan tangan dengan kemampuan yang kami miliki,” tutup Ronnal.

Hal Penting Yang Harus Di perhatikan Ketika Harus Mengendarai Motor Di Musim Hujan

Saat ini, telah masuk di musim hujan, dan pasti teman-teman bikers atau siapapun yang beraktivitas dengan sepeda motornya, sudah tiba saatnya merubah kebiasaan dari yang tiap hari ketemu suasana panas dan cerah, tiba-tiba kini harus selalu berhadapan dengan hujan deras dan tiupan angin yang lebih kencang.

Kondisi hujan sudah pasti akan menjadi kendala secara langsung ataupun tidak langsung. Kondisi tubuh pasti akan lebih cepat lemah, pandangan kedepan akan terganggu, kondisi jalan menjadi lebih berbahaya karena licin, kadang bertemu ranting pohon yang berjatuhan, daun yang bertebaran dan yang paling berbahaya adalah genangan air di tambah jalan yang mulai berlubang.

Lalu apakah anda siap menghadapi kondisi jalan dengan berbagai kendala dan resiko yang akan anda temui ?

Bagi teman-teman bikers “militan” dengan jam riding yang sudah mencapai ratusan ribu kilo menyusuri jalan raya, mungkin hujan akan di anggap kecil, bahkan hujan menjadi pemanis cerita. Tetapi lain lagi bagi bikers yang belum pernah menempuh perjalanan jauh, hujan bisa menjadi ancaman yang berbahaya.

Ada beberapa strategi yang dapat kita lakukan ketika sedang riding di musim hujan.

1.Pilih safety gear yang tahan cuaca.

Tanpa Safety Gear yang tahan cuaca, hujan akan membuat anda basah, kedinginan bahkan hipotermia. Apalagi di tambah berkendara di daerah pegunungan maka tubuh akan mengalami pendinginan yang sangat cepat. Efeknya kendali berpikir serta otot Anda akan lebih lambat. Ini akan menyebabkan konsentrasi dan refleks menjadi turun drastis, sehingga dalam mengendalikan kendaraan menjadi tidak optimal dan berbahaya.

Oleh karena itu persiapkan dengan baik Safety Gear yang tepat di musim hujan, Jaket waterproof, rain coat, sepatu boot, sarung tangan karet tambahan dan pastikan helm anda memiliki visibilitas yang terang. Pilihlah gadget yang waterproof, sehingga kemungkinan rusak karena basah menjadi kecil

Pastikan anda mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi sehingga panas tubuh tetap terjaga dengan baik.

2.Pahami rute dan kondisi jalan.

Jika anda mengendarai sepeda motor di area yang belum anda kenal, waspadai area permukaan jalannya pada waktu musim hujan, jaga kecepatan kendaraan di kecepatan normal. Perhatikan pandangan untuk jauh ke depan agar anda dapat membaca situasi jalan dengan baik. Jika malam hari, pastikan lampu penerangan anda cukup terang. Biasanya untuk riding adventure kita masih memerlukan lampu tambahan, apalagi jika harus melintas daerah yang di penuhi kabut.

Jangan mencoba untuk menembus genangan air atau banjir, bersabarlah dan segera cari rute lain untuk menghindar.

3.Kontrol Pengereman secara halus

Defensive yang paling tepat berkendara di musim hujan salah satunya adalah melakukan pengereman dengan cara yang halus. Aturlah sedemikian rupa agar throtle, pengereman dan jaga jarak sudah sesuai dengan kondisi jalan dan situasi lalulintas. Jangan coba-coba menggunakan late braking jika anda tidak memiliki keahlian lebih dalam mengendarai sepeda motor. Karena biasanya di jalan sepi dan berkelok anda akan tergoda untuk memacu kendaraan lebih cepat dari biasanya.

4.Lebih baik Beristirahatlah saat hujan mulai turun

Jika anda melihat kondisi jalan, cuaca dan lalu lintas memang beresiko tinggi untuk di terobos pada saat hujan lebat, lebih baik segeralah menepi dan beristirahat hingga hujan reda dan kondisi jalan menjadi lebih aman. Oleh karena itu untuk perjalanan jauh jangan lupa siapkan matras, sleeping bag dan perlengkapan survival lain jika terpaksa anda harus beristirahat di tempat yang jauh dari pemukiman penduduk.

5.Perhatikan Bahaya Petir

Pengendara sepeda motor adalah sasaran yang sangat mudah terpapar oleh petir. Petir adalah tegangan listrik yang sangat tinggi sehingga dapat berjalan di permukaan benda, termasuk karet. Kendaraan tertutup seperti mobil dan pesawat terbang jarang ditembus oleh sambaran petir, tetapi bagi pengendara sepeda motor sambaran petir dapat merembet melalui aspal basah dan bisa mengakibatkan hal yang sangat serius.

Referensi :

David L. Hough (“huff”), Proficient Motorcycling and The Good Rider, Store.soundrider.com

Awali 2020, AHM Segarkan Tampilan Honda CBR150R

Mengawali tahun 2020, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Honda CBR150R dengan warna dan tampilan desain stripe terbaru untuk menjawab keinginan pecinta motor sport di Tanah Air. Motor sport full fairing Honda yang kini terlihat semakin speedy dan agresif ini siap menemani gaya hidup para pecinta kecepatan dalam beragam akvitas.

New Honda CBR150R yang memiliki DNA “Total Control” hadir dengan warna baru yakni Dominator Matte Black. Pada pilihan warna terbaru ini, disematkan perpaduan warna hitam doff pada setiap sisi bodi dengan konsep grafis tipografi, sehingga menghasilkan tampilan sesuai gaya hidup masa kini. Selain itu, New Honda CBR150R menghadirkan varian Matte Black dengan konsep Street Sport dan varian Victory Black Red yang diusung dengan konsep Racing Look. Kedua varian ini mengedepankan aksen warna yang kontras disertai dengan garis tajam yang menyuguhkan kesan speedy dan agresif.

Continue reading “Awali 2020, AHM Segarkan Tampilan Honda CBR150R”

Layanan Siaga Korban Banjir Wahana Honda

Tidak hanya, kegembiraan awal tahun baru 2020, masyarakat Jakarta dan Tangerang juga terpaksa harus menerima kesedihan terjangan bencana Banjir. Tidak hanya benda dan harta benda lainnya, sepeda motor juga jadi korban besarnya banjir tersebut.

Mengurangi beban tersebut, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) langsung bergerak melakukan bantuan untuk sepeda motor korban banjir. Sebanyak 10 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di seluruh wilayah Jakarta dan Tangerang siap berikan layanan perbaikan akibat terkena banjir.

Layanan khusus dengan nama program Honda Peduli Banjir ini mengupayakan yang terbaik untuk konsumen korban banjir dengan harga yang terjangkau. Hanya dengan Rp. 100.000, korban banjir akan dapatkan 2 botol oli serta penanganan service banjir seperti pembersihan busi dan filter udara yang sudah terkontaminasi air bajir.

“ Musibah awal tahun yang sangat tidak terduga ini, Wahana siagakan 10 AHASS untuk berikan bantuan perbaikan sepeda motor dengan harga yang terjangkau,” jelas Head of Technical Service Function Wahana, Taufiqurrohman. Ditambahkannya, selain 10 AHASS tersebut, seluruh AHASS di Jakarta dan Tangerang juga siap lakukan perbaikan paska banjir dan dipastikan AHASS tetap beroperasi seperti biasa.

Continue reading “Layanan Siaga Korban Banjir Wahana Honda”