Mampukah Kawasaki ZX250R 4 Cylinder Menggeser Dominasi Moge di atas 400cc ?

Bicara sepeda motor dengan basis mesin 4 Silinder, rasanya bukan hal yang baru lagi karena di tahun 80-90 an hampir semua pabrikan seperti Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki menjual produk entri levelnya di kubikasi 250cc.

Ini menjadi hal yang menarik perhatian, ketika di tahun 2020 setelah beberapa tahun kebelakang dengan alasan efisiensi material dan cost produksi mesin 250cc rata rata hanya di jejali dengan pembakaran 2 silinder justru Kawasaki melakukan gebrakan baru dengan merilis Kawasaki ZX25R yang kembali menggunakan mesin 4 silinder.

Perkembangan otomotif di Indonesia sendiri memang banyak mengalami kemajuan, beberapa ATM telah membuka keran impor motor besar, sehingga saat ini di setiap event pameran otomotif maupun di jalan raya sering kita saksikan banyak berseliweran moge dengan berbagai merk, dan tentunya dari sisi perijinan legalitasnya menjadi lebih tertib.

PT. Kawasaki Motor Indonesia, selama ini selalu konsisten dengan segmen motor sportnya. Varian produknya juga cukup dikenal masyarakat luas khususnya pecinta motorsport, sebut saja ninja/ZX series 250 s/d 1.400cc atau streetfighter dari Z250 s/d Z1.000 dan Versys250 s/d Versys 1.000. Eksistensinya sudah tidak diragukan lagi.

Namun bagi konsumen yang ingin merasakan sensasi mesin 4 silindernya, Kawasaki hanya menyediakan di type kubikasi 800cc ke atas. Tentu ini akan berdampak pada harga dan pajak yang semakin mahal di Indonesia, karena keinginan memiliki moge di indonesia ini banyak yang harus kandas karena pajak yang berlapis.

Terobosan Kawasaki dengan model ZX25R MY2020 setidaknya dapat menjadi pelepas dahaga bagi pencinta sepeda motor di Indonesia. Pertama dari kubikasi motor yang 250cc setidaknya masih masuk di range motor masal untuk harian, sehingga di harapkan dari sisi pajaknya dapat lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Kedua dari sisi produk dan fitur, kehadiran ZX25R 4 Silinder tentu memiliki aura seperti moge-moge di atas 400cc dengan mesin 4 silinder. Baik cita rasa premiumnya maupun dari performance dan handlingnya.

Sebagian masyarakat pecinta motorsport di Indonesia tentu sudah tak sabar menantikan kehadiran motor ini. Bahkan saya memprediksi jika PT.KMI dapat memberikan harga yang lebih terjangkau, ZX25R pasti akan di respon oleh masyarakat seperti pada waktu PT. KMI merilis Ninja 250. Lalu bagaimana dengan nasib moge di atas 400cc ? bisa jadi konsumen motor besar di atas 400cc akan beralih memilih tipe ini atau justru membeli motor ini untuk daily use.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *