Test Ride New Honda CB150X

Setelah berita peluncuran New Honda CB150X beberapa waktu yang lalu meramaikan jagad media sosial karena motor bergenre adventure ini muncul tanpa di duga-duga, kemarin PT. AHM mengundang blogger dan Vlogger untuk test ride New Honda CB150X di Astra Honda Honda Safety Riding Park Cikarang.

Kalau di review dari sisi tampilan, CB150X wis pokoknya ganteng komplit, apalagi accesories adventure turingnya juga tersedia seperti braket box, touring gear dan pernik-pernik lain yang pasti bakal bermunculan untuk melengkapi dandanan motor ini makin cakep pasti akan bermunculan di off/on line shop. Dari 2 unit sampel modifikasi yang di pajang saja sudah kebayang, motor ini di kalangan para pecinta turing akan menjadi rujukan utama.

Bagaimana dengan handling, performa dan kenyamanannya ? ini yang penting. Dari Test Ride kemarin motor ini ternyata sesuai dengan ekspektasi. Handlingnya terbilang sangat ringan, gampang di ajak manuver apalagi di dukung dengan tenaganya yang responsif, di putaran bawah dan atasnya sangat pas dengan genre adventure yang secara umum sering di ajak berhadapan dengan berbagai medan jalan.

Performa dengan mesin 150cc dengan terhnologi terkini dan ECU yang telah di setting untuk putaran bawah yang lebih besar membuat motor ini gampang stop and go, vibrasi engine nya sangat halus dengan penyempurnaan damper di titik-titik utama yang menjadi sumber getaran membuat motor ini bakal memberikan kenyamanan untuk di kendarai dalam turing jarak jauh. Apalagi soal efisiensi BBM yang pasti irit tanpa mengorbankan performa, membuat pada adventurer bisa merasa lega ketika harus bertemu dengan long journey di titik titik yang sedikit sekali bertemu dengan SPBU.

Dan yang paling saya acungi jempol dari motor ini tentu saja kenyamanannya, dengan dukungan travelshock depan yang cukup panjang dan multi linkage suspension di bagian belakang, kenyamanan ketika duduk di atasnya jadi terasa nyaman ketika di tes melewati speed bump. Ini penting ketika harus melewati jalan dengan kondisi gravel atau jalan berbatuan.

Mungkin nanti akan ada review yang lebih lengkap, bagaimana kalau semua accesories seperti side dan rear boxnya terpasang dari para adventurer, namun secara umum kondisi standar motor ini sudah cukup perfect untuk masuk ke segmen adventure.

Saran saya jangan melakukan modifikasi yang cukup ekstrim tanpa perhitungan yang tepat karena akan berdampak pada handling, performa dan kenyamanannya. Menambahkan rearbox di bawah volume 50 liter saja dengan crashbar dan foglamp sudah cukup bagus dan cakep untuk membuat motor ini di ajak turing bersama teman adventurer, tetapi ketika mulai butuh sidebox dan modifikasi lain sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *