Motivasi Tinggi 2 Crosser Astra Honda Jelang MXGP di Negara Sendiri.

Ajang balap motocross tingkat dunia, FIM Motocross World Championship (MXGP) 2024 berlabuh ke Lombok, Indonesia dengan menggelar dua seri lanjutan pada 30 Juni 2024 dan 7 Juli 2024. Bertempat di sirkuit Selaparang, Mataram, crosser binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Delvintor Alfarizi dan adiknya, Arsenio Algifari siap memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Motivasi Delvintor berlipat, selain karena balapan kelas dunia di hadapan para pendukung di Tanah Air, cedera yang dialaminya dinyatakan hampir pulih total untuk berburu poin perdana. Sedangkan sang adik, Arsenio, turun sebagai pebalap wildcard dan menyimpan semangat tersendiri atas debutnya di MXGP. Keduanya akan berlaga di kelas MX2 bersama para crosser hebat kelas dunia lainnya.

Adel, sapaan akrab Delvintor, bersama tim JM Racing Astra Honda, punya catatan bagus tahun lalu di Lombok. Saat itu, dirinya mencatatkan poin pada kedua balapan, dengan finish masing-masing di posisi ke-17 dan 16.

Setelah tujuh putaran di Eropa, Adel akan beraksi untuk kali pertama di lintasan yang berada di Asia musim ini. Dia sedang berada dalam momen terbaik, meskipun dirundung cedera jari manis tangan kirinya. Tak lama sebelum terbang ke Tanah Air, Adel mencatatkan penampilan bagus di Italia, sebelum akhirnya merasakan ketidaknyamanan pada jari sebagai dampak cedera.

”Rasanya luar biasa dapat kembali tampil pada Grand Prix di negeri, sendiri setelah balapan di Eropa selama dua setengah bulan. Jari tangan saya semakin membaik, meskipun belum pulih 100%. Namun, kami akan berjuang sepanjang akhir pekan ini di hadapan para pendukung,” ujar Adel.

Debut Sebagai Wildcard

Sementara itu, Arsenio akan turut ambil bagian sebagai pebalap wildcard, dan siap debut bersama Astra Honda Racing Team. Ini akan menjadi akhir pekan perdananya berkompetisi kelas dunia dengan mengendarai Honda CRF250R.

Arsenio yang baru berusia 17 tahun, bukan nama baru di ajang motocross nasional. Di usia mudanya, dia sudah menggenggam titel Juara Nasional motocross SE125 pada 2022. Beberapa pencapaiannya di luar negeri termasuk juara kedua Spanish Motocross Championship 2018, podium kedua Motocross Chiclana de La Frontera kelas 85cc pada 2019, dan podium ketiga Motocross de Almonte Andalucia Huelva pada 2020.

”Saya sangat bersemangat. Bertarung dengan para pebalap motorcross terbaik dunia adalah impian saya sejak kecil. Kami telah melakukan beberapa tes dan latihan intensif. Dukungan penuh dari Astra Honda dan para penggemar motorcross Indonesia membuat saya semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik,” ucap Arsenio.

General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor Andy Wijaya mengatakan dukungan tanpa henti terus diberikan perusahaan demi membangun talenta crosser berbakat di Tanah Air, salah satunya melalui keikutsertaan Delvintor di MXGP musim 2024, ditambah Arsenio yang maju sebagai wildcard di seri Indonesia.

”Kami tak hanya serius pada balap on road. Adu ketangkasan di lintasan off road juga menjadi bagian dari roadmap pembinaan balap berjenjang yang dilakukan AHM. Kami temani selalu semangat crosser muda Indonesia untuk tampil membanggakan dan membawa harum nama Bangsa Indonesia di kancah dunia,” kata Andy.

Sesi latihan MXGP Lombok akan dimulai lima jam lebih awal dari biasanya. Qualifying Race berlangsung pada Sabtu (29/6) pukul 15:25 WIB. Dua balapan Delvintor dan Arsenio pada kelas MX2 akan digelar Minggu (30/6) dimulai pukul 12:15 WIB dan 15:10 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *