Yamaha Rilis Nmax Series MY2020

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merilis Yamaha Nmax terbaru MY2020, motor dengan beragam fitur ini akan semakin meramaikan segmen skutik besar dengan kubikasi mesin di sekitar 150cc.

Seperti kita ketahui saat ini ada dua pabrikan besar di Indonesia yang konsen dengan produk skutik besar menggunakan kubikasi mesin 150cc, yaitu PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan Produknya Honda PCX, Honda ADV150 dan Vario 150, kemudian PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dengan produknya Nmax 155, dan Aerox 155. Sebenarnya masih ada pabrikan lain seperti Sym dan Benelli yang memiliki produk dengan kubikasi 150 hingga 250 namun pangsa pasarnya masih terlalu kecil.

Kenapa sepeda motor jenis skuter besar ini semakin di minati masyarakat luas ? Hal ini karena mampu memberikan jawaban akan kebutuhan alat transportasi keluarga yang cukup nyaman, irit dan memiliki ketahanan yang lebih tinggi jika terpaksa harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Alasan ini juga menjadi latar belakang saya ketika meminang Yamaha Nmax generasi pertama di tahun 2015. PT.YIMM berhasil mendapatkan momen yang tepat untuk meluncurkan Yamaha Nmax dengan segala fiturnya yang saat itu sangat di tunggu-tunggu oleh masyarakat luas. Misalnya kelengkapan pengereman dengan disk break depan belakang, mesin injeksi, ban dengan tapak lebar, Headlamp LED, Tanki BBM yang besar dan tentu saja bagasi yang lega. Itu menjadi kunci utama yang akhirnya membawa kesuksesan Yamaha Nmax sebagai sepeda motor skutik besar dengan harga yang terjangkau.

5 Tahun sejak Yamaha Nmax di luncurkan, pola kebiasaan masyarakatpun nampak mulai berubah, awalnya masyarakat banyak memilih skutik dengan kubikasi dan body kecil, kini menjadi pemandangan yang biasa di jalan raya wanita belia hingga ibu rumah tangga mengendarai Yamaha Nmax sebagai alat tranportasi.

Yamaha Nmax yang telah mengalami penyegaran hingga generasi ke 3 ini menjadi all out karena keadaan pasar memang terus dan harus berkompetisi dengan produk-produk terbaru. Saya melihat tehnologi dari Xmax 250 beberpa di turunkan ke Nmax MY2020 ini seperti penggunaan tehnologi traction control untuk meminimalkan sliding jika terjadi perbedaan putaran roda depan dan belakang, plus dengan tehnologi CCU (Communication Control Unit) wireless yang mampu terkoneksi dengan smartphone yang dapat di optimalkan untuk memantau kondisi engine dan lokasi motor.

Saya pribadi lebih memberikan apresiasi pada sektor kenyamanan, misalnya untuk penggunaan Keyless ini tentu besar manfaatnya bagi pemilik Nmax, karena beberapa kejadian pencurian kendaraan sering menyasar pemilik sepeda motor dengan kunci konvesional. Kemudian upgrade tehnologi dengan Smart Motor Generator ini juga akan menambah halus mesin motor, walaupun menurut pendapat saya penggunaan tehnologi mesin dengan VVA masih berdampak pada suara mesin yang lebih kasar dan vibrasi mesin yang lebih terasa. Tetapi YIMM nampaknya juga telah mengantisipasi dengan membuat frame baru untuk Yamaha Nmax MY2020 ini.

Yamaha Nmax secara engine cukup powerful, bahkan tenaganya untuk jenis motor matik cukup besar, tidak heran teman-teman yang tergabung dalam club/komunitas Nmax merasa nyaman melakukan touring jauh karena memang mesin 155cc nya sangat mendukung. Peningkatan kompresi mesin pada type MY2020 tentu di harapkan juga akan memberikan durability yang baik dari type MY2015.

Dengan kehadiran Yamaha Nmax MY2020, masyarakat kini di berikan pilihan baru pada tehnologi yang lebih baru, sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi bagian sesuai dengan harapan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *